membuka rekening bank di singapura

Banyak para pelajar Indonesia yang bertekad untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia yang juga menjadi tujuan favorit untuk menimba ilmu adalah Singapura.

Selain tempat tinggal, kebutuhan penting lainnya yang perlu dipersiapkan adalah akun bank di Singapura. Dengan memiliki akun bank setempat, proses pengelolaan keuangan selama tinggal dan menempuh pendidikan di sana akan jadi lebih mudah. Keuntungan lainnya adalah dapat memudahkan orang tua atau sponsor Anda saat hendak transfer uang Indonesia ke Singapura.

Cara Membuka Rekening Bank di Singapura untuk Pelajar

Nah, sebagai panduan, berikut beberapa langkah membuka akun bank di Singapura yang bisa Anda praktikkan.

Tentukan Bank Mana yang Menjadi Pilihan Anda

Langkah pertama adalah menentukan bank mana yang akan Anda pilih. Anda bisa membuka akun di bank lokal Singapura seperti DBS, UOB, dan OCBC atau bank asing seperti Citibank dan HSBC.

Menariknya, selain bank di atas, Anda juga bisa membuka akun di bank asli Indonesia, seperti misalnya BNI yang mendukung penarikan uang di luar negeri. Jadi, sebelum berangkat ke Singapura, Anda bisa membuka rekening BNI Taplus dengan logo Master Card di kantor BNI terdekat.  

Lalu, manakah alternatif terbaik?

Silakan sesuaikan dengan kebutuhan. Bila Anda membuka akun di bank lokal Singapura, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda nikmati. Di antaranya adalah Anda tak akan kesulitan mencari mesin ATM dan terhindar dari biaya tambahansaat melakukan penarikan uang.

Namun demikian, bila orang tua Anda melakukan transfer uang Indonesia ke Singapura, maka ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan.

Adapun bila memilih bank asli Indonesia—BNI misalnya—Proses transfer dari Indonesia terbilang lebih mudah karena tinggal masukkan nomor rekening BNI Taplus yang telah dibuat sebelumnya sebagai nomor rekening tujuan.

Hanya saja, penarikan uang dari rekening BNI Taplus harus dilakukan di ATM yang berlogo Master Card dengan tambahan biaya penarikan sebesar Rp25.000 plus biaya kurs yang cenderung tinggi.

Baca Juga Artikel Luar Negeri Lainnya:

7 Universitas Favorit di Malaysia

Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri

5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri

11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri

5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Setelah menentukan bank pilihan, silakan siapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan. Bagi Anda yang memilih membuka akun di bank lokal Singapura, dua dokumen penting yang harus disiapkan adalah paspor dan kartu visa pelajar (student pass). Namun, beberapa bank biasanya akan meminta dokumen pendukung seperti bukti alamat di Singapura.

Pelajari Setiap Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Terakhir, pelajari syarat dan ketentuan yang berlaku karena tiap bank punya kebijakan sendiri. Misalnya, berapa setoran awal minimal, biaya administrasi bulanan, biaya penarikan uang di ATM, biaya transfer ke luar negeri, serta berapa minimal saldo rekening.

Sekadar informasi, sebagian besar bank lokal Singapura menawarkan rekening tanpa biaya bulanan dan tidak ada biaya tambahan saat penarikan uang di ATM. Beberapa bank juga menawarkan penarikan uang di mesin ATM lain tanpa charge. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa menanyakannya saat pembukaan akun.

Itulah 3 tips membuka akun bank di Singapura untuk pelajar yang perlu Anda tahu. Apapun pilihan bank Anda, saat hendak melakukan transfer uang Indonesia ke Singapura, Anda bisa menggunakan Transfez, aplikasi pengiriman uang ke luar negeri yang telah memiliki izin dari Bank Indonesia.

Transfez merupakan cara paling mudah dan nyaman untuk kirim uang ke mancanegara. Proses transaksinya praktis dan Anda dapat menghemat hingga 91% dibandingkan transfer uang ke luar negeri lewat bank. Menariknya, uang yang dikirim pun dapat diterima keesokan harinya. Untuk menggunakan Transfez, Anda bisa mengunduh aplikasinya di sini.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instagram