Keuntungan Investasi Properti

Seperti yang kita ketahui bahwa investasi properti merupakan salah satu jenis investasi yang telah ada sejak lama. Bahkan, banyak orang yang mengatakan bahwa investasi satu ini sangat menggiurkan dibandingkan jenis investasi lainnya. informasi tersebut sudah diturunkan sejak lama hingga sekarang.

Meskipun jenis investasi saat ini sudah sangat banyak dan menjanjikan, namun investasi properti masih tetap dianggap menguntungkan sepanjang masa. Untuk kamu yang ingin terjun di dunia ini dan ingin lebih tahu apa saja keuntungan investasi properti, simak ulasannya sebagai berikut.

Harganya terus naik dari waktu ke waktu

Keuntungan investasi properti yang pertama adalah harganya jarang ada yang turun. Apalagi jika properti itu dirawat dengan baik, maka kamu bisa menaikkan harganya berkali lipat. Inilah yang membuat keuntungan investasi properti itu sangat menarik karena tidak semua jenis investasi selalu naik seperti aset properti.

Kamu bisa melihat contohnya pada harga rumah yang ada di domisili sekitar. Keuntungan investasi rumah termasuk menjanjikan karena menjadi kebutuhan utama setiap manusia. Oleh karena itu, tidak ada istilah rugi ketika kamu menginvestasikan dana yang dimiliki pada bidang properti. Hal yang ada malah semakin mendapatkan keuntungan karena harga properti yang kian tahun kian meningkat.

Mempunyai Capital Gain yang Cukup Besar

Ketika ingin melakukan investasi, maka kita cenderung akan memikirkan banyak hal seperti modal yang digunakan. Selain itu, kita juga akan memikirkan berulang kali apakah mengikuti investasi tersebut akan merasa rugi atau tidak.

Namun ketika kamu melakukan investasi properti, maka bisa sangat menguntungkan karena ia memiliki capital gain yang besar. Misalnya saja, hari ini kamu membeli rumah dengan harga 500 juta Rupiah. 5 tahun kemudian, kamu menjual rumah itu dan bisa mendapatkan harga hingga 1 milyar. Hal itu bisa terjadi karena mungkin saja lokasi rumah itu yang strategis atau faktor lain. Artinya, kamu bisa mendapatkan capital gain sekitar 500 juta Rupiah dan itu jumlah yang sangat lumayan besar.

Keuntungan Investasi Properti yang Belum Diketahui Banyak Orang

Termasuk Investasi Jangka Panjang

Keuntungan investasi properti lainnya adalah termasuk ke dalam investasi jangka panjang. Pada dasarnya ada dua jenis investasi yang bisa kamu lakukan, yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Investasi jangka panjang ini biasanya dipilih untuk dijadikan aset di masa depan.

Jika kamu sedang mencari investasi jangka panjang, maka kamu bisa menggunakan investasi properti. Investasi yang satu ini dinilai sebagai salah satu investasi jangka panjang. Hal itu dikarenakan perkembangan tiap tahunnya selalu meningkat dengan baik. Dengan menggeluti investasi properti, maka sama saja memberikan penghasilan pasif bagi para investor tersebut.

Lihat Juga Cara Bayar Tagihan dari Singapura

Salah satu Investasi yang dapat dilihat secara Fisik

Pastinya kamu pernah mendengar investasi seperti saham, reksadana, dan juga obligasi. Perlu diketahui bahwa Itu semua adalah investasi yang tidak bisa dilihat dan tidak ada wujudnya. Namun jika kamu memilih untuk memberikan danamu pada investasi properti, maka bisa melihat wujud fisik dari properti itu. Hebatnya, keuntungan investasi properti juga tidak sembarangan.

Oleh karena itu, banyak sekali investor yang lebih tertarik untuk menginvestasikan uangnya pada properti.  Selain lebih kelihatan dan pasti, investasi properti juga sama untungnya dengan jenis investasi seperti saham, obligasi, dan lain-lain.

Dapat Menjadi Agunan Saat Mengajukan Pinjaman

Keuntungan investasi properti selanjutnya adalah berguna juga ketika nantinya kamu sewaktu-waktu membutuhkan pinjaman. Saat kamu ingin melakukan pinjaman pada bank, maka biasanya pihak bank lebih menyukai agunan berupa properti. Hal itu dikarenakan memang lebih menjanjikan.

Dari segi legalitasnya pun juga dijamin oleh undang-undang sehingga pada segi nilai properti akan lebih meningkat sesuai dengan permintaan. Maka dari itu, untuk orang yang memiliki banyak penghasilan dan ingin lebih pasti, maka bisa menggunakan investasi properti.

Baca juga artikel lainnya di Blog Transfez

Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Pakistan Mengunakan Maskapai Penerbangan
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Vietnam Berdasarkan kecepatan Pesawat
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Bangladesh Sesuai Kota Keberangkatan dan Kecepatan Pesawat
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Belanda Tepatnya ke Amsterdam

Dapat Dijual di Masa Depan

Selanjutnya, kamu bisa dijadikan investasi properti sebagai tabungan di masa depan. Jika kamu memiliki uang lebih, maka berinvestasi pada bidang properti lebih baik daripada disimpan di bank begitu saja.

Mungkin pada awalnya memang membutuhkan modal yang banyak. Namun, ketika kamu sudah memiliki investasi di bidang properti, maka kamu bisa menjualnya di masa depan. Nantinya, kamu bisa menjadikan tabungan dan bisa berguna juga di masa depan untuk anak cucu.

Dapat Disewakan ke Orang lain

Jika kamu tidak menempati properti yang kamu punya, maka bisa menjadikannya sebagai properti sewaaan saja. Hal ini tentunya lebih berguna daripada hanya dibiarkan begitu saja. Apalagi saat rumah tidak terawat justru malah semakin menurunkan nilai jualnya.

Jika kamu menyewakan properti yang kamu miliki, maka kamu mendapatkan keuntungan, yaitu investasi jangka panjang. Hal itu dikarenakan nantinya kamu bisa menjual rumah itu dengan harga yang lebih mahal di beberapa tahun ke depan.

Selain itu, kamu juga menjalankan investasi properti jangka pendek. Sebab, setiap bulannya atau setiap tahunnya kamu akan mendapatkan uang dari para penyewa. Tentu hal ini akan sangat menguntungkan.

Dapat Digunakan Modal Pihak Lain

Jangan takut saat kamu ingin investasi properti. Sebab, banyak sekali keuntungan investasi properti yang akan bisa kamu dapatkan. Jika kamu tak memiliki cukup uang maka, kamu juga bisa menggunakan modal dari pihak lain.

Caranya adalah Kamu bisa melakukan pinjaman dari bank untuk melakukan investasi properti. Misalnya saja, kamu ingin membeli sebuah gedung dengan harga 400 juta Rupiah, maka kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak 20 sampai 30% saja dari harga tersebut. Sisanya bisa kamu terima dari bank. Nantinya, rumah yang berhasil kamu beli itu akan dijadikan jaminan untuk pihak bank.

Adanya Kontrol Sebagai Pemilik Properti

Keuntungan investasi properti yang terakhir adalah memiliki kendali yang penuh terhadap properti yang kamu miliki. Misalnya saja, kamu bisa menjual, membangun, menahan, memperbaiki, hingga menyewakan properti yang kamu miliki. Namun, jika kamu berperan sebagai investor finansial, maka kamu hanya bisa menahan, membeli, dan menjual investasi finansial itu saja.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikian beberapa keuntungan investasi properti yang belum banyak diketahui banyak orang. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat.