umkm di singapura

UMKM di Singapura telah mengalami perkembangan yang cukup pesat dan sekarang ini meraih posisi teratas kepuasan UMKM dengan upayanya melakukan pemulihan ekonomi pemerintah.

Dari data survei yang telah dilakukan negara Singapura cara mendapatkan angka 72% atas kenaikan UMKM-nya sehingga dapat dilihat potensi yang dimiliki oleh negara ini dalam sektor ekonomi.

Baca Juga Mudahnya Cara Transfer Uang ke Singapura

Singapura Berada di posisi teratas untuk kawasan Asia Tenggara terkait kepuasan usaha mikro atas respon dari pemerintah itu sendiri untuk memulihkan ekonomi yang sebelumnya terpuruk karena pandemi covid yang berkepanjangan.

umkm di singapura

Singapura cara mendapatkan angka 72% atau standar dengan Tiga dari empat perusahaan yang menyatakan kepuasannya pada negara Singapura.

1. Survei kepuasan di Asia Tenggara termasuk UMKM di Singapura

Perolehan rata-rata dari negara yang ada di kawasan Asia Tenggara sendiri mencapai angka 58% dan survei tersebut dilakukan terhadap 1000 usaha mikro yang memiliki omset tahunan SD20 juta ada pada 5 negara yang ada di Asia Tenggara. Sementara itu posisi Vietnam dan Malaysia mendapatkan angka kepuasan hanya sekitar 68 dan 61% yang terbilang masih jauh dengan angka yang didapatkan oleh Singapura.

Dari survei yang telah dilakukan angka tersebut disusul oleh negara Thailand dan Indonesia dengan persentase 47% dan 45%. Dengan demikian hasil survei tersebut menyimpulkan bahwasannya 3 bentuk keringanan tertinggi yang diharapkan oleh responden yang ada di negara Singapura yakni bantuan upah 48%, dukungan transformasi bisnis 44%, dan juga pinjaman lunak sebanyak 36%.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

2. Mengenal Apa Itu SME Portal UMKM

SME Portal UMKM merupakan salah satu proyek yang menjadi garapan dari pemerintah Singapura dan portal ini mempunyai konsep komunitas modern yang telah menaungi adanya semua pegiat UMKM di negara Singapura.

SME Portal ini telah menghadirkan semua hal yang telah dibutuhkan oleh UMKM yang ada di Singapura, komunitas ini hadir pada tahun 2006 serta melakukan kolaborasi antara pemerintah Singapura dan juga mitra industri serta perusahaan yang ada di Singapura.

Setiap tahunnya, SME Portal ini selalu melakukan upayanya guna meningkatkan kualitas serta jenis pelayanan yang telah diberikan pada UMKM di Singapura.

Maka dari itu sangatlah penting dalam mendalami mengenai SME Portal UMKM yang ada di Singapura dan nantinya dapat mendukung setiap UMKM Singapura lebih berkembang lagi dari sebelumnya hingga ke pasar interasional.

3. UMKM Singapura Menggunakan SME Portal

Setiap UMKM yang ada di Singapura ini dipersilahkan untuk menjadi bagian dari anggota SME Portal, setelah kamu melakukan sign in maka UMKM yang bersangkutan ini bisa mengatur sendiri semua informasin serta layanan yang ingin didapatkannya.

Salah satu informasi yang selalu dibutuhkan adalah mengenai akses ke SME Portal yakni terkait dengan bisnis, ekonomi, UMKM dan yang lainnya.

Informasi yang dibutuhkan juga mengenai perkembangan atas teknologi terkini hingga dengan analisisnya pada prospek setiap industri yang lebih lengkap guna menyediakan kebutuhan ini untuk UMKM.

Selain itu juga tersedia layanan fitur e learning yang dapat langsung dikases para pengusaha UMKM yang memiliki keinginan yang lebih kuat guna menambahkan kapasitas dalam menjalankan bisnis.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 60 Negara

4. Panduan Bisnis UMKM di Singapura

Selain dengan adanya SME portal yang telah dilengkapi dengan adanya panduan dalam menjalankan sebuah bisnis oleh UMKM yang ada di negara Singapura. Isi atas panduan tersebut yakni adanya beberapa peraturan dari pemerintah Singapura yang seharusnya dapat diketahui oleh para pebisnis yang menjalankannya.

Hal ini seperti kelengkapan perijinan, standar, perpajakan serta aturan lain yang mendasarinya, selain itu juga terdapat beberapa panduan bisnis yang berhubungan langsung dengan keuangan, marketing, produksi, pembukuan hingga dalam mengembangkan sebuah bisnis.

Sehingga setiap apa yang dijalankan oleh UMKM ini bisa berjalan sesuai dengan rencana awal apabila mengacu pada pedoman yang tepat dalam mengembangkan UMKM yang ada di Singapura.

5. Bantuan dari Segi Finansial

Bagi UMKM di Singapura yang bergabung dengan SME Portal maka akan mendapatkan sebuah kesempatan dalam mengajukan bantuan dari segi finansial pada pemerintah ataupun lembaga lain yang menjalin hubungan kerja sama dengan pemerintah negara Singapura.

Bentuk dari bantuannya ini tersedia sangat beragam, seperti halnya penanaman modal, pemberian dana hibah atau dana yang memang Cuma-Cuma, dan juga pinjaman dengan rendah bunga.

Menariknya, UMKM yang ada di negara Singapura dan telah memenuhi syarat tertentu juga nantinya akan diberikan imbalan yang bentuknya berupa keringaan bahkan bisa mendapatkan penghapusan kewajiban untuk membayarkan pajak bagi UMKM yang potensial.

Dengan demikian mampu mendorong setiap UMKM yang ada di negara Singapura ini berkembang mengikuti peluang yang ada karena mendapatkan dukungan secara penuh dari setiap elemen pemerintah dan juga lembaga.

6. Peluang Kerjasama Bersama Jaringan

UMKM di Singapura ini akan jauh lebih mudah mengalami perkembangan yang signifikan mengingat banyaknya dukungan yang didapatkan oleh UMKM terutama mencari hubungan kerjasama bersama dengan beberapa jaringan yang mendukung.

Dengan adanya peluang kerjasama dari banyak jaringan maka besar kemungkinan nantinya UMKM yang ada di Singapura ini bisa melebarkan inovasinya ke pasar yang lebih luas bahkan bisa mencapai pasaran internasional.

Maka dari itu penting sekali bagi UMKM yang ada untuk menggerakkan apa yang dimiliki guna mendukung agar bisa mendapatkan peluang kerjasama yang lebih banyak lagi, dengan kerjasama tersebut tidak hanya pasar yang lebih luas, namun kemungkinan besar mendatangkan investora sehingga UMKM harus memiliki strategi secara khusus yang dapat menunjang perwujudan impian tersebut bagi perkembangan UMK ke depannya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa uraian mengenai keberadaan UMKM di Singapura dengan potensinya agar bisa berkembang lebih maju dan menggandeng kerjasama yang lebih luas lagi. Terlebih sekarang ini negara Singapura telah menduduki posisi kedua sebagai kota yang potensial dalam segi ekonomi di kawasan Asia Tenggara.

Instagram