Cara Menerima Uang dari Luar Negeri Melalui Bank BNI

Kamu mungkin memiliki keluarga atau kerabat yang bekerja di luar negeri dan mereka sesekali sering mengirim uang ke Indonesia. Mungkin karena pertama kali banyak diantaranya yang bilang bagaimana cara menerima Transfer uang dari luar negeri.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Kali ini, akan dibahas mengenai bagaimana cara menerima uang dari luar negeri bagi kamu yang berada di Indonesia melalui Bank Negara Indonesia (BNI). Simak tulisan di bawah ini untuk penjelasan lebih detail dan lengkap.

Cara Menerima Uang dari Luar Negeri Melalui Bank BNI
Unsplash/Setyaki Irham

Data yang harus dipersiapkan atau diberikan

Jika kamu ingin menerima uang yang dari luar negeri, maka harus menyiapkan beberapa data yang memang harus dipersiapkan dan kemudian diberikan kepada keluarga teman atau kerabat yang ada di luar negeri. Secara umum, untuk beberapa jenis dan pilihan bank yang dibutuhkan tidak beda jauh, tapi setidaknya ada beberapa data umum yang sering diperlukan yaitu:

1. Nama lengkap
2. Nama bank
3. Nomor rekening
4. Kode swift; diisi dengan kode bank yang rekening kamu miliki.
5. Alamat kantor cabang
6. Nama kantor cabang; biasanya diisi dengan dimana kamu membuat rekening bank tersebut.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

Menerima Transfer Uang dari Luar Negeri ke Bank BNI Melalui Smart Remittance

BNI Smart Remittance memberikan pelayanan untuk mengirim uang dalam dan luar negeri menggunakan valas atau Outgoing Transfer, maupun dari luar negeri ke dalam negeri Incoming Transfer. Layanan kiriman uang BNI juga didukung jaringan internasional yang luas melalui 6 kantor cabang di luar negeri, yaitu Singapura, Hongkong, Tokyo, Seoul, London dan New York.

1. Incoming Transfer (ITR)

Manfaat:

• ITR BNI Account: untuk pengiriman uang dari luar negeri yang ditujukan ke rekening BNI
• ITR non-BNI Account: untuk kiriman uang dari luar negeri yang ditujukan ke rekening bank domestik Indonesia selain BNI
• BNI Wesel PIN: untuk kiriman uang dari luar negeri yang dapat diambil secara tunai di outlet BNI, kantor pos, Alfamart, penggadaian agen 46 dan agen pembayaran BNI Wesel PIN lainnya .
• BNI mobile remittance BNImore: inovasi digital \untuk memudahkan kiriman uang dari singapura ke Indonesia yang diakses melalui ponsel dimana saja dan kapan saja.
• Kiriman uang dari luar negeri lebih cepat mudah dan aman
• Tarif kompetitif
Persyaratan
• Pengirim dapat datang ke agen BNI di luar negeri dengan menyerahkan uang kiriman dan identitas serta formulir kiriman uang atau melalui aplikasi digital koresponden.
• Bawa nomor pin dan kartu identitas berupa KTP atau SIM bagi penerima kiriman uang yang mengambil uang di cabang BNI melalui layanan BNI Wesel PIN.
• Untuk mengambil kiriman uang yang diterima dalam rekening tabungan BNI dapat dilakukan melalui atm BNI atlet BNI ataupun agen 46.

2. Outgoing Transfer (OTR)

Keunggulan:

• Multi currencies: merupakan layanan pengiriman uang yang dapat diterima dalam 125 jenis mata uang lokal di berbagai negara.
• Memiliki produk layanan yuan remittance won remittance serta ringgit remittance yang memudahkan kiriman uang ke negara china korea selatan dan malaysia.
• Terdapat produk OTR Local Currency Settlement (LCS), yang merupakan layanan kiriman uang yang dapat dikirim dan diterima dalam mata uang malaysia ringgit dan thailand baht
• Memiliki feature OTR mobile, yang dapat dilakukan melalui BNI mobile banking personal
• Tarif kompetitif
• Cepat kiriman dapat diterima pada hari yang sama sesuai dengan ketentuan yang berlaku

Outgoing Transfer Mobile Banking Personal

Keunggulan:

• Nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang BNI sehingga lebih efisiensi waktu.
• Proses transaksi dapat dilakukan lebih cepat
• Tarif yang digunakan kompetitif

Cara melakukan Transfer valas melalui BNI mobile banking

1. Buka aplikasi BNI mobile banking dan kemudian kamu akan masuk ke halaman menu utama
2. Pilih Transfer
3. Pilih menu international remittance
4. Kemudian baca syarat dan ketentuan lalu klik lanjut
5. Pilih nomor rekening debet
6. Pilihin input baru
7. Pilih negara tujuan Transfer
8. Kemudian pilih bank tujuan
9. Lanjutnya masukkan nomor rekening tujuan
10. Masukkan nama dan alamat penerima
11. Centang simpan ke draft favorit apabila kamu ingin memasukkan nomor rekening sebagai penerima ke dalam daftar favorit.
12. Masukkan nominal yang ingin kamu Transfer
13. Pilih beban ongkos bank koresponden
14. Pilih tujuan transaksi
15. Masuk ke halaman validasi
16. Masukkan password transaksi
17. Klik lanjut dan transaksi akan selesai

Cara menerima kiriman uang dari luar negeri melalui bank BNI

Persyaratan bagi penerima yaitu:

1. Tunjukkan bukti identitas seperti kartu tanda penduduk atau paspor
2. Kemudian lengkapi formulir penerimaan uang
3. Mengetahui nama pengirim serta jumlah uang yang dikirimkan
4. Mengetahui kode Transfer yang diinformasikan dari pihak pengirim

Lama proses transfer dari luar negeri ke Bank BNI

Waktu yang dibutuhkan bila transfer uang menggunakan Wire Transfer dengan menggunakan kode Swift adalah sekitar 1 s/d 4 hari kerja uang sudah masuk ke Bank penerima. Jika uang di transfer dari Arab, rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk transfer uang dari luar negeri ke rekening BNI di Indonesia antara 3 sampai 4 hari kerja dan itu adalah waktu maksimal.

Biaya Transfer Uang dari/ke Luar Negeri

Biaya yang diperlukan untuk melakukan pengiriman uang keluar negeri biasanya beragam, untuk Bank BNI sendiri, biaya yang diperlukan sekitar Rp. 35.000 (Biaya TT Swift), USD 5 – 50 (Biaya Provisi) dan USD25 (Biaya ongkos Bank koresponden).

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Penutup

Nah, itulah tata cara mengirim dan menerima uang dari luar negeri melalui bank BNI. Waktu yang dibutuhkan untuk transfer uang menggunakan transfer dengan kode swift adalah sekitar 1 – 4 hari kerja uang akan masuk ke bank penerima.

Apabila pengirim melakukan transfer di hari libur atau di luar jam kerja bank, maka transaksi akan diproses pada hari kerja berikutnya. Maka, sebaiknya kamu melakukan pengiriman dan penerimaan uang di hari kerja.

Instagram