Inilah Jenis dan Contoh Investasi Properti

Pada saat ini, investasi properti semakin banyak diminati masyarakat, baik itu yang masih pemula maupun yang sudah sangat profesional. Tidak bisa dipungkiri kalau investasi properti merupakan salah satu jenis investasi yang dianggap menguntungkan sejak lama. Maka dari itu, tidak mengherankan kalau banyak kalangan berbondong-bondong ingin mencoba investasi properti sejak awal.

Meskipun terlihat simpel, namun investasi properti sekarang ini banyak jenis dan contohnya. Bahkan, setiap jenis investasi properti ini bisa berbeda tergantung pada orang yang mengelolanya. Hal ini sangat penting karena biar bagaimanapun, investasi tetap memiliki risiko tersendiri.

Jenis Investasi Properti yang bisa Menguntungkan

Beberapa jenis investasi properti yang bisa kamu pertimbangkan adalah sebagai berikut:

Properti Kantor

Jenis investasi properti yang pertama adalah properti kantor. Pada dasarnya, Banyak sekali para pengusaha properti yang melakukan investasi utama pada gedung perkantoran. Hal  tersebut dikarenakan properti kantor mampu menghasilkan profit yang paling besar dibandingkan jenis properti yang lainnya.

Selain itu, lokasi yang strategis dan berada di pusat bisnis menjadi salah satu faktor pendorong mengapa jenis properti ini menjadi sangat menguntungkan. Ditambah lagi, permintaan terhadap ruangan kantor sebagian besar berasal dari perusahaan yang membutuhkan tempat di dalam ruangan. Umumnya untuk memenuhi berbagai fungsi seperti keuangan, administrasi, operasional, dan lain sebagainya.

Jadi, saat perusahaan tersebut terus berkambang, maka permintaan ruang kantor yang lebih besar akan semakin besar. Beberapa kelemahan yang patut dipertimbangkan saat berinvestasi pada gedung perkantoran adalah pasar yang cenderung sensitif terhadap kinerja perekonomian.

Disamping itu , gedung perkantoran juga memiliki biaya operasional yang tinggi dan hal ini akan sangat membebankan keuangan jika kamu kehilangan pasar.

Inilah Jenis dan Contoh Investasi Properti yang Dapat Menguntungkan

Properti Ritel dan perdagangan

Selanjutnya ada properti ritel dan perdagangan yang juga termasuk jenis investasi properti. Ada berbagai contoh investasi properti untuk ritel dan perdagangan seperti pusat perbelanjaan (mall) dan ruko yang berlokasi strategis dengan jalan raya.

Besarnya permintaan terhadap properti ritel dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu lokasi, kepadatan penduduk, tingkat pendapatan penduduk di sekitar, dan pertumbuhan penduduk. Jika melihat dari perspektif ekonomi, maka properti ritel memiliki kinerja terbaik di negara-negara yang berkembang, khususnya saat pertumbuhan penjualan ritel sedang tinggi.

Hal menguntungkan yang akan didapatkan dari properti ritel ini adalah tingkat pengembaliannya yang lebih stabil dibandingkan dengan gedung perkantoran. Kondisi seperti ini bisa terjadi karena sewa yang dilakukan biasanya lebih panjang dan para pengecer juga lebih jarang berpindah-pindah dibandingkan dengan penyewa kantor.

Lihat Juga Cara Bayar Tagihan dari Singapura

Properti Industri atau Manufaktur

Properti Industri dan manufaktur juga termasuk jenis investasi industri yang cukup sering digunakan. Berinvestasi pada properti industri biasanya membutuhkan biaya operasional yang lebih rendah dibandingkan dengan properti gedung kantor dan juga ritel. Investasi yang dapat dilakukan ada berbagai macam. Mulai dari pergudangan, manufaktur, tempat penelitian dan pengembangan perusahaan, hingga lokasi distribusi.

Faktor penting yang harus kamu pertimbangkan saat berinvestasi pada jenis properti ini adalah ketinggian langit-langit, lokasi yang berdekatan dengan transportasi utama (rel atau dermaga laut), kemampuan memuat barang, dan yang lainnya. Jika kamu berhasil mengatasi hal tersebut, maka investasi pada properti industri dan manufaktur sangat menguntungkan.

Baca juga artikel lainnya di Blog Transfez

Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Pakistan Mengunakan Maskapai Penerbangan
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Vietnam Berdasarkan kecepatan Pesawat
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Bangladesh Sesuai Kota Keberangkatan dan Kecepatan Pesawat
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Belanda Tepatnya ke Amsterdam

Properti Tempat tinggal Sementara

Dari namanya, mungkin kamu sudah tahu jenis investasi properti yang satu ini. Salah satu contoh investasi properti ini adalah indekos atau kos-kosan. Biasanya, indekos berdiri di lokasi yang dekat dengan kampus atau universitas maupun perkantoran. Sebab, para pemilik investasi properti ini menyasar mahasiswa dan karyawan sebagai target pasar.

Investasi kos-kosan sangat menguntungkan. Sebab, setiap bulannya, kamu akan mendapatkan penghasilan yang jumlahnya cukup besar tanpa harus bekerja dan mengandalkan gaji. Investasi tempat tinggal sementara juga cocok untuk pilihan investasi masa tua. Hal itu dikarenakan tidak membutuhkan banyak tenaga dan keahlian untuk menjalankannya.

Properti Hunian Keluarga

Jenis investasi properti yang terakhir adalah properti hunian keluarga. Untuk Jenis investasi yang satu ini memberikan hasil yang paling stabil dibandingkan lainnya. Sebab, apapun kondisi perekonomian yang sedang terjadi, masyarakat akan selalu membutuhkan tempat tinggal.

Pada pasar yang normal, tingkat hunian akan tetap tinggi dan mampu memberikan pendapatan yang stabil. Jenis properti hunian keluarga memiliki aturan biaya operasional yang bisa dibagi antara pemilik dan juga pihak penyewa. Hal ini tergantung dari kesepakatan saat perjanjian sewa menyewa dilakukan antara kedua belah pihak. Namun, jika kamu tidak membuat kesepakatan di atas, artinya setiap resiko kenaikan biaya operasional bangunan akan ditanggung oleh pemilik selama masa sewa.

Contoh Investasi Properti

Setelah memahami jenis-jenisnya, kini kita simak beberapa contoh investasi properti sebagai berikut.

Rumah

Tentunya kamu sudah paham contoh investasi properti satu ini. Rumah bisa sebagai instrumen investasi yang menguntungkan karena harganya terus naik dari waktu ke waktu.

Jika kamu tak cukup modal untuk memulai investasi rumah di perkotaan, tak ada salahnya untuk memulainya di pinggiran kota. Misalnya, kamu bisa membeli rumah di daerah-daerah penyangga kota besar.

Apartemen

Selain rumah, apartemen dikenal sebagai contoh investasi properti yang lumayan menguntungkan. Kamu tidak perlu repot untuk investasi di sini. Sekarang,  ragam apartemen mulai dibangun pada sudut-sudut daerah, termasuk penyangga kota besar.

Hampir mirip dengan membeli rumah, kamu dapat memulai investasi apartemen di pinggiran kota dengan jenis unit paling kecil, yakni jenis studio. Bahkan, kamu bisa menyewakan unit atau menjualnya di kemudian hari untuk mendapatkan keuntungan.

Tanah

Contoh investasi properti ini sangat menjanjikan jika kita melihat harga pasar tanah yang kian menggila. Akan tetapi, kamu perlu dana cukup besar bila ingin memulai investasi tersebut.

Di balik mahalnya tanah, investasi ini menyimpan segudang keuntungan. Praktik investasi tanah juga cukup masuk akal jika kamu mulai membeli tanah di pinggiran kota karena harganya relatif murah.

Kantor dan Ruko

Pada dasarnya, baik kantor dan Ruko memiliki persamaan dalam hal fungsi, yakni tempat untuk bekerja dari perusahaan baik perorangan maupun berkelompok. Hanya saja, hal yang membedakan adalah harga dan lokasinya. Meskipun begitu, keduanya merupakan contoh investasi properti yang menjanjikan, khususnya di perkotaan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikian jenis dan contoh properti yang dapat menguntungkan. Semoga informasi ini bermanfaat.