Langkah Cara untuk Berobat ke Singapura pada Dokter Spesialis

Orang Indonesia masih cenderung banyak yang memilih untuk berobat ke Singapura karena dianggap memiliki pelayanan kesehatan yang sangat baik. Sebenarnya kualitas dari dokter dan rumah sakitnya tetap sama saja baik di Singapura ataupun Indonesia.

Cara hemat dan cepat dari Singapura ke Indonesia untuk beli token listrik

Akan tetapi di Indonesia kurang adanya sosialisasi mengenai dokter dan pelayanan kesehatannya. Sebab orang yang sakit tentunya ingin mendapatkan penanganan secara khusus dan bisa sembuh dengan layanan kesehatan yang memadai.

Kriteria Pasien yang akan Berobat ke Singapura

Langkah Cara untuk Berobat ke Singapura pada Dokter Spesialis

1. Mulai 7 September 2021

• MOH atau Menteri Kesehatan/Kementerian Kesehatan Singapura telah menerima adanya aplikasi bagi pasien lama yang ingin berobat
• Pasien lama merupakan pasien yang sebelumnya telah bertemu secara langsung dengan dokter yang bersangkutan menangani penyakit pasien. Bagi pasien yang hanya melakukan konsultasi melalui telekonsul maka tidak akan dianggap sebagai pasien lama
• Bagi pasien yang dulunya pernah berobat ke negara Singapura dengan dokter A dan ingin ganti ke dokter B maka dianggap sebagai pasien baru
• Kelengkapan surat sekitar 14 hari
• Surat permohonan yang telah dilakukan sebelumnya sebelum tanggal 7 September 2022 harus dilakukan pengulangan

2. Mulai 19 Oktober 2021

• MOH MOH atau Menteri Kesehatan/Kementerian Kesehatan Singapura telah menerima adanya aplikasi bagi pasien lama dan pasien baru yang ingin berobat di Singapura.

Langkah Berobat di Singapura

Dalam memutuskan berobat ke Singapura maka kamu harus mengikuti syarat dan prosedur yang telah ditetapkan oleh pemerintah Singapura. Inilah cara sederhana yang dapat kamu gunakan untuk berobat di Singapura:

1. Mempersiapkan Surat Rujukan

Sebelum memutuskan berangkat ke Singapura maka pastikan kamu telah meminta surat rujukan terlebih dahulu dari dokter yang sebelumnya telah merawat pasien yang bersangkutan. Hal ini bertujuan agar proses dalam pengobatan pada pasien bisa berjalan dengan baik karena dokter selanjutnya sudah melihat detail riwayatnya melalui surat rujukan sehingga akan ditangani dengan tepat.

Di dalam surat rujukan terdapat beberapa keterangan lengkap antara lain keterangan kondisi kesehatan terbaru, obat yang sedang digunakan, riwayat penyakitnya dan catatan kesehatan bisa memberikan informasi secara mendalam.

Pastikan membawa dokumen kesehatan berupa USG, hasil rontgen, tes darah MRI dan yang lainnya.

2. Memilih Rumah Sakit dan Dokter

Langkah pertama yang harus dilakukan yakni dengan memilih rumah sakit serta dokter spesialis yang nantinya ingin ditemui untuk berobat di Singapura nantinya. Dengan demikian harus menghubungi pihak rumah sakit mengenai kesanggupannya dalam menangani penyakit pasien dan meminta rekomendasi dokter yang tepat.

3. Mengirimkan Resume Medis

Apabila sudah memutuskan tempat untuk berobat di negara Singapura. Maka dokter yang sebelumnya telah dipilih harus melakukan pelaporan mengenai keluhan ataupun penyakit yang diderita oleh pasien harus segara dilakukan penanganan.

Dengan demikian kamu harus mengirimka resume medis sebagai pasien baru dan paspor pasien hingga paspor pendampingnya ke tim guna mendapatkan dokter spesialis untuk menangani penyakit.

Namun pastikan terlebih dahulu sebelum membeli tiket maka lihat masa berlaku paspor pasien dan pendamping masih lebih dari 6 bulan.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

4. Menunggu Keputusan

Apabila dokter spesialis yang telah dipilih ini setuju untuk penanganan pasien maka dokter pun akan mengirimkan permohonannya pada MOH atau Kementerian Kesehatan supaya pasien bisa masuk ke Singapura dengan mudah. Lalu dari pihak Depkes akan mempertimbangkan kasus penyakit yang dialami oleh pasien.

Apabila pertimbangannya ini pasian telah disetujui maka bisa berangkat berobat ke Singapura. Akan tetapi saat dokter spesialis atau MOH tidak memberikan persetujuan atas kasus penyakit pasien maka pasien tersebut tidak akan diijinkan untuk berangkat dan biasanya prosesnya ini akan memakan waktu 3 sampai 4 hari.

5. Memesan Tiket Pesawat

Jika sudah mendapatkan ijin dari MOH agar bisa berobat ke Singapura aka pasien tersebut bisa menggunakan penerbangan komersil. Sebelum keberangkatan maka pasien haruslah tes PCR dan rontgen terlebih dahulu bagian dada.

Sementara itu untuk pendamping hanya diwajibkan melakukan tes PCR sebelum keberangkatan. Maksimalnya PCR 3 hari sebelum hari keberangkatan.

6. Karantina 14 Hari

Jika ingin berobat di Singapura maka harus mematuhi peraturan yang telah ditetapkan. Setibanya di Singapura maka pasien dan pendampingnya akan di antarkan untuk tes PCR lagi kedua serta tes serologi guna menjalani perawatamn 2 x 24 jam di rumah sakit.

Pasien dan juga pendampingnya ini akan dilakukan karantina di ruangan berbeda dan saat hasilnya negatif maka akan dilanjutkan ke hari 14 di SHN Dedicated Facility yang telah disediakan oleh pemerintah.

Apabila hasilnya ternyata positif maka pasien ataupun pendamping harus menjalani perawatan terlebih dahulu dengan biaya ditanggung secara pribadi.

7. Mulai Pengobatan

Dokter yang akan menangani pasiennya jika semua masa ketentuannya telah selesai. Namun dalam hal ini tergantung dari kebijakan dokter dan kondisi pasien yang akan ditangani.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Pengiriman Uang Ke 60 Negara

Daftar Dokumen yang Dibutuhkan saat Berobat ke Singapura

Memutuskan berobat di negara Singapura maka kamu harus melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Beberapa dokumen yang nantinya akan diperlukan seperti halnya:

• Dokumen kesehatan berupa rekam medis, riwayat penyakit, hasil dari pemeriksaan, penggunaan obat saat ini, hingga riwayat alergi jika memilikinya. Dokumen yang satu ini berfungsi untuk menghubungkan pasien pada dokter spesialis yang tepat
• Dokumen perjalanan berupa paspor, tiket pesawat, dokumen asuransi apabila pengobatannya ditanggung oleh asuransi
• Pastikan bahwa paspor yang akan digunakan masih berlaku tidak kurang dari 6 bulan pada saat keberangkatan
• Menyiapkan budget untuk berobat dan juga alat pembayarannya. Hitunglah kisarannya dengan kurs Singapura dan jika ingin membayar menggunakan kartu kredit maka pastikan bank penerbitnya ini mendukung penggunaan di Singapura

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa penjabaran terkait cara untuk berobat ke Singapura agar mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter spesialis. Dengan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan maka akan jauh lebih cepat untuk ditangani.

Instagram