Metode Pembayaran Cashless Dengan Memanfaatkan Teknologi Digital Canggih

Metode pembayaran cashless memang menjadi salah satu modal pembayaran yang saat ini sudah menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia. Diera digital ini perkembangan teknologi semakin maju dan canggih sehingga dalam melakukan proses pembayaran pun bisa membatasi kontak secara fisik dengan orang lain.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Adanya sistem pembayaran non tunai dibilang lebih aman dibandingkan menggunakan metode pembayaran secara konvensional karena bisa membantu untuk sistem pembayaran yang lebih praktis. Adanya metode pembayaran sistem cashless ini sangat efisien karena tidak perlu menyediakan uang tunai saat transaksi pembayaran.

Metode Pembayaran Cashless Dengan Memanfaatkan Teknologi Digital Canggih

1. Metode Pembayaran Cashless

Seiring berjalannya waktu dengan kehadiran metode pembayaran sistem cashless ini hadir dengan berbagai macam jenis yang memberikan keuntungan bagi penggunanya. Berikut ini beberapa pilihan metode pembayaran yang menggunakan sistem cashless yang dapat kamu gunakan sebagai pembayaran non tunai yang cukup populer di Indonesia:

1. Kartu kredit

Kartu kredit merupakan salah satu metode pembayaran yang menggunakan sistem cashless dan untuk pembayaran yang dilakukan sifatnya adalah kredit. Dengan artuan bahwasanya dari pihak bank ini akan mengeluarkan kartu kredit yang nantinya bisa menanggung pembayaran terlebih dahulu.

Setelah itu kamu juga harus melakukan pembayaran tagihan setiap bulan yang telah dikenakan penambahan bunga sesuai dengan ketentuan dari bank yang kamu gunakan. Akan tetapi untuk penggunaan kartu kredit sendiri hanya dapat dimiliki oleh pihak nasabah yang usianya minimal 21 tahun.

2. Kartu debit

Kartu debit menjadi metode pembayaran cashless yang sudah tidak asing lagi sebagai alat pembayaran dari layanan perbankan. Apabila kamu memiliki rekening bank tentunya akan mempunyai kartu debit yang nantinya bisa kamu gunakan dalam melakukan pembayaran dan langsung memotong saldo di dalam rekening milik kamu.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Sekarang ini dengan kehadiran kartu debit ini dapat dimanfaatkan dalam melakukan pembayaran di mana saja yang telah menyediakan mesin EDC. Pada umumnya untuk penggunaan kartu debit sudah tersedia chip sehingga pada sistem kerjanya sendiri hanya dapat menempelkan kartu ke bagian mesin dan untuk kartu debit yang belum memiliki chip maka harus menggeseknya terlebih dahulu.

3. Uang elektronik prabayar

Metode pembayaran cashless lainnya yang dapat digunakan adalah uang elektronik prabayar yang tidak jauh berbeda dengan kartu debit. Elektronik ini menjadi metode pembayaran non tunai yang sudah populer di Indonesia dan dapat digunakan oleh siapapun bahkan untuk penggunaan kartunya ini bisa membayar tarif transportasi umum.

Transaksi dengan memanfaatkan kartu dari uang elektronik cukup menempelkan pada mesin dan secara otomatis saldo yang dimiliki akan berkurang. Untuk melakukan pengecekan saldo ini juga sangat mudah karena di Smartphone kamu sudah tersedia fitur NFC yang bisa digunakan mengecek saldo dengan cara menempelkan uang elektronik ke ponsel.

4. QRIS

Salah satu metode pembayaran cashless yaitu QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standar saat ini sudah dikembangkan oleh Bank Indonesia. Dengan menggunakan metode pembayaran yang satu ini hanya dapat dilakukan dengan cara memindai kode yang dimiliki dari pihak toko tersebut.

Download Aplikasi Transfez di Googe Play Store dan App Store sekarang juga, GRATIS!

Tingginya penggunaan metode pembayaran yang satu ini dapat dimanfaatkan pada semua aplikasi pembayaran. Adanya ketersediaan metode pembayaran sistem cashless yang satu ini memberikan kemudahan tersendiri ketika ingin melakukan kegiatan transaksi.

5. Virtual account

Metode pembayaran dengan sistem cashless yang sangat populer di Indonesia salah satunya adalah virtual account atau VA sebagai akun pembayaran secara khusus. Idealnya dengan penggunaan virtual account ini merupakan perpaduan dari beberapa angka yang dibuat cukup unik untuk setiap orang yang dapat disesuaikan pada bank yang saat ini digunakan oleh pengguna.

Menggunakan metode pembayaran virtual account ini sangat cocok guna mendukung kegiatan transaksi secara online supaya dari pihak pembeli tidak melakukan kesalahan pada saat proses transfer uang. Sebab banyak diantara para pengguna yang salah memasukkan jumlah nominal pembayaran, akan tapi dengan menggunakan virtual account ini bisa meminimalisir tingkat kesalahan yang terjadi karena untuk nominalnya sendiri akan langsung muncul sesuai jumlah transaksi yang diinginkan.

6. Dompet digital

Hadirnya dompet digital ini juga menjadi metode pembayaran cashless yang sangat populer di Indonesia untuk mendukung transaksi pembayaran yang sangat mudah dan praktis. Adanya pilihan metode pembayaran dari dompet digital ini dapat kamu akses kapanpun dan di manapun menggunakan perangkat smartphone yang kamu miliki.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik

Semua kegiatan transaksi yang ingin dilakukan bisa kamu selesaikan dengan mudah hanya sekali tekan saja. Selain itu kehadiran dari dompet digital ini membuat kamu lebih mudah karena tidak harus membawa uang tunai ataupun kartu lain ketika ingin melakukan kegiatan pembayaran karena bisa menggunakan perangkat smartphone untuk membayar tanpa harus kontak fisik.

2. Manfaat Menggunakan Metode Pembayaran Sistem Cashless

Dalam menggunakan metode pembayaran sistem cashless ini ternyata sudah meningkat di kalangan masyarakat karena memberikan manfaat bagi pelakunya ataupun negara, bagi individu memberikan kenyamanan dalam proses pembayaran yang cenderung lebih praktis.

Gunakan sistem cashless tentunya kamu tidak perlu lagi repot untuk membawa sejumlah uang tunai sehingga dapat meminimalisir resiko yang nantinya terjadi sewaktu-waktu dan sistem cashless memungkinkan untuk transaksi di luar negeri tanpa membawa uang tunai.

Selain itu manfaat dalam menggunakan metode pembayaran sistem cashless juga memungkinkan bagi kamu untuk bisa melihat semua riwayat transaksi yang sebelumnya dilakukan sehingga memberikan manfaat dalam pengelolaan anggaran keuangan yang dimiliki.

Manfaat yang dirasakan dalam penggunaan sistem cashless ini tidak hanya dari segi individu akan tetapi juga mempunyai manfaat bagi negara, dikarenakan pembayaran menggunakan sistem cashless bisa membuat koleksi pajak negara terus mengalami peningkatan secara signifikan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa pilihan penggunaan metode pembayaran cashless yang saat ini sudah populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kehadiran dari metode pembayaran dengan sistem cashless memberikan keuntungan bagi pengguna karena tidak perlu membawa sejumlah uang tunai ataupun kartu lainnya.

Instagram