Inilah Cara Investasi Properti

Berbicara tentang sebuah investasi properti, mungkin kamu pernah mendengarnya sejak lama. Lalu, bagaimana dengan istilah Flipper PropertI?  Bisa dikatakan, istilah yang satu ini hampir pasti jarang didengar oleh orang awam. Namun, jika kamu sudah terjun pada bidang properti, maka istilah flipper properti bukanlah sesuatu yang baru.

Memang kebanyakan flipper properti lebih banyak dilakukan oleh agen. Maka dari itu istilah ini cukup populer pada beberapa orang yang memang fokus di bidang tersebut, Untuk mengetahui apa itu flipper properti dan seperti apa cara investasi properti ini, simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Flipper Properti

Flipper properti pada dasarnya merupakan istilah dan juga profesi pekerjaan yang memiliki arti strategi pembelian rumah bekas atau rumah second tanpa harus mengeluarkan budget untuk modal. Maka dari itu, diperlukan strategi yang tersusun rapi dan telah disiapkan oleh seorang flipper properti.

Namun, jika tertarik untuk menjadikan bisnis ini sebagai profesi, maka cobalah untuk mempelajari berbagai strateginya untuk bisa dimulai dengan baik dan siap. Jika dijabarkan, kata flipper dalam Bahasa Inggris memiliki arti membalik atau pembalik.

Di dalam industri properti, kata flip juga memiliki arti yang sama namun artinya menjadi membalikkan transaksi. Hal itu terjadi saat posisi pembeli dibalik menjadi penjual dan dilakukan dalam kurun waktu yang singkat serta tidak panjang.

Maka dari itu, orang-orang yang melakukan transaksi disebut dengan flipper properti. Sedangkan, proses transaksi yang dilakukan para flipper dikenal dengan istilah flipping house.

Ciri-Ciri Properti yang bisa Dijual Oleh Flipper House

Cara Investasi properti melalui flipper house tidak boleh sembarangan. Sebab, jika salah dalam melakukan penjualan rumah justru efeknya adalah kerugian besar. Oleh sebab itu, beberapa ciri properti yang bisa dijual oleh Flipper House adalah sebagai berikut:

Harga Beli properti di bawah pasaran

Pertama adalah pastikan harganya di bawah harga pasaran. Bisa juga, kamu menjualnya dengan harga yang tinggi dan mendapatkan keuntungan besar dalam waktu cepat.

Untuk mengetahui harga yang berada dibawah harga pasaran, cobalah untuk mendalaminya dengan bertanya pada berbagai sumber. Mulai dari notaris di suatu lokasi tertentu atau agen penjual properti.

Inilah Cara Investasi Properti Melalui Jalur Flipper Properti

Persetujuan dari Pemilik Properti

Tentunya untuk menjual properti, seorang flipper house juga harus memiliki persetujuan dari pemiliknya. Tujuannya memang ingin rumahnya diperjualbelikan kepada orang lain. Biasanya, ada jaminan seperti pembayaran harus bisa dilunaskan berdasarkan kesepakatan batas waktu.

Intinya, pemilik hanya ingin propertinya bisa dilunasi dengan baik tanpa harus perlu tahu siapa yang akan melunasi pembayaran atas penjualan propertinya tersebut. Umumnya, pembayaran juga dapat dilakukan dengan hard cash dan bukan cicilan. Jika berhasil, maka cara investasi properti seperti ini bisa memberikan keuntungan lebih.

Lihat Juga Cara Bayar Tagihan dari Singapura

Cara investasi Properti Melalui Flipper Properti

Setelah mengetahui pengertian dan ciri-ciri menjadi flipper properti, maka sekarang kita akan bahas seperti apa cara investasi properti melalui flipper. Untuk penjelasannya, maka simak di bawah ini.

Sering Lakukan Listing

Cara investasi properti yang pertama oleh flipper adalah sering membuat listing berbagai properti. list properti atau bisa juga disebut daftar properti yang bisa menjadi objek transaksi.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa daftar properti yang masuk kandidat harus cocok dan laku di pasar properti. Untuk itu, kamu harus temukan dan lakukan banyak survey berbagai properti di lokasi tertentu. Dengan begitu, data properti yang layak dijual bisa cepat ditemukan.

Baca juga artikel lainnya di Blog Transfez

Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Pakistan Mengunakan Maskapai Penerbangan
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Vietnam Berdasarkan kecepatan Pesawat
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Bangladesh Sesuai Kota Keberangkatan dan Kecepatan Pesawat
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Belanda Tepatnya ke Amsterdam

Manfaatkanlah Platform Penjualan Online

Untunglah kita sudah berada di zaman serba digital. Dengan begitu, kita bisa memanfaatkan platform penjualan online sebagai cara investasi properti melalui jalur Flipper. Cobalah untuk menjualnya melalui berbagai platform atau situs penjualan properti online.

Kamu juga bisa menggunakan media sosial untuk menawarkan berbagai properti. Pastikan juga untuk memberikan berbagai penawaran diskon yang menarik pada calon konsumen. Contohnya seperti adanya doorprize, diskon pembayaran atau uang muka alias DP yang kecil, dan juga sebagainya.

Tingkatkan Skill Negosiasi

Jika properti dibeli lebih murah dari harga yang dijual di pasaran, tentunya mendapatkan keuntungan yang cukup dari selisih harga penjualannya. Tapi, jika masih harus melakukan renovasi untuk properti yang dibeli, maka strategi lain penting dilakukan agar tidak rugi. Salah satunya adalah meningkatkan skill negosiasi.

Salah satu cara investasi properti melalui jalur flipper adalah penjual harus pintar bernegosiasi dengan calon pembeli. Tingkatkanlah skill negosiasi agar memiliki kemampuan yang semakin hebat dalam tawar-menawar.

Agar semakin menarik calon pembeli, kamu bisa coba menawarkan pilihan pembayaran yaitu KPR alias cicilan atau dengan hard cash. Umumnya, pembeli yang keberatan dengan hard cash lebih setuju dengan cicilan. Tentunya, dengan adanya kedua opsi tersebut, pembeli menjadi lebih tertarik untuk membelinya.

Siapkan biaya untuk Pembelian Materai

Dalam transaksi jual-beli rumah atau properti lainnya, tentunya dibutuhkan dokumen yang memiliki legalitas resmi sebagai bentuk bukti di atas kertas. Setiap dokumen tentu diperlukan materai agar memiliki kekuatan hukum yang sah.

Maka dari itu, siapkanlah anggaran tersendiri untuk biaya pembelian materai. Selain itu, biasanya modal digunakan juga untuk membiayai pembelian materai, pembuatan surat-surat perjanjian notaris, dan sebagainya.

Persiapkan Modal untuk Uang Muka

Selain biaya materai, cara investasi properti lainnya yang harus disiapkan adalah sejumlah uang muka. Tujuannya untuk dijadikan modal sebagai seorang flipper properti. Modal ini nantinya digunakan untuk membayarkan uang muka atau DP rumah dengan nominal yang berbeda pada setiap transaksinya. Untuk berapa jumlah uang mukanya sangat ditentukan kesepakatan antara kedua belah pihak.

Gunakan Surat PPJB atau Perjanjian Perikatan Jual beli

Salah satu cara investasi properti melalui flipper house adalah pemanfaatan surat PPJB atau Perjanjian Perikatan Jual Beli. Surat yang merupakan notarial akta ini dapat dibuat di bawah tangan. Beberapa isi dari surat PPJB di antaranya objek, subjek, hingga pasal kesepakatan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikian cara investasi properti melalui jalur flipper properti. Semoga informasi ini bermanfaat.

Instagram