cara mengurus izin bisnis di singapura

Cara mengurus izin bisnis di Singapura terbilang cukup mudah bagi siapa saja yang ingin mendirikan bisnis di negaranya. Perizinan untuk menjalankan bisnis dibuat sangat mudah dan efisien yang hanya membutuhkan beberapa hari perusahaan dapat didirikan dan dijalankan di negara Singapura.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

Kamu juga akan merasakan semua proses yang dilakukan secara online dan murah, kali pemeran pemerintah mendorong warga negaranya sendiri atau warga asing untuk menjadi wirausaha.

Bahkan berbagai macam skema kebijakan diberikan oleh pemerintah negara Singapura untuk memberikan bantuan pada mereka yang ingin mengadu nasib sebagai pengusaha di negaranya.

Kemudahan Cara Mengurus Izin Bisnis Di Singapura

cara mengurus izin bisnis di singapura

Seperti yang kita ketahui bahwasanya untuk kemudahan dalam melakukan kegiatan penanaman investasi di negara Indonesia masih terbilang cukup rendah sesama anggota ASEAN seperti halnya Singapura, Vietnam, Thailand hingga Malaysia.

Hal ini Tentunya disebabkan oleh beberapa faktor yang mendasarinya sehingga membuat negara Indonesia kalah dibandingkan dengan negara-negara lain di kawasan ASEAN.

Salah satu penghambat untuk laju pertumbuhan investasi yang ada di Indonesia yakni sulitnya pengusaha untuk mendirikan perusahaan baru di negara Indonesia.

Hal ini Tentunya berbeda dengan negara Singapura yang memberikan kemudahan dalam proses pendirian perusahaan baru dan bahkan pemerintah sendiri pun mendukung untuk bisa merubah pemikiran menjadi wirausaha.

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Cara Mengurus Izin Bisnis Di Singapura

Dalam melakukan pengurusan Izin menjalankan bisnis di negara Singapura memang terbilang sangat mudah meskipun memang tidak menutup kemungkinan banyaknya persaingan yang cukup tinggi di negara ini.

Untuk mengurus izin bisnis kamu hanya membutuhkan waktu 30 menit dan sudah bisa Mendirikan perusahaan baru, tentu kebijakan ini sangat berbeda dengan di Indonesia yang membutuhkan waktu sampai berbulan-bulan hingga bisa mendirikan perusahaan.

Pendirian perusahaan baru di negara Singapura sangat mudah dilakukan asalkan kamu mempunyai local partner, sementara itu proses penyerahan berkas hingga perusahaan baru bisa berdiri hanya membutuhkan paling lama 1 bulan. Hal inilah yang membuat negara Singapura cukup unggul di dunia bisnis dengan kompetitor yang sangat banyak.

Singapura Indonesia
Struktur Bisnis Umum
  • Pte Ltd
  • Cabang
  • Kantor Perwakilan
  • Sole Proprietorship
  • Kemitraan

Kemitraan

  • Perusahaan Asing (PT PMA)
  • Perusahaan Lokal (PT)

·         Kantor Perwakilan

Waktu 1 – 3 hari 4 – 6 minggu
Kepemilikan Asing Tak ada batasan Daftar Negatif Investasi
Pemegang Saham Min. 1 Min. 2
Kontribusi Modal SGD 1 Min. IDR 50 juta (tergantung jenis & ukuran)

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Pendirian Perusahaan Di Singapura VS Indonesia

Berikut inilah informasi penting sebagai cara mengurus izin bisnis di Singapura dan di Indonesia sebelum kamu memulai untuk menjalankan bisnis:

1. Kepemilikan asing

Pemerintah negara Singapura telah memberikan izin atas kepemilikan asing sebesar 100% Bagi perusahaan swasta terbatas, dengan demikian Mitra lokal tidak dibutuhkan lagi apabila kamu ingin membentuk perusahaan baru di negara Singapura.

Dalam hal ini kamu hanya perlu untuk menunjukkan pemegang saham serta direktur perusahaan residen untuk perusahaan tersebut.

Hal ini Tentunya berbeda dengan yang ada di Indonesia karena tidak menawarkan kebebasan seperti di Singapura karena orang asing bisa mendapatkan 100% saham asing pada PT ataupun perusahaan joint venture hingga 5% saham lokal.

2. Persyaratan cara mengurus izin bisnis di Singapura

Pemerintah negara Singapura telah mewajibkan untuk investor asing agar bisa memenuhi persyaratan sebelum bisa mendirikan atau menjalankan bisnis di negaranya.

Persyaratan yang diajukan mencangkup penunjukan sekretaris untuk perusahaan presiden serta direktur untuk employment pass sertifikat, mempunyai 1 sampai 50 pemegang saham serta menunjukkan modal awal sebesar 1 dolar Singapura.

Sementara itu untuk pendirian perusahaan di Indonesia terbilang lebih ketat. Sebab kamu harus memiliki komisaris dan modal awal untuk disetorkan senilai 10 miliar.

3. Prosedur untuk mendirikan perusahaan

Dalam proses pendaftaran perusahaan yang dilakukan di negara Singapura terbilang lebih cepat dan efisien karena proses dan sistemnya sangat efektif untuk membantu kamu memulai bisnis baru.

Sebab untuk prosedurnya sendiri tidak melalui banyak birokrasi sehingga terasa lebih mudah dan sederhana serta untuk proses pendiriannya sendiri bisa dilakukan 24 jam itu sudah normal di negara Singapura.

Akan tetapi hal ini Tentunya berbeda untuk prosedur mendirikan perusahaan di Indonesia karena proses melakukan pendaftaran perusahaan bisa memakan waktu sampai 1,5 bulan, prosesnya ini terbilang lebih kompleks dan terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi investor asing untuk mendirikan perusahaan baru.

Maka dari itu sangat penting untuk mendirikan perusahaan baru dengan konsultasi terlebih dahulu pada konsultan bisnis profesional.

4. Kewajiban pembayaran pajak

Cara mengurus izin Bisnis di Singapura harus memperhatikan pembayaran pajak, namun di negara ini perusahaan yang sudah berdiri bisa menikmati pajak yang rendah antara 0 sampai 17%.

Selain itu juga Singapura mempunyai sejumlah perjanjian pajak yang lebih dari 60 negara yang ada di dunia sehingga Setiap perusahaan bisa menikmati manfaat pajak lebih banyak lagi dengan penawaran PPN paling rendah 7%.

Sementara itu untuk negara Indonesia besaran pajak bagi perusahaan yang sudah berdiri antara 1 sampai 25% dan persentase pajak perusahaan juga tergantung dari keuntungan serta industri yang dijalankan.

Indonesia mempunyai perjanjian pajak dengan total lebih dari 64 negara di dunia dan tentunya memberikan keuntungan bagi investor asing dengan penawaran PPN di Indonesia mencapai 10%.

5. Tenaga kerja

Tenaga kerja yang ada di Singapura kebanyakan sudah ahli dan mampu berbahasa Inggris dengan lancar, maka dari itu banyak sekali orang Singapura yang lebih memilih bekerja di perusahaan asing.

Namun perlu kamu ketahui Untuk orang asing yang ingin bekerja di negara Singapura harus membutuhkan izin kerja terlebih dahulu.

Sedangkan hal ini berbeda dengan yang ada di Indonesia bahwa tenaga kerja lokal tidak berpendidikan tinggi dengan orang-orang yang ada di Singapura. Dengan demikian perusahaan asing lebih banyak mencari tenaga kerja selain dari negara Indonesia.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa uraian terkait penjabaran cara mengurus izin bisnis di Singapura agar tidak melanggar peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintahan. Dengan mengetahui cara pengurusan Izin bisnis maka akan lebih mudah untuk mendirikan perusahaan baru.

Instagram