Tips Traveling ke Malaysia

Artikel ini membahas tentang tips traveling ke Malaysia untuk kamu yang penasaran dengan negara tetangga kita. Ada banyak kesamaan yang bisa kita temukan di sana lho!

Malaysia merupakan salah satu negara yang menjadi tempat favorit bagi orang Indonesia untuk datang berkunjung. Penerbangan ke Malaysia banyak sekali menawarkan tiket murah, yang menjadi salah satu faktor orang Indonesia berwisata ke negara yang terkenal dengan ikon menara kembar petronas.

Tips Traveling ke Malaysia
Pixabay/ArtTower

Untuk melakukan kunjungan ke negara tersebut, kamu harus memiliki persiapan yang matang agar kegiatan di sana sesuai dengan ekspektasi. Berikut 10 tips liburan ke Malaysia yang wajib kamu catat agar perjalanan dan liburan kamu bersama teman atau keluarga menjadi semakin berkesan.

1. Menyiapkan paspor dan dokumen penting lainnya

Tips Traveling ke Malaysia
Pixabay/Pamjpat

Tips traveling ke Malaysia yang pertama, dokumen penting yang wajib kamu miliki sebagai bukti identitas diri saat melakukan perjalanan ke luar negeri termasuk Malaysia adalah paspor. Kamu cukup membawa paspor saja sebagai pemegang paspor WNI dan tidak perlu mengurus visa.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang
Cara Kirim Uang ke India
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Kamu tidak akan mendapatkan kartu imigrasi saat tiba di Kuala Lumpur. Namun, kamu pergi ke imigrasi untuk mendapatkan stempel.

2. Mengenali negara tujuan terlebih dahulu

Tips Traveling ke Malaysia
Pixabay/KuyaAndy

Tips traveling ke Malaysia yang kedua, Indonesia dan Malaysia tentu saja merupakan dua negara yang berbeda. Sebaiknya, kamu mengenali terlebih dahulu situasi Malaysia seperti apa sebelum memutuskan untuk pergi berlibur ke sana.

Cari tahu informasi lebih banyak melalui internet ataupun orang-orang terdekat yang sudah pernah pergi ke Malaysia, agar perjalanan kamu menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

3. Memesan tiket pesawat dan penginapan jauh hari

Tips Traveling ke Malaysia
Pixabay/chrisisapilot

Tips traveling ke Malaysia yang ketiga, hal penting yang tidak boleh tertinggal adalah mempersiapkan tiket pesawat dan penginapan untuk keberangkatan ke Malaysia. Kamu akan lebih leluasa dalam memilih maskapai penerbangan dan hotel yang disukai, apabila kamu melakukan persiapan yang matang dari jauh-jauh hari.

Terlebih bila terdapat promo yang menarik dan memberikan sensasi tersendiri bagi kamu terutama untuk menghemat budget.

4. Makanan dan minuman halal, tidak perlu khawatir

Tips Traveling ke Malaysia
Pixabay/E3L5

Tips traveling ke Malaysia yang ke-4, saat berkunjung ke Malaysia tentu saja bukan hal yang mengawatirkan mengenai makanan dan minuman bagi kamu yang beragama muslim. Hal ini karena Malaysia merupakan negara dengan penduduk yang mayoritas beragama umat islam.

Makanan dan minuman halal mudah ditemukan dan banyak dijual dengan harga yang terjangkau.

5. Mengenali moda transportasi umum yang terdapat di Kuala Lumpur

Tips Traveling ke Malaysia
Unsplash/Ardy Alfred

Tips traveling ke Malaysia yang ke-5, terdapat berbagai jenis kereta dari MRT, monorel, KTM, komuter hingga LRT yang tersedia di Kuala Lumpur. Sehingga, membuat para wisatawan menjadi sangat mudah untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di Kuala Lumpur dengan transportasi umum.

Kamu hanya perlu memastikan rute transportasi yang digunakan dan untuk zaman sekarang persoalan, seperti itu merupakan hal yang mudah dan gampang selama masih ada internet semua bisa dicari menggunakan google maps.

6. Membawa colokan listrik dari Indonesia

Tips Traveling ke Malaysia
Unsplash/Mike Winkler

Tips traveling ke Malaysia yang ke-6, Malaysia biasanya menggunakan stop kontak kaki 3 yang berbeda dengan Indonesia, yang hanya menggunakan stop kontak kaki dua. Maka untuk menyiapkan converter supaya dapat mengisi ulang baterai gadget kamu perlu membawa dan mempersiapkan colokan listrik sendiri.

7. Membuat rencana perjalanan yang tepat

Tips traveling ke Malaysia yang ke-7, itinerary wajib kamu siapkan agar tidak minum selama berlibur di Malaysia. Biasanya parawisata Malaysia akan menghabiskan waktu sekitar 3 sampai dengan 4 hari.

Untuk memanfaatkan waktu tersebut sebaiknya kamu merencanakan segala sesuatu dengan matang. Kamu bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai tempat wisata dan kota bersejarah yang bisa kamu tulis di dalam daftar yang akan kamu kunjungi agar liburan menjadi lebih puas.

8. Menyiapkan uang Malaysia

Tips Traveling ke Malaysia
Pixabay/PDPics

Tips traveling ke Malaysia yang ke-8, saat melakukan perjalanan ke Malaysia, sebaiknya sebelum berangkat kamu telah mempersiapkan uang Malaysia untuk mempermudah transaksi selama berlibur di sana. Mata uang Malaysia adalah ringgit Malaysia dengan kurs ringgit kepada Rupiah Indonesia sebesar MYR 1 = IDR 3,409.

9. Membawa identitas diri

Tips Traveling ke Malaysia
Unsplash/Van Tay Media

Tips traveling ke Malaysia yang ke-9, saat melakukan perjalanan ke mana saja, kamu pergi sebaiknya selalu membawa dokumen perjalanan atau identitas diri. Sebab, kita tidak dapat menduga apa yang akan terjadi di perjalanan yang kita lalui seperti adanya razia atau tidak.

Banyak pendatang asing yang berkunjung ke Malaysia, bahkan juga banyak wisatawan yang ilegal. Maka, aparat Malaysia rela untuk melakukan razia di beberapa lokasi yang berbeda-beda.

10. Berangkat ke Malaysia di waktu yang tepat

Tips Traveling ke Malaysia
Unsplash/Kyrie kim

Tips traveling ke Malaysia yang ke-10, saat kamu pergi di waktu tertentu mungkin kamu akan mendapatkan penerbangan dan hotel yang murah, yaitu pada bulan November hingga Maret. Karena KualaLumpur akan memasuki musim hujan dan para wisatawan yang berkunjung ke sana berkurang dan berdampak pada harga tiket pesawat dan hotel menjadi lebih murah.

11. Memilih Penginapan yang Bersahabat

Tips Traveling ke Malaysia
Unsplash/Alen Rojnic

Tips traveling ke Malaysia yang ke-11, untuk meminimalisir pengeluaran, kamu bisa memiliih penginapan murah dan nyaman. Mulai dari hostel, guest house, hingga dormitory dapat menjadi pilihan terbaik selama di Malaysia.

Baca Juga Tips Traveling dari Transfez Lainnya

Tips Traveling Ke Jerman
Tips Traveling Ke Australia
Tips Traveling Ke Belanda
Tips Traveling Ke Prancis
Tips Traveling Ke Spanyol
Tips Traveling Ke Turki
Tips Traveling Ke Inggris/UK

Dari ketiga tempat tersebut, kami merekomendasikan dormitory, karena selain terjangkau kamu bisa menikmati waktu istirahat dengan aman dan nyaman. Hanya dengan membayar kurang dari Rp200.000 kamu sudah dapat menginap di dormitory tengah kota yang memiliki fasilitas cukup lengkap, seperti loker, kamar mandi dan breakfast.

12. Membawa Makanan Instan

Tips Traveling ke Malaysia
Unsplash/sq lim

Tips traveling ke Malaysia yang ke-12, jika liburan lebih dari 3 hari, maka hemat pengeluaran makan diluar dengan membawa makanan instan seperti mie, bubur atau sereal. Kamu dapat membawa jenis makanan instan dari Indonesia atau bahkan memboyong rice cooker untuk membuat nasi di penginapan.

Memang cukup merepotkan tapi cara ini dapat menghemat saku kamu, tetap pada pendirian low cost high fun untuk liburan ala backpacker ke Malaysia.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

13. Perhatikan toilet di Malaysia

Tips traveling ke Malaysia yang ke-13, sebelum menggunakan toilet, ada bainya kamu membersihkan dan menyiramnya terlebih dahulu sebelum memakainya. Paling tidak memastikan tidak adanya partikel partikel yang berasal dari lubang buaya berceceran di closet.

Jangan kawatir mengenai toilet, di Malaysia karena hampir semuanya memakai jet wash, yang artinya adalah toilet basah. Setidaknya gak perlu susah payah cebok pakai tisu seperti jenis toilet yang ada di Singapura.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Penutup

Malaysia juga memiliki banyak objek wisata yang ditawarkan dengan gratis, seperti museum, monumen dan pantai. Mungkin untuk kamu yang menyesuaikan pengeluaran dengan budget maka pergi ke objek wisata yang gratis merupakan pilihan yang paling tepat.

Instagram