Strategi Pemasaran Efektif untuk dengan Memanfaatkan Media Sosial

Bagaimana strategi pemasaran efektif untuk kita yang masih awam? Mengelola bisnis dalam segi penjualan produk memang sangat penting bagi kamu mempunyai strategi pemasaran. Tidak hanya untuk memasarkan produk namun juga meningkatkan penjualan menjadi lebih banyak dari sebelumnya.

Cara menarik konsumen untuk membeli produk yang kita jual memang bisa dikatakan mudah dan tidak. Jika kurangnya pemahaman mengenai strategi memasarkan jangan harap jualan kamu akan laris di pasaran.

Apa Itu Strategi Pemasaran?

Strategi Pemasaran Efektif untuk dengan Memanfaatkan Media Sosial

Sebuah rangkaian pembuatan rencana guna menjangkau sasaran target pasar dan mengubah mereka untuk menjadi konsumen pada bisnis. Sehingga kamu tidak bisa hanya memasarkan produk ke semua orang tanpa mengetahui target sasaran di pasar jual.

Target sebagai penentu kegiatan bisnis kamu agar lebih meningkat dan nantinya bisa berubah menjadi konsumen. Strategi pemasaran efektif mempunyai fungsi guna mengantarkan kamu pada konsumen yang tepat sasaran baik itu secara online maupun offline.

Tujuan Adanya Strategi untuk Memasarkan Produk

Mempunyai pemahaman dalam memasarkan produk saja tidak cukup jika kamu belum mengetahui tujuan melakukan hal ini. Strategi memasarkan produk akan membawa bisnis kamu ke arah yang jauh lebih tepat.

Tujuan dalam menggunakan strategi untuk pemasaran yakni:

• Mempercepat pertumbuhan bisnis yang sedang kamu buat
• Membangun reputasi dan branding atas produk dan bisnis
• Meningkatkan brand awareness
• Membidik pangsa pasar dengan target sasaran pasar yang tepat
• Memastikan bahwa kamu memaksimalkan sumber daya dalam mempromosikan bisnis

Pentingnya Strategi Promosi Secara Online

Perkembangan teknologi ini memungkinkan kamu bisa memanfaatkan perangkat digital dalam melakukan pemasaran. Pemasaran yang sangat efektif dan efisien ini bisa dengan memanfaatkan website ataupun media sosial.

Inilah beberapa alasan pentingnya pemasaran secara online:

1. Menjangkau 140 juta penduduk di Indonesia

Jumlah penduduk di Indonesia yang cukup banyak ini sudah dimudahkan oleh jaringan internet di setiap daerahnya. Semakin waktu berjalan, fasilitas internet bisa diakses oleh hampir sebagian besar masyarakat Indonesia.

Sehingga jika kamu membuka toko online dalam memasarkan produk bisnis maka besar kemungkinan laris di pasaran. Mengingat jangkauan internet tidak hanya sebatas lingkup kota kamu saja bahkan bisa mencapai ke luar negeri.

2. Mudah digunakan dalam memasarkan produk

Kemungkinan besar dari masyarakat yang terjun sebagai pebisnis kurang paham akan strategi pemasaran baik itu untuk online ataupun offline. Meskipun memang cukup asing namun kamu sebagai pebisnis tidak boleh mengabaikan hal seperti ini untuk melakukan promosi.

Karena melakukan strategi dalam memasarkan produk sebenarnya jauh lebih mudah dan banyak sekali tutorial ataupun forum diskusi guna membahas pemasaran online. Sehingga kamu bisa bergerak sendiri untuk memasarkan produk agar penjualan lebih meningkat.

3. Penentuan target lebih spesifik

Dalam penggunaan promosi online mempunyai jangkauan yang sangat luas jika tidak kamu batasi. Namun jika bisnis yang kamu kelola ini hanya membutuhkan jangkauan sekitar kota kamu saja maka bisa dipersempit dari lokasi iklan sesuai dengan target sasaran kamu.

Kamu juga bisa mengatur iklan agar tampil pada perangkat apa saja. Selain kamu bisa mengatur lokasi untuk iklan, kamu pun dapat mengatur waktu kemunculan iklan pada hari apa dan jam berapa.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

4. Mudah diukur

Strategi pemasaran yang dilakukan secara online bisa dengan mudah diukur. Saat kamu memasangkan iklan pada Instagram Ads misalnya, kamu akan mendapatkan laporan dari performa iklan yang sudah dipasang.

Berapa banyak orang yang sudah berhasil menjangkau, seberapa efektif iklan yang terpasang dan kamu akan mendapatkan laporan lengkap itu. Sehingga bisa menjadi bahan evaluasi atas pemasaran secara online dan bisa memperbaikinya jika ada masalah.

5. Membutuhkan biaya yang cukup minim

Dalam menerapkan strategi untuk melakukan pemasaran online tidak membutuhkan biaya yang banyak seperti offline. Akan tetapi biaya yang kamu gunakan untuk pemasaran online akan mendapatkan revenue lebih besar jika dibandingkan dengan pemasaran secara konvensional.

Beberapa strategi untuk pemasaran secara online bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang dalam hal promosi produk. Seperti halnya kamu menggunakan blog yang mendapatkan trafik lebih stabil pada setiap bulannya.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya
Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Furniture yang Tepat Dijamin Terjual Banyak
Strategi Pemasaran Tempat Hiburan dengan Mengoptimalkan Website
Strategi Pemasaran Skincare dan Kosmetik dengan Video Tutorial
Strategi Pemasaran Handpone untuk Membuat Konsumen Jadi Pelanggan
Strategi Pemasaran UMKM Agar Mampu Bersaing dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa agar Dikenal Oleh Publik
Strategi Pemasaran Perusahaan Manufaktur untuk Sukses ke Depannya
Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

Strategi Pemasaran Dalam Mempromosikan Produk

Berikut di bawah ini beberapa strategi untuk pemasaran produk yang sangat ampuh bagi kesuksesan bisnis kamu:

1. Menentukan tujuan dan anggaran

Dalam menentukan tujuan pada pemasaran serta membuat perencanaan anggaran guna mencapai tujuan pada bisnis kamu. Tujuan dari kegiatan pemasaran bisa berbeda dari setiap bisnis seseorang, karena target dan produk yang dijual pun juga berbeda.

Selain itu juga penting membuat anggaran dana untuk membiayai kegiatan pemasaran. Banyak yang mengatakan bahwa kegiatan promosi di media sosial dapat dilakukan secara gratis, memang benar namun setiap media sosial juga menawarkan iklan yang membutuhkan biaya dan pastinya jangkauan ke konsumen juga lebih jauh.

2. Menggunakan Google Bisnisku untuk strategi pemasaran

Strategi kali ini sangat efektif untuk mengenalkan bisnis yang sedang kamu jalankan dan produk yang dijual. Google Bisnisku sebenarnya sebuah fitur untuk pemilik bisnis dalam mempermudahkan konsumen mengetahui kelengkapan informasi.

Dengan kamu mendaftarkan bisnis maka secara otomatis lokasi bisnis akan muncul secara otomatis. Maka orang yang ingin membeli produk kamu bisa datang dengan mengikuti arahan dari Google Maps.

3. Menentukan kanal media sosial

Banyak sekali pilihan media sosial yang bisa digunakan untuk melakukan pemasaran secara online. Media sosial yang efektif untuk digunakan yakni Instagram, Facebook, Twitter, Line dan masih banyak lagi.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Dalam mencari media sosial yang tepat pada bisnis kamu maka penting untuk melakukan riset audiens dan kamu akan mengetahuinya. Salah satu metode yang dapat kamu gunakan yakni teknik Bulls Eye yang telah dikembangkan oleh Gabriel Weinberg serta Justin Mared dalam memetakan strategi memasarkan produk di media online.

Itulah beberapa uraian mengenai strategi pemasaran yang sangat efektif kamu praktikan dalam bisnis. Penting bagi kamu memasarkan produk pada media sosial atau online untuk menjangkau konsumen lebih luas.

Instagram