Bisnis Jasa Desain Grafis yang Menguntungkan dan Sukses di Masa Depan

Bisnis jasa desain grafis merupakan salah satu jenis usaha yang menggunakan modal minim dan saat ini banyak digemari oleh kaum urban. Bisnis yang satu ini bisa dijalankan sebagai bisnis utama ataupun bisnis sampingan yang memberikan banyak keuntungan jika memang kamu mempunyai kemampuan dalam bidang desain grafis.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Bisnis desain grafis memiliki peluang yang cukup besar dan belakang ini cukup populer karena sering berhubungan langsung dengan bisnis yang lain. Banyak para pebisnis yang membutuhkan jasa desain grafis untuk kebutuhan tertentu seperti pembuatan kartu nama, percetakan banner atau desain interior rumah.

Bisnis Jasa Desain Grafis yang Menguntungkan dan Sukses di Masa Depan

Kebutuhan untuk Menjalankan Bisnis Jasa Desain Grafis

Perkembangan bisnis yang dilakukan secara online memang terbilang menjanjikan dan memberikan peluang yang cukup besar bagi mereka yang kreatif salah satunya desainer grafis.

Ketika para pebisnis atau seseorang ingin membuat logo bagi websitenya, membuat kartu nama, membuat banner atau kebutuhan lain maka mereka akan membutuhkan jasa desain grafis.

Dengan demikian bagi kamu yang bergelut di dunia desain grafis mempunyai peluang usaha yang dibutuhkan oleh banyak orang dan sangat menjanjikan untuk dijadikan sebuah bisnis jika mempunyai skill dan peralatan mendukung. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu siapkan untuk memulai bisnis desain grafis:

1. Portofolio

Dalam menjalankan bisnis jasa desain grafis maka kamu akan membutuhkan portofolio. Portofolio merupakan hasil kerja desain yang sebelumnya sudah pernah kamu buat dan memperoleh penilaian yang cukup bagus dari klien.

Hasil kerja dari kreativitas diri sendiri bisa berupa kliping majalah atau koran, karya foto, rancang bangun ataupun bukti lain yang mendukung untuk portofolio.

Tidak jauh berbeda dengan bisnis lain, dalam menjalankan bisnis desain grafis maka wajib mempunyai portofolio sehingga calon klien bisa lebih percaya karena dapat melihat hasil kinerja yang sebelumnya sudah dibuat.

2. Skill Design

Mengingat dalam hal ini kamu akan membuka jasa desain grafis maka yang perlu dan wajib untuk dimiliki adalah kemampuan dalam pembuatan desain grafis.

Kamu harus bisa menggunakan beberapa software pendukung seperti halnya CorelDraw, ilustrator, Photoshop atau aplikasi yang lainnya sebagai faktor penting dalam proses pembuatan desain grafis.

3. Media Promosi

Menjalankan bisnis jasa desain grafis maka akan membutuhkan media promosi guna memasarkan bisnis yang kamu. Dalam hal ini kamu bisa membuat website ataupun blog khusus yang bisa digunakan dengan tambahan domain sendiri, pada website yang digunakan untuk media promosi bisa dengan menampilkan berbagai macam hasil karya atas desain grafis yang sebelumnya sudah kamu buat.

Selain itu media promosi bisa dengan memanfaatkan situs marketplace seperti halnya Sribu.com, project.co.id, freelancer.co.id atau sejenisnya.

Kamu juga bisa mempromosikannya melalui media sosial seperti halnya Facebook ataupun Twitter dan semua media promosi itu harus dimiliki guna menjalankan bisnis desain grafis supaya lebih dikenal oleh masyarakat dengan jangkauan luas.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Ide Bisnis Jasa Desain Grafis

Belakangan ini banyak peluang untuk menjalankan bisnis desain grafis. Akan tetapi kamu harus menyesuaikan dengan kemampuan dan pasien yang dimiliki sehingga bisa memberikan peluang yang cukup besar untuk mendapatkan klien yang memesan desain grafis kamu.

Berikut ini beberapa ide untuk menjalankan desain grafis sebagai bisnis:

1. Jasa Desain Grafis

Bagi yang kamu suka menggambar maka bisa membuka bisnis desain grafis. Pekerjaan yang satu ini cukup banyak dipilih oleh kalangan karena cukup menggunakan skill yang dimiliki untuk membuka bisnis yang satu ini, kamu bisa menawarkan desain untuk pembuatan logo website, kartu nama, logo banner dan lainnya.

Bahkan dalam hal ini Anda juga bisa membuat lukisan ataupun karikatur kemudian menjualnya melalui situs online. Desain grafis yang kamu buat untuk digunakan pada baju, gelas, payung, kartu undangan, bantal dan lain sebagainya, setelah itu kamu bisa menjualnya guna mendapatkan keuntungan yang jauh lebih banyak.

2. Jasa Desain Website

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk membuka bisnis jasa desain grafis yaitu dengan membuka jasa desain website. Cara yang tepat guna meningkatkan traffic dari mesin pencarian yaitu dengan membuat desain website SEO friendly, dengan begitu akan banyak orang yang membutuhkan jasa desain website yang ramah SEO dan menarik.

Apabila kamu mempunyai kemampuan dan keahlian pada bidang ini maka bisa membuka bisnis jasa desain website yang sangat menguntungkan dan bisnis yang satu ini menjadi ladang yang sangat menghasilkan di era perkembangan teknologi sekarang ini.

Bisnis desain website memberikan peluang yang sangat menjanjikan bagi desainer dan setelah menentukan bisnis desain maka bisa menekuni serta mengembangkan bisnis tersebut supaya lebih profesional.

3. Jasa Desain Interior Rumah

Kamu yang suka membuat desain interior rumah ataupun memang lulusan desain interior maka bisa mencoba peluang untuk menjalankan bisnis desain interior.

Dalam hal ini kamu bisa bisa memasarkan bisnis desain interior rumah secara online baik itu menggunakan website pribadi, marketplace ataupun media sosial.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik
Bisnis Jasa Supir

Sementara itu untuk portofolio awal kamu bisa mengerjakan sebuah desain interior rumah teman ataupun keluarga. Dengan demikian kamu akan mendapatkan testimoni awal yang bisa membantu kamu untuk meningkatkan perkembangan desain interior dan memudahkan dalam mendapatkan klien baru.

Tips Menjalankan Bisnis Desain

Terdapat banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu memulai bisnis desain supaya bisa berkembang lebih pesat. Dengan demikian kamu akan mendapatkan banyak keuntungan dari hasil karya pembuatan desain grafis:

Berikut ini beberapa tips sukses yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan keuntungan jutaan rupiah dengan menjalankan bisnis desain grafis:

• Menyesuaikan dengan kebutuhan klien terkait permintaan pembuatan desain grafis
• Selalu up to date terkait gaya desain terbaru sehingga tidak kalah saing dengan bisnis yang dijalankan oleh kompetitor
• Melakukan promosi secara online melalui beberapa situs website ataupun media sosial untuk menjangkau klien yang lebih luas
• Mengikuti pameran untuk menawarkan karya desain yang nantinya akan membantu kamu supaya dikenal oleh banyak orang pada niche bisnis.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa uraian terkait penjabaran bisnis jasa desain grafis yang memiliki peluang sangat besar dan menguntungkan. Jasa desain sangat dibutuhkan oleh banyak orang sekarang ini untuk berbagai macam hal sebagai media promosi.

Instagram