bisnis jasa rental motor

Bisnis jasa rental motor belakangan ini sangat dibutuhkan terlebih di kota-kota besar. Motor menjadi salah satu jenis kendaraan yang banyak dipilih oleh para pelancong ketika berwisata di beberapa kota, selain memang motor menjadi pilihan yang sangat efektif dan efisien untuk mondar-mandir pastinya motor juga lebih irit bahan bakar penggunaan.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

bisnis jasa rental motor

Namun bagi pelancong, pertimbangan utama dengan memilih jasa rental motor yaitu biaya sewanya terbilang sangat murah jika dibandingkan dengan sewa mobil yang bahkan bisa 4 kali lipat di bawahnya. Keuntungan seperti ini bisa dinikmati oleh para pelancong yang ingin liburan namun dengan minim budget, mengingat peluang usahanya sangat besar sehingga bisa menjadi pilihan usaha yang menjanjikan.

Kelebihan Bisnis Jasa Rental Motor

Membuka jasa rental motor tentunya menawarkan banyak kelebihan dan peluang yang sangat menguntungkan bagi para pebisnis. Jika dengan membuka jasa rental motor tidak mendapatkan keuntungan rasanya sangat percuma saja.

Berikut ini beberapa keuntungan yang dapat diperoleh para pebisnis untuk jasa rental motor khususnya di perkotaan:

1. Tidak Mempunyai Biaya Produksi

Menjalankan bisnis untuk jasa rental motor tentunya tidak ada biaya produksi dan hal ini berbeda dengan menjalankan bisnis kuliner ataupun barang. Membuka penyewaan rental motor tentunya membutuhkan biaya yang tidak begitu besar hanya untuk membeli motor dan melakukan perawatannya saja.

Dengan begitu kamu hanya membutuhkan biaya modal di awal ketika ingin menjalankan bisnis penyewaan motor. Kamu tetap harus mengeluarkan beberapa biaya yang dibutuhkan secara rutin seperti hanya pembayaran pajak dan biaya service rutin bulanan supaya kondisi motor tetap aman ketika digunakan oleh pelanggan.

2. Dapat Dijalankan Dengan Modal Terjangkau

Membuka bisnis jasa rental motor tidak membutuhkan modal yang cukup besar dan kamu bisa memulai dengan modal yang terjangkau. Kamu bisa menyewakan saja motor pribadi yang dimiliki sebagai modal awal sehingga kamu dapat menjalankan usaha sambil menabung untuk nantinya membeli motor baru yang dapat disewakan kembali.

bisnis jasa rental motor

Selain itu kamu juga bisa bekerja sama dengan beberapa teman untuk menyediakan motor sewaan. Sementara itu untuk keuntungan yang bisa didapatkan nantinya akan dibagi secara merata dari beberapa orang yang sudah turut andil menyediakan motor untuk direntalkan.

3. Menjadi Usaha Sampingan

Bisnis jasa penyewaan motor bisa dijadikan sebagai bisnis utama ataupun sampingan. Dalam hal ini kamu tidak harus menunggu motor sewaan selama 24 jam penuh sehingga bisa menjalankan bisnis sambil mengerjakan beberapa pekerjaan lain.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Apabila ada pelanggan yang ingin rental motor maka kamu bisa memberikan dan menyaratkan beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh pelanggan. Dengan begitu kamu bisa memperkirakan kapan waktu motor tersebut dikembalikan sehingga kamu bisa menjemput atau menunggu penyewa mengantarkan motor dan kamu tetap bisa menjalankan pekerjaan utama lainnya.

4. Pasti Banyak Penyewa

Bisnis jasa rental motor memiliki peluang yang sangat besar sehingga kamu tidak perlu takut jika sepi peminat karena pasti akan banyak orang yang menyewa motor kamu. Terlebih lagi jika kamu membuka usaha untuk sewa motor ini di kawasan perkotaan atau lokasi wisata maka akan memberikan peluang yang sangat besar.

Beberapa kota yang mempunyai peluang cukup tinggi untuk mendapatkan pelanggan seperti halnya Surabaya, Jogja, Bali, Bandung dan Jakarta tidak akan pernah sepi penyewa sehingga kamu tidak rugi ketika sudah menyediakan beberapa motor untuk direntalkan. Dengan demikian kamu tetap bisa menjalankan bisnis penyewaan motor yang memberikan keuntungan sangat besar dan menjanjikan.

Risiko Menjalankan Bisnis Jasa Rental Motor

Selain banyaknya kelebihan yang akan kamu dapatkan ketika membuka bisnis penyewaan motor maka juga harus mengetahui resiko dari bisnis yang satu ini. Motor bukan suatu hal yang murah untuk didapatkan, terutama jika digunakan untuk menjalankan sebuah bisnis.

Adapun beberapa risiko dalam menjalankan bisnis penyewaan motor yang perlu kamu ketahui sebagai berikut:

1. Risiko Kehilangan

Bisnis jasa rental motor memiliki risiko yang sangat tinggi terjadinya kehilangan. Sebab sekarang ini banyak kasus pengusaha penyewaan motor yang menjadi korban penipuan dari pihak si penyewa.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik
Bisnis Jasa Supir

Dalam hal ini pelaku memang sengaja untuk menyewa motor dengan memberikan identitas palsu dan membawa kabur motor yang sudah disewanya. Sehingga kamu harus berhati-hati dan memastikan bahwa penyewa motor dari bisnis kamu tidak melakukan penipuan yang menyebabkan kerugian fatal.

2. Resiko Kerusakan

Jika membuka bisnis sewa motor tentunya kamu tidak dapat melakukan pengawasan secara full dalam jangka waktu 24 jam sehingga kamu juga tidak bisa mengetahui bagaimana pihak penyewa menggunakan motor tersebut. Apabila penyewa peduli tentunya akan menggunakannya secara hati-hati namun juga tidak menutup kemungkinan banyak sekali penyewa yang justru menyetir secara ugal-ugalan karena merasa tidak diawasi oleh pemiliknya.

Dengan demikian resiko kerusakan bisa saja terjadi karena kecelakaan yang kemungkinan sulit dihindari dari pihak penyewa. Guna menghindari kejadian seperti ini maka kamu harus memperingatkan ke pihak penyewa ataupun membuat surat pernyataan atas kesediaan pihak penyewa untuk melakukan pembayaran ganti rugi jika terdapat beberapa hal yang nantinya akan terjadi.

3. Persaingan Sangat Ketat

Bisnis jasa rental motor memiliki persaingan yang sangat ketat karena banyak sekali kompetitor yang berada di satu kawasan kota tersebut. Dalam satu kota tujuan wisata saja banyak sekali yang membuka usaha penyewaan motor.

Maka dengan begitu kamu harus siap siaga untuk menghadapi persaingan antar kompetitor secara ketat sehingga bisnis kamu bisa berjalan dengan lancar. Selain itu kamu pun juga harus memikirkan adanya strategi marketing yang lebih unggul dari kompetitor sehingga akan banyak pelanggan yang melirik usaha kamu.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore
Demikianlah beberapa pembahasan terkait bisnis jasa rental motor yang bisa menjadi pilihan untuk kamu dalam menjalankan usaha utama atau sampingan. Bisnis rental motor mempunyai peluang yang sangat besar di kawasan tempat wisata.

Instagram