Tips Traveling Low Budget Transfez

Artikel ini akan membahas tentang tips traveling low budget yang cocok untuk kamu yang suka banget backpackeran dan dijamin bikin kantong tetap aman terkendali.

Sebagian orang akan mengundur agenda perjalanan untuk liburan,memiliki alasan karena terkendala oleh budget. Namun, sebenarnya liburan tidak selamanya mahal dan mengeluarkan biaya yang besar.

Tips Traveling Low Budget
Pixabay/Javaistan

Tips Traveling Low Budget Yang Bikin Kantong Aman

Dengan menggunakan budget yang kamu akumulasi sendiri, bahkan waktu liburan dapat berjalan dengan menyenangkan. Nah, simak beberapa tips yang dapat menolong kamu dalam mengatur liburan menjadi sangat menyenangkan dengan bugdet minimum.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

1. Melakukan survei destinasi

Tips Traveling Low Budget
Pixabay/matthiaskost

Tips traveling low budget yang pertama adalah kamu harus mengetahui terlebih dahulu mengenai lokasi wisata yang akan dikunjungi. Kamu bisa melakukannya dengan cara mencari informasi melalui sosial media atau bertanya kepada teman dan saudara yang pernah berkunjung ke lokasi tersebut.

Survei destinasi dengan cermat, dapat membantu kamu untuk menjadikan tempat yang diinginkan sesuai dengan budget traveling yang dimiliki. Sehingga, kamu tidak terlalu kesulitan dalam mengatur keuangan saat traveling.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI

2. Memesan tiket dari jauh hari

Tips Traveling Low Budget
Pixabay/JESHOOTS-com

Tips traveling low budget yang kedua, setelah melakukan survei destinasi dan lokasi yang ingin dikunjungi merupakan tempat yang tepat untuk liburan, maka langkah selanjutnya adalah memesan keperluan seperti, tiket pesawat. Jika kamu ingin menghemat dana untuk traveling dengan low budget, maka hal yang paling efektif untuk dilakukan adalah memesan tiket jauh hari.

Harga tiket sudah pasti akan jauh lebih mahal, apabila kamu memesan saat waktu sudah dekat dengan hari keberangkatan. Dengan hal ini, kamu juga dimungkinkan memiliki waktu untuk mencari tiket murah dan bisa mendapatkan potongan harga.

3. Membuat Anggaran Biaya Perjalanan

Tips traveling low budget yang ketiga, sebelum berangkat liburan, ada baiknya kamu menentukan anggaran biaya minimal yang diperlukan untuk transportasi, akomodasi dan konsumsi selama traveling. Selain itu, jangan lupa untuk melebihkan biaya perjalanan untuk berjaga-jaga.

Dengan ada rincian biaya di awal, kamu bisa menghindari biaya-biaya yang seharusnya tidak diperlukan. Sehingga, kamu tetap bisa menikmati liburan meskipun harus berhemat.

Baca Juga Artikel Luar Negeri Lainnya:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

4. Memilih penginapan yang tepat

Tips traveling low budget yang keempat, saat traveling, tentu saja kamu memerlukan penginapan atau tempat tinggal.Sebaiknya kamu mempelajari terlebih dahulu tentang penginapan di lokasi yang akan dikunjungi.

Jika sudah menelusuri perbedaan harganya, lebih baik memilih lokasi penginapan yang nyaman dan murah, bisa dengan bertanya kepada teman atau seorang saudara yang sudah pernah berpergian ke lokasi tersebut.

5. Melakukan perjalanan dan di low season

Tips Traveling Low Budget
Pexels/Quark Studio

Tips traveling low budget yang kelima, untuk merasakan perjalanan low budget, sebaiknya kamu berkunjung di saat low season, yaitu periode waktu orang paling sedikit mengunjungi lokasi wisata. Kemungkinan besar di periode tersebut harga tiket pesawat akan menjadi lebih murah.

Sehingga, kamubisa mendapatkan tiket yang jauh lebih murah dibandingkan waktu dimana banyak orang berwisata ke lokasi tersebut.

6. Memilih transportasi

Tips Traveling Low Budget Transfez
Unsplash/JESHOOTS.COM

Tips traveling low budget yang ke-6, setelah melakukan survei destinasi tiket dan penginapan, kamu juga harus memilih transportasi yang tepat di saat hari keberangkatan sesampainya kamu di lokasi wisata.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Australia
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

Alangkah lebih baik apabila kamu sudah mengerti mengenai transportasi apa yang kebanyakan wisatawan gunakan di sana.

7. Membawa barang seperlunya

Tips Traveling Low Budget
Pixabay/anncapictures

Tips traveling low budget yang ke-7, hal ini sudah menjadi hal yang umum dilakukan oleh para traveler saat berpergian ke luar negeri maupun wisata di destinasi yang ada di Indonesia. Saat kamu melakukan perjalanan mungkin dengan membawa barang seperlunya dapat menghindari kamu dari bawaan yang berlebihan saat di perjalanan pulang.

Karena sudah pasti kamu akan membawa barang bawaan baruyang dibeli sebagai oleh-oleh ataupun kebutuhan sendiri. Jika terjadi kelebihan, maka pada akhirnya kamu harus mengeluarkan dana lebih untuk membeli bagasi.

8. Makan di tempat makanan lokal

Tips Traveling Low Budget Transfez
Unsplash/Jamie Brown

Tips traveling low budget yang ke-8, saat melakukan traveling satu hal yang harus diperhatikan adalah biaya makan. Sehingga, sebaiknya kamu menghindari makan di restoran mewah karena mungkin akan dapat mengeluarkan biaya yang di luar perhitungan kamu.

Selama liburan, sebaiknya kamu sudah membatasi pengeluaran konsumsi agar tidak terjadi pengeluaran yang berlebihan dan seharusnya tidak terlalu dibutuhkan.

9. Menghindari belanja di tourist spot

Tips traveling low budget yang ke-9, untuk membatasi pengeluaran kamu semaksimal mungkin dan menahan keinginan, sebaiknya kamu tidak membeli souvenir di tourist spot. Karena sudah pasti semua yang ada di sana pada umumnya dibanderol dengan harga yangmahal, jika dibandingkan kamu membeli di tempat lain.

Kamu juga bisa pergi ke pasar-pasar tradisional yang ada di lokasi liburan, karena harga belanjaan bisa diminimalisir.

10. Membawa botol air minum

Tips Traveling Low Budget Transfez
Unsplash/Bluewater Sweden

Dalam perjalanan biasanya air minum merupakan hal yang paling sering dibutuhkan. Untuk menghemat budget sebaiknya membawa botol air minum agar kamu tidak harus membelinya.
Karena sebotol air minum di tempat wisata, memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan ditempat lain. Oleh karena itu, sebaiknya kamu membawa botol air sebagai bekal untuk menghemat pengeluaran akan air.

11. Bijak saat membeli oleh-oleh

Tips traveling low budget yang terpenting, saat melakukan perjalanan untuk traveling tentu saja biasanya kamu akan membeli oleh-oleh yang akan diberikan kepada teman atau keluarga. Sehingga, kamu harus bijak dalam berbelanja.

Ikuti Cerita Komedi Cantau Kuliah di Perancis hanya di Transfez
@transfezMulai hari ini, ikuti keseruan si Cantau kuliah di Paris, siapa tahu malah jadi terinspirasi ya kan ##fyp ##kuliahdiperancis ##ceritakomedi ##transfez♬ original sound – Transfez

Kamu juga harus menghindari memberi souvernir berlebihan, karena hal ini bisa saja membuat bawaan kamu menjadi lebih banyak. Ini bisa saja akan menyebabkan kamu kelebihan bagasi saat ingin pulang, sehingga harus membayar biaya bagasi ekstra.

12. Melakukan perjalanan di malam hari

Tips Traveling Low Budget Transfez
Pixabay/MasashiWakui

Kamu mungkin dapat hidup di dalam kendaraan ataupun transportasi saat melakukan perjalanan di malam hari. Hal ini tentu sekaligus akan menghemat biaya penginapan untuk satu malam.

Cara ini efektif dilakukan apabila diterapkan saat perjalanan jauh dan menghabiskan waktu berjam-jam ke tempat wisata yang akan dikunjungi. Sehingga, kamu dapat mengurangi pengeluaran dan pastikan bahwa semua sudah diatur secara rapi agar segala sesuatu bisa berjalan dengan baik.

13. Manfaatkan Wifi gratis

Tips traveling low budget yang terakhir, tentu saja kamu tetap membutuhkan sarana komunikasi saat di dalam perjalanan. Jika kamu traveling ke luar negeri, biasanya kamu akan membeli mobile sim card negara setempat.

Sudah pasti, harganya mahal terlebih hanya digunakan selama beberapa hari saja di sana. Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu memanfaatkan wifi gratis yang disediakan oleh tempat-tempat umum.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Penutup

Meskipun kamu menerapkan low budget pada perjalanan, namun satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah menikmati liburan dan mendapatkan pengalamannya. Jangan terlalu menghemat budget sampai keterlaluan, karena mungkin dapat menimbulkan penyesalan jika tidak dapat menyicipi sesuatu yang mungkin akan berkesan.

Instagram