Tujuan Didirikannya Museum Bank Indonesia dan Program Utamanya

Museum Bank Indonesia memiliki latar belakang dengan penempatan gedung BI kota yang sebelumnya telah digunakan oleh De Javasche Bank. Gedung yang satu ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi dan bahkan dari pemerintah sudah menetapkan bangunan dari Bank Indonesia ini menjadi bangunan cagar budaya.

Gedung BI Kota masih tetap dilestarikan dan sesuai dengan kebijakan dari pemerintah DKI Jakarta yang telah mencanangkan kawasan daerah kota tua untuk menjadi daerah sejarah di Jakarta.

Dari pihak pelopor revitalisasi gedung bersejarah yang ada di kawasan kota tua ini menjadikan BI mampu menyajikan pengetahuan dengan adanya peranan dari Bank Indonesia dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia termasuk dengan latar belakang dari BI itu sendiri hingga muncul gagasan untuk dijadikan sebagai museum.

Tujuan didirikannya museum Bank Indonesia

Tujuan Didirikannya Museum Bank Indonesia dan Program Utamanya

Adanya pendirian museum yang satu ini berfungsi guna menunjang pengembangan kawasan di area kota tua yang nantinya dapat dijadikan sebagai tujuan wisata di wilayah DKI Jakarta. Dengan demikian sangat tepat jika memang gedung Bank Indonesia kota ini sudah ditetapkan menjadi bangunan cagar budaya oleh pemerintah.

Baca juga artikel tentang Bank Indonesia lainnya di Blog Transfez

Cara Mendaftar Beasiswa Bank Indonesia Dan Persyaratannya
Dasar hukum Bank Indonesia Saat Pendirian dan Peraturan Terbaru
Faktor Pengedaran Uang Bank Indonesia dan Kebijakan Terbaru
Ketentuan Syarat Uang Rupiah yang Dimusnahkan Bank Indonesia
Elicensing Bank Indonesia Menghadirkan Fasilitas Aplikasi Terbaru

Hadirnya gedung cagar budaya menjadikannya sebagai museum yang dapat dijadikan tempat wisata. Berikut inilah beberapa tujuan dengan mendirikan dan memelihara BI Kota:

1. Sarana komunikasi kebijakan bank Indonesia

Kehadiran dari museum yang satu ini memiliki fungsi utama dalam memberikan sosialisasi untuk berbagai macam kebijakan yang pada saat itu dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Dengan demikian semua masyarakat bisa mengetahui informasi dengan mudah dan bisa memahami kebijakan dari Bank Indonesia yang terkini.

2. Tempat pengumpulan, penyimpanan dan perawatan benda bersejarah BI

Di dalam museum Bank Indonesia ini terdapat berbagai macam bentuk benda numismatik ataupun dokumen yang memiliki nilai sejarah cukup tinggi. Semua benda yang ada di dalamnya merupakan bentuk perjalanan dari bank sentral Indonesia yang akan dilakukan pengelolaan dan nantinya disajikan secara lengkap dan runtut.

Dengan demikian adanya semua benda numismatik tersebut akan lebih mudah dipahami oleh berbagai kalangan masyarakat yang ingin berkunjung. Sehingga semua benda menjadi saksi bisu atas perjalanan yang pernah dilalui hingga menjadi bangunan cagar budaya seperti sekarang.

3. Sarana rekreasi literasi yang sangat menghibur

Adanya museum Bank Indonesia juga memiliki tujuan lain sebagai sarana edukasi yang nantinya mampu menghibur kalangan masyarakat yang datang ke museum tersebut. Selain itu dengan kehadiran dari museum sudah menyediakan fasilitas pengetahuan terkait ke bank sentralan yang menggunakan basis teknologi terkini.

Download Aplikasi Transfez di Googe Play Store dan App Store sekarang juga, GRATIS!

Program utama yang ditawarkan:

Jenis Kurs Bank Indonesia dan Daftar Kurs Pada Tahun 2022

1. Jelajah museum

Program yang dijalankan di museum Bank Indonesia ditujukan untuk semua pengunjung rombongan yang menginginkan adanya tambahan wawasan serta pemahaman terkait peranan, fungsi hingga kebijakan yang dihadirkan oleh Bank Indonesia. Selain itu dengan melakukan jelajah museum maka akan mengetahui informasi dari koleksi numismatik hingga arsitektur pada gedung.

Sementara itu untuk bisa melakukan jelajah museum di Bank Indonesia ini maka harus melakukan pengajuan surat permohonan kunjungan. Untuk pengiriman surat permohonan bisa dikirimkan melalui email ke museum BI.

2. Pameran temporer

Program utama yang juga dijalankan di museum BI salah satunya adalah pameran temporer. Pameran yang satu ini akan diselenggarakan secara temporer yang nantinya akan mengusung dengan berbagai macam tema seperti halnya seni, budaya, numismatik serta industri kreatif yang mampu memberikan daya tarik tersendiri terhadap kalangan masyarakat khususnya di kawasan DKI Jakarta.

3. Seminar

Di museumnya yang satu ini juga menjalankan seminar sebagai program utama untuk tetap melestarikan dan menjaga keberadaan museum. Ada forum ini biasanya akan diselenggarakan guna membahas atau mendiskusikan adanya topik tertentu yang berhubungan dengan berbagai macam isu terkait sejarah, ekonomi, budaya, seni dan heritage.

4. Kegiatan interaktif dan edukasi tematik

Di museum Bank Indonesia juga memiliki program utama yang sering dijalankan seperti halnya kegiatan interaktif dan edukasi tematik. Pada jenis program kegiatan edukasi biasanya akan dilakukan secara rutin untuk memperingati hari-hari besar yang ada di Indonesia seperti halnya HUT RI, hari ibu dan hari pahlawan.

Sementara itu untuk kegiatannya ini biasanya akan diisi dengan beberapa aktivitas seperti seminar, pertunjukan, workshop, kuis hingga perlombaan. Dengan demikian bisa dipastikan ketika berkunjung ke museum BI tidak akan pernah sepi karena banyak program utama yang sering dijalankannya.

Museum BI goes to school

Selain itu museum yang satu ini juga memiliki kegiatan edukasi meliputi pertunjukan, pameran serta games yang nantinya akan dilaksanakan di berbagai sekolah ataupun perguruan tinggi yang sudah dipilih di berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Dengan begitu bisa mengenalkan keberadaan dari museum BI dalam lingkup nasional.

Fasilitas museum

Adanya museum BI ini pertama kalinya dibuka untuk kalangan masyarakat umum sejak tanggal 15 Desember 2006 oleh gubernur Bank Indonesia yaitu Burhanuddin Abdullah. Setelah itu museum diresmikan oleh presiden republik Indonesia yaitu Susilo Bambang Yudhoyono tanggal 19 Juli 2009 yang juga menambahkan serta menyempurnakan tata pamer hingga penerapan teknologi multimedia yang interaktif.

Adapun untuk beberapa fasilitas museum yang sudah disediakan guna menunjang kegiatan para kalangan masyarakat yang datang sebagai berikut:

– Ruang auditorium untuk pengunjung rombongan ataupun komunitas yang lenggarakan kegiatan seminar atau yang sejenisnya
– Ruang serbaguna di lantai dasar untuk menjalankan event seperti halnya bazar, workshop, ramah tamah, diskusi dan yang lainnya
– Tata pamer temporer dengan adanya berbagai macam pameran tematik serta bazar untuk periode waktu tertentu
– Masjid sebagai fasilitas bagi pengunjung yang ingin beribadah dan sudah dilengkapi dengan penyejuk ruangan selepas ataupun sebelum jelajah
– Area parkir yang cukup luas untuk menempatkan kendaraan ketika ingin masuk ke area museum.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store Β  350px appstore

Demikianlah uraian seputar museum Bank Indonesia yang memiliki peranan tersendiri di dalam sejarah perjalanannya. Pengelolaan museum ini dilakukan dengan sangat baik dan difungsikan sesuai dengan tujuannya.

Instagram