traveling ke jerman ke pusat kota

Jerman adalah negara dengan tingkat kriminalitas yang cenderung rendah dan memiliki standar  kesejahteraan tinggi, sehingga tidak salah apabila menjadi destinasi idaman bagi para turis di seluruh dunia. Saat traveling ke Jerman, Anda dapat menemukan banyak hal seperti bangunan bersejarah, budaya masyarakat hingga keindahan alam.

Tips Traveling Ke Jerman

Sejak menjadi primadona dan dikunjungi oleh jutaan turis setiap tahunnya, pemerintah Jerman terus berbenah untuk memperbaiki fasilitas pariwisata. Meskipun nyaman dan memiliki penduduknya ramah, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar liburan Anda semakin menyenangkan.

1. Bawalah Barang dan Baju Seperlunya Saja

Setelah sampai di Jerman, Anda tentu harus turun naik tangga stasiun untuk berganti kereta agar bisa sampai ke kota tujuan. Tidak semua stasiun mempunyai lift atau eskalator, sehingga apabila Anda membawa banyak barang pastikan Anda memiliki waktu ekstra.

Saat di Jerman, jangan lupa Anda selalu membawa semua berkas penting kemanapun. Anda  bisa scan berkas-berkas tersebut dan kemudian disimpan di ponsel untuk berjaga-jaga kalau ada yang hilang.

2. Gunakan Jaket Tebal Anti Air dan Sepatu Tahan Air

Saat Anda traveling ke Jerman di bulan Oktober sampai Maret, siapkan jaket tebal karena saat itu di Jerman sedang sering bersalju hujan dan angin. Terkadang saking beranginnya, sampai tidak bisa menggunakan bahkan cuaca sangat dingin hingga bulan Mei.

Saat berjalan-jalan di Jerman, pastikan pula Anda membawa sepatu tahan air yang nyaman. Saat Anda berkunjung di bulan November jalanan akan cenderung licin dan basah, sehingga apabila memakai sepatu kanvas untuk akan membuat liburan Anda berpotensi kacau.

Baca Juga Artikel Luar Negeri Lainnya:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

3. Siapkan Makanan Kaleng dan Instan

Memasak memang terkadang menyita banyak waktu, sehingga saat berlibur di Jerman pastikan Anda memiliki stok makanan instan agar tidak kelaparan saat dalam keadaan darurat. Walaupun ada banyak yang menjual makanan instan dan kaleng, namun masih tetap lebih murah apabila memasaknya sendiri.

4. Siapkan Lotion Anti Nyamuk

Saat Anda berlibur musim panas ke Jerman, jangan lupa untuk membawa lotion anti nyamuk. Walaupun lotion anti nyamuk di Jerman ada yang jual di toko-toko, harganya cukup bikin meringis.

Karena satu botol lotion anti nyamuk dihargai 4 Euro, dan tentunya akan lebih murah apabila membawa sendiri dari Indonesia

lihat patung pas traveling ke jerman
Photo by Patrick Schiele on Unsplash

5. Siapkan Obat-obatan

Saat traveling ke Jerman, sebaiknya Anda juga membawa obat-obat yang Anda butuhkan, seperti minyak kayu putih, balsem, koyo dan sebagainya. Jika membeli obat di Jerman, tentu saja akan menjadi lebih repot karena beberapa obat tidak tercover oleh asuransi dan harus membayar.

6. Selalu Patuhi Aturan

Saat traveling ke Jerman, pastikan Anda untuk selalu mematuhi aturan yang ada bahkan pada peraturan sepele, seperti tidak bersepeda di area pejalan kaki atau menyeberang bukan di traffic light. Apabila Anda melanggar aturan di sana, jangan heran apabila ada yang meneriaki bahkan memaki-maki Anda.

Jika terjadi seperti itu tentu saja mental bisa menjadi down dan hiburan Anda tidak menyenangkan bukan? Maka, sebisa mungkin untuk terus menaati aturan dimanapun dan apabila tidak yakin Anda bisa bertanya kepada orang sekitar.

7. Selalu Pelankan Suara

Dimanapun Anda berada, pastikan jangan membuat kebisingan dan teriak-teriak, terutama di area umum seperti kendaraan umum dan koridor. Entah itu Anda sedang berbicara dengan seseorang melalui telepon atau berbicara langsung kepada orang lain.

8. Bawalah Tas Ekstra

Apabila Anda berbelanja di supermarket yang ada di Jerman, Anda tidak akan mendapatkan kantong plastik. Maka, sebaiknya selalu membawakan ekstra agar bisa membawa belanjaan Anda.

Apabila lupa membawa tas belanja,Anda bisa menggunakan kardus kemasan yang sudah kosong dari supermarket tersebut. Jika ragu boleh tanyakan apakah Anda bisa menggunakan kardus tersebut ke pegawai supermarket.

9. Hindari Berbelanja di Hari Sabtu

Hari libur di Jerman berbeda dengan Indonesia, sabtu merupakan hari libur di sana sehingga semua pertokoan dan perkantoran biasanya akan tutup. Jadi, jangan berharap Anda bisa berbelanja sambil malam mingguan.

Di Jerman, hari Sabtu dikenal sebagai hari tenang. Sehingga, masyarakat sebisa mungkin tidak membuat kegaduhan, seperti menyalakan musik keras atau melakukan renovasi.

10. Jangan Membuang Botol Bekas Minuman Sembarangan

Saat Anda berbelanja minuman di resto, baik menggunakan botol ataupun hal lain maka Anda akan dikenakan biaya lebih mahal sekitar 25 sen. Aturan ini ditetapkan agar para pembeli maupun pengunjung tidak membuang total secara sembarangan.

Biasanya, setiap restoran akan menerima penukaran botol bekas. Anda akan dikenakan denda dan dianggap sebagai pelanggaran hukum bila meninggalkan botol di meja restoran atau taman.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Bulgaria
Cara Kirim Uang ke Belgia
Cara Kirim Uang ke Austria
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Thailand
Cara Kirim Uang ke Jepang

11. Hindari Traveling ke Jerman di Bulan September

Tidak lengkap rasanya traveling ke Jerman tanpa menyempatkan diri berkunjung ke Berlin, Ibu Kota Jerman. Sebelumnya, pastikan Anda memilih tanggal yang tepat.

Kalau memang mau liburan di Berlin dengan hemat, sebaiknya jangan pergi saat September, karena pada pertengahan September, ada acara tahunan bernama Berlin Marathon. Saat acara berlangsung, berbagai penginapan biasanya akan penuh dan harga-harga mengalami kenaikan.

Nonton bola pas traveling ke jerman
Photo by Saurav Rastogi on Unsplash

12. Belajar Bahasa Jerman Dasar

Sebelum pulang ke Indonesia, sempatkan untuk membeli oleh-oleh selama traveling ke Jerman. Agar lebih murah, Anda bisa mendatangi berbagai pasar. Contohnya: Flohschanze Flea and Antique di Hamburg, Auer Dult dan Viktualinenmarkt di Munich, serta Mauerpark Flea Market di Berlin.

Nah, terkadang ada pedagang yang memperbolehkan Anda untuk menawar barang dagangan mereka. Proses tawar-menawar ini tentu akan lebih lancar kalau Anda bisa berbicara Bahasa Jerman walaupun sedikit.

13. Selalu Waspada

Walaupun di Jerman enggak banyak pencopet tapi ada baiknya Anda harus selalu mewaspadai hal ‐ hal yang kadang bisa membuat diri terlena. Misalnya, meletakkan handphone di meja, tak memerhatikan tas dan dompet, dan melamun saat sedang berbicara.

Demikian 13 tips traveling ke Jerman yang harus Anda perhatikan sebelum keberangkatan dan menikmati liburan Anda di sana. Selama traveling ke Jerman, sebaiknya Anda juga menghindari perbincangan mengenai perang atau nazi serta jangan menyanyikannya pertama dan lagu kebangsaan mereka.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram