Paspor Singapura Sebagai Paspor Terkuat di Dunia dengan Bebas Visa

Paspor Singapura merupakan sebuah dokumen perjalanan yang telah dikeluarkan oleh warga negara dan juga warga negara Republik Singapura. Hal ini tentunya akan memungkinkan pembawanya bisa melintas keluar masuk kembali ke negara Singapura dengan bebas.

Cara hemat dan cepat dari Singapura ke Indonesia untuk beli pulsa

Paspor ini bisa digunakan bepergian ke negara lain sesuai dengan ketentuan atau persyaratan visa tersebut. Selain itu juga mampu memfasilitasi proses pengamanan bantuan dari pejabat konsuler Singapura yang ada di luar negeri apabila dibutuhkan.

Pengeluaran Paspor Negara Singapura

Paspor Singapura Sebagai Paspor Terkuat di Dunia dengan Bebas Visa

Semua paspor negara Singapura dikeluarkan secara resmi dan ekslusif oleh Otoritas Imigrasi dan Pos Pemeriksaan atau ICA Singapura. Dengan demikian hanya warga Singapura saja yang bisa mengajukan pembuatan paspor ini dengan masa berlakunya selama 5 tahun.

Paspor negara Singapura berada dalam urutan peringkat pertama sebagai paspor terkuat yang ada di dunia dengan bebas visa ataupun akses kedatangan di 189 negara serta wilayah, bersama dengan adanya paspor Jepang.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

Paspor ini merupakan salah satu target favorit untuk para pemalsu sebab syarat visa relatif liberal guna pelancong dari Singapura serta memiliki kecenderungan imigrasi untuk membersihkan pemegang paspor untuk ke Singapura menjadi lebih cepat.

Sejarah Paspor Singapura

Versi pertamanya dari paspor negara Singapura modern yang telah dikenalkan pada 20 Juni 1966 dan menggantikan paspor sementara yang dikeluarkan pada 17 Agustus 1965.

Sementara itu pada tahun 1963 sampai 1965, paspor Malaysia telah dikeluarkan bagi penduduk Singapura sehingga membentuk bagian dari Malaysia.

Selain itu juga Warga Negara Britania hingga Koloni sebagai pemegang paspor Britania yang dikeluarkan sebelum tahun 1963. Penduduk dari negeri Selat yang ibukota di Singapura sejak tahun 1832 sampai 1946 telah mengeluarkan paspornya sendiri sebelum adanya perang dunia II.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Pengiriman Uang Ke 60 Negara

Penampilan Fisik Paspor Singapura

Paspor negara Singapura mengalami sebuah perubahan hingga sampai pada tampilan saat ini. Berikut inilah penampilan fisik dari paspor negara Singapura yang dapat kamu ketahui:

1. Sampul Depan

Paspor negara Singapura memiliki warna merah cerah dengan tulisan Republic of Singapore di bagian depan atas sampul. Selain itu juga terdapat lambang negara Singapura yang terpampang dengan jelas di tengah sampul depan.

Moto serta lagu kebangsaan Singapura yakni Majulah Singapura tertulis di dalam gulungan lambang tersebut dan kata PASSPORT tercetak di bagian bawah. Simbol paspor biometrik muncul pada bagian bawahnya sampul depan di bawahnya kata PASSPORT.

2. Catatan Paspor

Paspor Singapura memiliki catatan yang berasal dari Presiden Singapura dan ditujukan pada semua otoritas wilayah di Singapura. Berikut bunyi catatan yang tercantum pada paspor:

The President of the Republic of Singapore requests all authorities to allow the Singapore citizen named in this passport to pass without delay or hindrance and, if necessary, to give all assistance and protection.

Terjemahan:

Pemerintah Republik Singapura memohon kepada semua pihak yang berkepentingan untuk mengizinkan kepada warga negara Singapura yang tercantum dalam paspor ini berlalu secara leluasa dan, jika diperlukan, memberikan bantuan dan perlindungan kepadanya.

3. Halaman Informasi

Paspor Singapura telah mencakup semua data yang sangat lengkap di dalamnya. Beberapa informasi yang telah tercantum pada halaman informasi plastik sebagai berikut:

1. (kiri) Foto pemegang paspor
2. Jenis (PA – paspor biometrik)
3. Kode negara penerbit (SGP)
4. Nomor paspor
5. Nama
6. Jenis kelamin
7. Kewarganegaraan (Warga Singapura)
8. Tanggal lahir
9. Tempat lahir
10. Tanggal pengeluaran paspor
11. Tanggal kedaluwarsa paspor
12. Modifikasi
13. Otoritas
14. No ID Nasional

Paspor Singapura Terkuat di ASEAN

Singapura sebagai salah satu negara yang memiliki paspor paling kuat di Asia Tenggara karena mempunyai akses bebas visa ke berbagai negara di dunia. Pemberian peringkat in berdasarkan pada jumlah negara yang bisa diakses dengan mudah bagi pemegang paspor tanpa harus mengajukan visa sebelumnya.

Singapura dan Jepang sebagai negara yang bisa mengunjungi 189 negara tanpa harus memiliki visa untuk tinggal di negara tersebut. Singapura dan Jepang bahkan menduduki peringkat pertama yang dapat berkunjung kemana saja dan keuntungan ini belum tentu dirasakan oleh negara lain seperti halnya Indonesia.

Biaya Pembuatan Paspor Negara Singapura

Sebagai warga negara Singapura yang ingin bepergian ke luar negeri maka akan membutuhkan paspor sebagai data diri. Dengan demikian kamu harus membuat paspor negara Singapura pada otoritas Imigrasi dan Pos Pemeriksaan Singapura agar diterbitkan.

Biaya yang dibutuhkan dalam membuat paspor di negara Singapura ini kisaran SDG$80. Maka dari itu sebelum memutuskan berangkat ke luar negeri siapkan terlebih dahulu persyaratan membuat paspor dan juga biaya yang dibutuhkan.

Perpanjangan Paspor

Bagi migran Indonesia sebagai PRT yang ingin melakukan perpanjangan paspor maka harus datang langsung ke kantor Imigrasi KBRI Singapura dengan melengkapi persyaratan untuk memperpanjang paspor. Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi:

• Formulir permohonan PERDIM:11 formulir dengan warna putih yang sudah diisi secara lengkap
• Paspor lama dan juga fotokopi paspor lama pada halaman data diri serta halaman terakhir
• Work permit asli dan fotokopinya
• Fotokopi IC majikan di Singapura

Waktu Pengambilan Paspor di Singapura

Bagi tenaga migran Indonesia atau yang lainnya yang ingin datang ke Singapura maka membutuhkan paspor yang memiliki masa berlaku dalam periode tertentu. Guna mengambil kontrak kerja yang diberikan pada saat wawancara di KBRI Singapura.

Pengambilan paspor hanya bisa dilakukan pada pukul 15.00 hingga 17.00. Hal ini dilakukan oleh PRT yang bersangkutan, majikan baik suami atau istri ataupun anggota keluarga yang sedang tinggal di alamat majikan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah penjabaran mengenai paspor Singapura yang banyak digunakan oleh WNI untuk kunjungan atau bekerja. Selain itu juga paspor ini akan dibutuhkan bagi WNI yang bekerja sebagai TKI di Singapura yang digunakan sebagai identitas diri di negara lain.

Instagram