Bentang Alam di Singapura dengan Topografi Wilayah Perbukitan

Bentang alam di Singapura memang tidak terlalu luas mengingat Singapura sebagai negara terkecil di dunia namun memiliki alam yang sangat indah. Negara Singapura tidak hanya terdiri atas gedung pencakar langit saja yang terlihat di bagian kota Singapura.

Baca Juga Cara hemat dan cepat dari Singapura ke Indonesia untuk bayar tagihan air

Negara ini juga mempunyai bentangan alam yang dapat dikunjungi untuk menikmati suasana alam. Meskipun memang banyak yang tidak mengetahui akan hal ini di Singapura.

Bentang Alam di Singapura dengan Topografi Wilayah Perbukitan

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

Keadaan Bentang Alam di Singapura

Negara Singapura terdiri atas beberapa pulau besar hingga kecil yang membuat keindahannya semakin beragam. Inilah beberapa hal mengenai keadaan alam di Singapura dari segi geografisnya:

1. Letak dan Luas Singapura

Negara Singapura merupakan negara yang terdiri atas sekelompok pulau seperti halnya Pulau Tekong Besar, Pulau Ubin, Pulau Ayer Chawan, Pulau Sentosa dan yang paling besar adalah pulau Singapura. Akan tetapi kepulauan ini dipisahkan dengan Semenanjung Malaya dan Selat Johor serta antara daratan Singapura dan Malaysia telah dihubungkan oleh jalan raya, jalur kereta api hingga saluran pipa dengan panjang 1.5 meter.

Secara astronomisnya, negara Singapura ini terletak pada 10LU – 1.5LU dan 103.5OBT -104OBT dengan luasnya kurang lebih 622 km persegi. Panjang dari wilayah Singapura kurang lebih 43 km dan lebarnya kurang lebih 14.5 km.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Pengiriman Uang Ke 60 Negara

2. Batas Wilayah Negara Singapura

Bentang alam di Singapura tentu akan selalu berhubungan langsung dengan batas wilayah. Berikut inilah batas wilayah negara Singapura dari berbagai arah yang dapat kamu ketahui:

Untuk mengetahui lebih jelasnya simak uraian di bawah ini:

Sebelah Utara

Batas wilayah di Singapura pada bagian Utara ini langsung dengan Malaysia tepatnya selat Johor. Batasan Singapura di sebelah utara ini hanya satu saja yang berupa perbatasan darat.

Sebelah Barat

Batas negara Singapura yang ada di sebelah Barat merupakan perairan milik dari Indonesia dan juga Malaysia yaitu Selat Malaka. Selat Malaka adalah salah satu selat yang mampu memisahkan antara pulau Sumatera tepatnya kawasan wilayah Aceh dengan negara Malaysia.

Selat Malaka memang tidak terlalu luas jika dilihat dari negara kecil seperti halnya Singapura. Dengan demikian perbatasan wilayah di Singapura di bagian sebelah barat adalah lautan.

Sebelah Timur

Sementara itu untuk perbatasan wilayah yang ada di Singapura sebelah Timur berupa perairan dan juga pulau. Perairan ini menjadi salah satu pembatas negara Singapura di sebelah Timur yakni Laut Cina Selatan dan perbatasan daratannya yang dimiliki oleh Singapura adalah negara Malaysia.

Sebelah Selatan

Perbatasan wilayah di Singapura sebelah Selatan dapat ditemukan yang hampir sama dengan batasan di sebelah Timur. Singapura berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan dan juga negara Indonesia.
Maka dari itu kamu bisa mengetahuinya bahwa letak negara Singapura ini berada di sebelah Utaranya negara Indonesia. Batasan ini berupa perairan antara Singapura dan Indonesia.

3. Wilayah Bentang Alam di Singapura

Wilayah yang ada di negara Singapura ini terdiri dari 3 bagian utama di antaranya:

– Di bagian barat negara Singapura ini terdiri dari lembah, perbukitan dan bahkan aliran sungai,

– Sementara itu untuk bagian tengah di negara Singapura, wilayahnya ini merupakan kawasan perbukitan yang terdiri beberapa bukit. Bukit tersebut di antaranya Bukit Mandai, Bukit Gombak, Bukit Panjang dan juga Bukit Timah,

– Bagian timur pada umumnya adalah wilayah dengan dataran rendah yang mana daratannya ini merupakan daerah dari hasil timbunan rawa.

Sungai di Singapura cenderung lebih pendek dan memiliki mata air dari daerah perbukitan dengan beberapa sungai di antaranya Sungai Kranji, Sungai Sangon, Sungai Kallang dan Sungai Jurong. Selain itu Singapura juga tertutup oleh hutan tropis yang sangat lebat, hutan bakau dan hutan rawa air tawar.

4. Bentang Alam Singapura

Bentang alam di Singapura secara keseluruhannya merupakan daratan yang memiliki kesan datar namun juga terdapat beberapa perbukitan dan juga sungai pendek yakni sungai Ulu Pandan yang paling utama. Di wilayah Singapura khususnya bagian tengah merupakan topografi perbukitan dengan puncak bukit membulat.

Beberapa bukit yang ada di negara Singapura seperti halnya Bukit Timah ketinggian kurang lebih 178 meter dan bukit Panjang dengan ketinggian kurang lebih 154 meter.

Selain itu juga terdapat bukit Gombak dengan ketinggian kurang lebih 133 meter dan bukit Mandai dengan ketinggian kurang lebih 129 meter.

5. Iklim

Selain adanya bentang alam di Singapura, kondisi geografisnya juga berdampak pada iklim di negara ini yang mengalami 3 musim meskipun berada pada kawasan garus khatulistiwa.

Musim hujan yang sejak berlangsung pada bulan November hingga Maret dan musim kemarau yang sangat panas di bulan April hingga September dan pancaroba sejak September hingga November.

Pada musim pancaroba saat ini telah mengalami perubahan cuaca secara mendadak dengan suhu rata-ratanya 26 derajat celcius dan kelembabannya cukup tinggi dengan curah hujan rata-ratanya 2.500 mm per tahun.

Hujan paling banyak pada bulan Desember dan terkering bulan Agustus di mana angin barat laut yang terbilang sangat banyak mampu menimbulkan hujan terjadi di bulan November sampai Januari.

Lokasi Strategis Singapura

Luas wilayah negara Singapura kurang lebih 622 km persegi ini terdapat beberapa pulau-pulau kecil dengan topografinya dalam bentuk dataran rendah yang memiliki pantai ataupun pulau buatan.

Singapura merupakan salah satu negara dengan lokasi strategis karena di posisi silang jalur pelayaran negara yang ada di Asia Timur, Asia Barat, Eropa, Australia dan Amerika.

Dengan lokasinya yang sangat strategis membuat negara Singapura dapat dimanfaatkan oleh pemerintah guna melakukan pembangunan pelabuhan yang sangat memadai sebagai penunjang distribusi. Hal ini dikarenakan fasilitasnya Singapura menjadi pelabuhan teramai di kawasan Asia.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Itulah beberapa penjabaran mengenai bentang alam di Singapura yang dapat kamu ketahui. Meskipun Singapura terlihat datar saja namun memiliki topografi perbukitan.

Instagram