tips traveling ke prancis

Sebagai salah satu negara tujuan wisata favorit, Perancis dapat dikunjungi oleh 89 juta wisatawan setiap tahunnya. Tidak hanya menawarkan tempat-tempat indah, traveling ke Prancis juga dapat membuat kita bertemu dengan berbagai kebudayaan dan sejarah menarik yang berkaitan dengan Prancis.

Untuk Anda yang baru pertama kali ingin traveling ke Perancis, ada banyak hal yang mungkin menjadi kekhawatiran seperti menginap dimana dan bagaimana jika tidak bisa berbahasa Perancis. Nah, berikut beberapa tips yang sebaiknya Anda ketahui sebelum menginjakkan kaki ke negara yang berada benua Eropa tersebut.

Lakukan Riset Kecil Tentang Perancis

Sebelum berlibur ke Perancis, sebaiknya Anda melakukan riset kecil mengenai cara menggunakan transportasi umum, seperti bandara, stasiun kereta api, metro untuk ke tempat penginapan. Ini perlu Anda lakukan agar tidak kebingungan atau nyasar yang mungkin akan membuat Anda buntung di hari pertama.

Persiapkan Visa

Visa adalah dokumen penting yang wajib Anda siapkan sebelum hari keberangkatan. Jenis-jenis visa ada berbagai macam dan bergantung pada kebutuhan dan tujuan Anda mengunjungi Perancis.

Mungkin Anda akan agak susah mendapatkan visa Perancis terutama jika Anda sama sekali tidak tahu caranya.. Anda harus rajin mengupdate tentang visa, agar mengetahui kondisi dan menghindari hal yang tidak diinginkan, seperti visa belum terapprove.

Riset Soal Penginapan

Tempat penginapan tentu saja bergantung kebutuhan, seperti di Paris ada banyak hotel murah, namun kondisi kamarnya mungkin tidak cukup nyaman bagi sebagian orang. Ada pula kamar dengan toilet dan kamar mandi di luar dengan harga Rp1.000.000 per malam. Jika Anda ingin memiliki kondisi kamar yang nyaman dan agak murah, maka disarankan untuk menginap di luar kota Paris, contohnya La Defense.

Adaptasi

Beradaptasi merupakan suatu hal yang paling wajib untuk Anda ketahui saat berada di Perancis. Di Paris Anda tidak harus makan nasi dan mencari restoran khas Indonesia.

Berikut hal yang perlu Anda ketahui saat berada di restoran selama traveling ke Prancis:

  • Restoran selalu menyediakan roti baguette setelah memesan makanan
  • Jangan meminta butter ataupun margarin, apabila roti baguette sudah tersedia di atas meja makan. Karena di Perancis tidak menyediakan butter di atas jam sarapan.
  • Restoran tidak pernah menyediakan es batu saat Anda memesan minum, kecuali saat memesan cocktails.
  • Orang-orang Perancis selalu menikmati makanan mereka, sehingga makanlah dengan perlahan.
ingin traveling ke prancis?
Photo by Rodrigo Kugnharski on Unsplash

Baca Juga Artikel Luar Negeri Lainnya:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Kenakan Tas atau Dompet Anti Maling

Saat Anda berkeliling kota yang ada di Perancis, sebaiknya Anda menggunakan tas atau dompet anti maling. Berikut beberapa tips saat berkeliling:

  • Usahakan tas selalu dipegang atau ditaruh di depan badan
  • Jangan lengah dan selalu waspada terhadap barang bawaan
  • Waspada penuh saat ke money changer, karena saat Anda keluar dari tempat tersebut akan menjadi target pencopetan.
  • Hindari menaruh handphone di kantong celana

Hindari Membawa Uang Cash Pecahan 100 dan 500

Turis Asia sudah terkenal menjadi target pencopetan di kota Paris, apalagi turis China yang terkenal membawa banyak uang cash. Daripada menjadi target pencopetan, sebaiknya Anda menghindari untuk membawa uang pecahan 100 dan 500 Euro, karena tidak semua toko akan menerima uang pecahan tersebut. Daripada kesusahan saat berbelanja, maka bahwa saja uang Euro dengan pecahan 10 20 atau 50.

Selalu Ucapkan Bonjour

Bonjour yang merupakan sapaan ala Perancis memiliki peran yang sangat penting saat sebagai turis di sana meskipun terlihat sepele. Kata sederhana tersebut, dapat menjadi jembatan untuk berinteraksi dengan masyarakat lokal selama traveling ke Prancis.

Dengan mengucapkan satu kata sapaan tersebut, Anda dapat mendapatkan citra sopan dan ramah. Dengan begitu, warga lokal akan tahu jika Anda sedang berusaha untuk menghormati mereka.

Jangan Malu

Mungkin Anda akan mengalami kendala dalam bahasa selama traveling ke Prancis. Berada di negara yang jauh berbeda dan tak menguasai bahasanya memang dapat menjadi sebuah hambatan. Namun, jangan jadikan hal tersebut sebuah halangan untuk berkegiatan dan eksplor di negara Perancis. Anda dapat membekali diri dengan aplikasi penerjemah atau kamus yang dapat membantu Anda.

Menyewa Mobil untuk Menjelajah

Paris adalah kota utama yang sering menjadi tujuan para pelancong saat traveling ke Prancis. Paris memiliki tata kota yang unik serta cafe yang banyak ditemukan di setiap sudut kota, budaya serta bangunan bersejarahnya yang menjadikan minat para turis asing untuk terus berdatangan.

Namun, apabila Anda ingin menjelajah kota lain di Perancis, maka sebaiknya Anda menyewa mobil dengan harga sekitar USD 250 per minggu termasuk sopir yang fasih menggunakan beberapa bahasa.

Jangan Buat Keributan

Mungkin tidak hanya di Prancis saja, di semua tempat memang sebaiknya tidak boleh buat keributan agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain. Jika merasa percakapan Anda mengasyikkan, sebaiknya jaga intonasi suara. Jangan terlalu berisik dan membuat orang lain tidak nyaman. Itulah deretan aturan yang harus diketahui sebelum Anda traveling ke Prancis.

menginap selama traveling ke prancis
Photo by Nil Castellví on Unsplash

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Bulgaria
Cara Kirim Uang ke Belgia
Cara Kirim Uang ke Austria
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Thailand
Cara Kirim Uang ke Jepang

Hindari Meletakkan Hp dan Tas di Atas Meja

Bagi warga Prancis, meja makan hanya untuk meletakkan makanan. Meletakkan handphone dan tas akan dianggap tidak sopan. Jadi, sebelum kena tegur pihak restoran, sebaiknya letakan tas di kursi dan simpan semua barang di dalam tas.

Gunakan Saus dan Kecap Secukupnya

Larangan ini ditetapkan mulai 2011, tujuannya adalah mempromosikan pola hidup sehat. Karena, berdasarkan hasil survei, satu dari dua orang di Prancis, usia lebih dari 30 tahun saat ini menderita obesitas. Tetapi tenang saja, Anda masih bisa mengonsumsi saus pada saat tertentu, misalnya sedang makan kentang goreng.

Penutup

Demikian 12 tips traveling ke Prancis yang bisa membantu untuk membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Semoga tips di atas bisa membantu Anda selama traveling ke Prancis.

Dan perlu Anda ketahui bahwa sekitar 39% orang Perancis bisa menggunakan bahasa inggris, sehingga apabila Anda kesulitan untuk memulai komunikasi dengan warga lokal Anda  bisa menerapkan beberapa kata yang dapat membantu, seperti mercy sebagai ucapan terima kasih.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram