Biaya Hidup di Kota Pekanbaru

Kota Pekanbaru merupakan kota yang memiliki ekonomi yang cukup potensial yang sekaligus menjadi Ibukota provinsi Riau. Layaknya kota metropolitan, kota yang terletak di pulau Sumatera ini memiliki biaya hidup yang tergolong tinggi seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan Medan.

Biaya hidup yang tinggi ini disokong oleh banyaknya potensi ekonomi yang ada di kota Pekanbaru seperti pabrik dan perusahaan-perusahaan besar. Selain itu, kota ini merupakan kota yang padat industri alam, tentu menjadikan Pekanbaru tidak elak dari sepinya usaha.

Tidak hanya karyawan, namun juga pengusaha-pengusaha yang kebanyakan dari mereka berfokus pada perusahaan Kelapa Sawit, Gas Alam hingga Minyak Bumi. Potensi ini pula yang memberikan kota Pekanbaru banyak dilirik oleh pelancong maupun warga lokal untuk memutuskan tinggal di kota Pekanbaru.

Buat kamu yang memutuskan dan tertarik untuk tinggal di kota Pekanbaru, simak baik-baik biayanya agar sesuai dengan gaya hidup sehari-hari.

Gaya Hidup di Kota Pekanbaru

Biaya Hidup di Kota Pekanbaru

Rincian Anggaran Pengeluaran di Kota Pekanbaru

Walaupun biaya hidup di kota Pekanbaru ini tidak sebesar kota-kota besar seperti Jakarta yang kebutuhannya per hari bisa sampai 4 juta bahkan lebih, namun biaya hidup di kota Pekanbaru tidak bisa dibilang sedikit.

Dikutip menurut BPS (Badan Pusat Statistik) kota Pekanbaru, setidaknya dalam satu keluarga kecil yang terdiri dari 2 orang tua dan 1 orang anak membutuhkan biaya sekitar 2.9 juta per bulannya.

Biaya Hidup Karyawan dan Keluarga Kecil

Seperti layaknya di kota lain, tentu saja setiap warga punya level perbedaan pendaptan dan gaya hidup. Untuk karyawan dan yang terhitung keluarga kecil, tentu berbeda dengan mereka yang punya pendapatan lebih besar seperti pengusaha, pun juga pengeluaran yang dikeluarkan. Berikut ini adalah rincian biaya hidup untuk karyawan dan keluarga kecil.

1. Biaya untuk Akomodasi/Tempat Tinggal.

Sama seperti kota-kota metropolitan yang lainnya, di Pekanbaru kamu juga dapat memilih akomodasi sendiri sesuai dengan apa yang kamu butuhkan seperti rumah, kost, kontrakan atau bahkan apartemen.

Berdasarkan data dari 99.co Indonesia, kamu dapat membeli rumah tipe 50 hanya dengan 200 juta saja dan 25 juta per tahun untuk menyewa rumah dengan 2 kamar tidur. Dibandingkan dengan kota di pulau Jawa, tentu saja harga di Pekanbaru ini cukup terjangkau.

Jika kamu memutuskan untuk mencari tempat tinggal sementara atau kos, membutuhkan dana sekitar 1 juta rupiah perbulannya untuk menampung satu keluarga inti. Namun jika dirasa masih terlalu mahal dan ingin tempat tinggal yang lebih hemat dengan 2 kamar misalnya, cukup mengeluarkan dana sekitar 5-7 juta per tahunnya.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

2. Biaya untuk Makan

Membahas tentang pengeluaran yang digunakan untuk makan sehari-hari, orang-orang yang tinggal di kota Pekanbaru umumnya menghabiskan sekitar 15.000 – 20.000 Rupiah untuk sekali makan.

Jika kita menghitungnya dengan patokan harga terendah yakni 15.000 Rupiah maka perbulannya membutuhkan sekitar 450.000 Rupiah untuk 1 orang. Lalu tinggal dikalikan saja sesuai dengan anggota keluarga jika kamu memiliki anak atau pasangan.

3. Biaya untuk Transportasi

Jika terkait biaya transportasi, katakanlah jika kamu naik angkot atau di Pekanbaru biasanya disebut mikro untuk menuju kantor. Biaya untuk sekali jalan biasanya sekitar 4000 Rupiah.

Asumsikan jika satu hari kamu memiliki 2x trip untuk pulang dan pergi, maka akan menghabiskan biaya sekitar 8000 Rupiah. Cukup terjangkau bukan?

Terobosan baru dari kota Pekanbaru mengenai transportasi. Mulai beroperasi pada 18 Juni 2009, Wali Kota Herman Abdullah di Terminal AKAP Payung Sekaki sebagai Walikota Pekanbaru saat itu meresmikan sarana penunjang transportasi yang murah dan nyaman yakni BUS Trans Metro Pekanbaru (TMP) guna meningkatkan mobilitas masyarakat Pekanbaru.

Saat ini tarif yang dikenakan untuk penumpang umum berkisar 4000 Rupiah, dan untuk pelajar atau mahasiswa sekitar 3000 Rupiah. Jam operasional BUS TMP mulai pukul 06.00-19.30 dan WIB setiap harinya.

4. Biaya Tagihan dan Utilitas

Kalau kamu memutuskan untuk membangun rumah di Pekanbaru, hal-hal penting seperti tagihan perumahan, listrik, air, dan bahan bakar harus kamu persiapkan sebelum memulai hari di kota Pekanbaru.

Memang biaya tagihan yang kamu keluarkan tergolong cukup tinggi ketimbang biaya yang lain saat memiliki rumah yakni bisa merogoh kocek sekitar Rp1.425.337 per bulannya untuk satu keluarga kecil yang dikatakan oleh BPS pada tahun 2018.

5. Biaya untuk Internet dan Komunikasi

Di era digital seperti sekarang yang hampir semua orang menggunakan gawai sebagai salah satu hal terpenting yang digunakan sebagai alat komunikasi maupun media hiburan tidak luput juga dari internet.

Internet yang memadai membutuhkan biaya untuk digunakan baik untuk pekerjaan atau penggunaan pribadi. Untuk biaya internet dan komunikasi, BPS mengatakan masyarakat Pekanbaru menghabiskan dana rata-rata sekitar Rp404.804 per bulannya untuk satu keluarga kecil.

Biaya Hidup Pelajar dan Mahasiswa

Tidak jauh berbeda dengan biaya hidup karyawan atau keluarga kecil namun ada beberapa tips jika kamu pelajar atau mahasiswa bisa lebih menghemat pengeluaran. Biaya hidup mahasiswa kost di Pekanbaru dengan pola hidup kebutuhan makan gaya ‘minimalis’ akan menghabiskan dana Rp 1,2 juta per bulan.

Itu di luar sewa tempat kos. Dikutip dari cerita mahasiswi Universitas Riau (UNRI), untuk memenuhi kebutuhan pangannya, ia memilih untuk memasak sendiri makannya guna menghemat kebutuhan sehari-hari. Untuk biaya makan dengan gaya ‘minimalis’ ia hanya menghabiskan dana sekitar 200-300 ribu Rupiah perminggunya.

Jadi untuk perbulan sekitar 1,2 juta ia habiskan untuk biaya makan dalam hitungan kasar. Ia mengaku bahwa dana 1,2 juta itu sudah termasuk biaya transportasi motor pribadinya yang ia gunakan untuk ke kampus. Harga itu tentunya di luar dari biaya sewa kamar kostnya.

Potensi ekonomi yang dimiliki kota Pekanbaru memang tak luput dari banyaknya usaha, baik itu industri alam, kuliner, atau yang lainnya. Namun ini membuat kebutuhan dan stkamur pengeluaran kota Pekanbaru hampir menyamai seperti kota-kota metropolitan lainnya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Pentingnya gaya hidup memberikan kualitas untuk manajemen pengeluaran dan pemasukan kamu, tidak hanya di kota Pekanbaru namun berlaku untuk dimana saja kamu tinggal.

Instagram