Cara Membuat Promosi Bisnis Online di Tiktok dengan Konten Video

Bagaimana cara melakukan bisnis online di TikTok? Media sosial menjadi platform paling ampuh untuk meningkatkan penjualan produk pada bisnis online. Salah satu yang sangat ramai digunakan yakni Tiktok, media yang menyajikan konten dalam bentuk video.

Dengan membuat konten penjualan di Tiktok mampu mengenalkan bisnis pada calon konsumen. Untuk kamu yang mempunyai bisnis sangat disarankan juga memasarkan di media sosial Tiktok.

Tips Bisnis Online di Tiktok untuk Meningkatkan Penjualan

Cara Membuat Promosi Bisnis Online di Tiktok dengan Konten Video

Mengingat sekarang ini keberadaan Tiktok tidak hanya untuk kesenangan semata juga bisa sebagai tempat untuk memasarkan produk. Berikut ini terdapat beberapa tips untuk melakukan promosi di Tiktok:

1. Menjadikan akun Tiktok bisnis

Agar akun jualan kamu tampak profesional maka sangat penting bagi kamu menjadikan Tiktok bisnis. Cara melakukannya dengan mendaftarkan akun ke data bisnis dan memasukkan email juga nama toko.

Setelahnya masuk ke akun dan klik ‘Saya’ lalu ke ‘Kelola akun saya’ arahkan ke ‘Alihkan akun ke bisnis’ dan pilihlah kategori yang sesuai dengan bisnis. Baru kamu edit profil dengan memasang foto pada akun dan memilih yang menarik serta isikan bio keterangan lengkapnya juga tambahkan link.

2. Membuat konten yang menarik

Menawarkan produk pada bisnis online khususnya Tiktok memang sangat penting membuat konten video yang menarik. Dalam hal ini kamu bisa membuat konten secara bertahap tidak hanya menyajikan produk yang ditawarkan saja namun juga bisa upload video ketika packaging atau mengenalkan tentang bisnis.

Kamu juga bisa menyisipkan foto pada konten video agar lebih menarik. Agar konten kamu cepat viral maka bisa menggunakan tambahan lagu, filter dan yang lainnya agar tampak menarik.

3. Memaksimalkan penggunaan fitur

Pada media sosial Tiktok ini menyajikan beragam pilihan fitur menarik yang dapat kamu manfaatkan secara maksimal. Namun terkadang dengan banyaknya fitur yang tersedia membuat para pengguna merasa malas harus memilihnya satu per satu.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Padahal jika difungsikan dengan baik maka bisa membuat konten video menjadi lebih menarik perhatian para calon pembeli. Fitur yang ada pada Tiktok yakni tambahan musik, filter, beautity, timer, voice changer function dan sticker serta effect.

4. Membuat caption menarik untuk bisnis online Tiktok

Banyak di antara para pebisnis yang menyepelekan hal kecil seperti ini. Padahal dengan membuat caption yang menarik bisa membuat calon pembeli merasa terkesan.

Caption yang kamu tampilkan harus mendeskripsikan dari produk bisnis tersebut. Seperti halnya menginformasikan nama produk, bahan yang digunakan, harga tawaran dan lainnya.

5. Menambahkan hashtag pada caption

Penggunaan hashtag pada media sosial menjadi salah satu hal yang penting dan harus kamu gunakan. Hashtag membawa pengaruh yang banyak dalam mempromosikan produk agar lebih cepat dikenal oleh banyak orang.

Kamu bisa menggunakan hashtag sesuai dengan produk yang ada pada sajian konten tersebut. Kamu pun juga dapat menambahkan hashtag pada konten yang sedang viral saat itu agar banyak yang menontonnya dan ada dorongan membeli produk.

6. Memposting konten video pada waktu yang tepat

Dalam memposting video bisnis online di media sosial Tiktok tidak bisa sembarangan waktu, kamu harus mencari waktu yang tepat. Sehingga konten yang kamu sajikan bisa dilihat oleh banyak orang dan cepat viral.

Waktu yang tepat dalam posting video promosi pada pukul 10 sampai 1 siang atau bisa juga untuk malam hari. Sebab pada jam tersebut anak sekolah, mahasiswa hingga pekerja akan memanfaatkan waktu kosongnya dengan menonton video di Tiktok.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya
Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Furniture yang Tepat Dijamin Terjual Banyak
Strategi Pemasaran Tempat Hiburan dengan Mengoptimalkan Website
Strategi Pemasaran Skincare dan Kosmetik dengan Video Tutorial
Strategi Pemasaran Handpone untuk Membuat Konsumen Jadi Pelanggan
Strategi Pemasaran UMKM Agar Mampu Bersaing dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa agar Dikenal Oleh Publik
Strategi Pemasaran Perusahaan Manufaktur untuk Sukses ke Depannya
Strategi Pemasaran Ritel Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis

7. Memasangkan iklan di Tiktok

Dalam memasarkan produk untuk menjangkau calon pembeli lebih banyak lagi bisa menggunakan iklan Tiktok Ads. Tiktok Ads ini akan menjadikan bisnis yang kamu jalankan lebih dikenal dalam jangkauan lebih luas lagi.

Terdapat beberapa jenis iklan yang ada pada Tiktok Ads yakni:

• Pre-roll yakni iklan bentuk video yang dimulai ketika pengguna membuka aplikasi Tiktok
• In-feed ads yakni iklan dalam bentuk video yang muncul ketika pengguna melakukan scroll feed
• Promoted hashtag challenges yakni video yang akan mendorong pengguna untuk menggunakan tagar secara khusus
• Branded effects yakni fitur khusus Tiktok yang digunakan pembuat konten pada video dan sangat mirip dengan Snapchat ataupun Instagram yang menampilkan secara khusus dari brand.

8. Berkolaborasi dengan influencer yang ada di Tiktok

Dalam menjalankan bisnis online maka kamu harus membuat strategi secara khusus agar meningkatkan jualan produk mengingat persaingan yang sangat ketat. Membangun hubungan yang baik dengan para influencer bisa menjadi peluang penjualan pada bisnis kamu di Tiktok.

Akan tetapi jangan lupa kamu terus membangun relasi dan reputasi dengan menyajikan konten berkualitas sehingga tidak hanya mengandalkan influencer saja. Dalam menggandeng influencer ajaklah untuk melakukan share dan review produk dalam bisnis kamu.

9. Post komentar dan mengajak penonton berkomentar pada postingan kamu

Hadirnya Tiktok kini banyak memberikan peluang yang menguntungkan dalam mencapai target pasar dari bisnis online. Kehadiran dan kegiatannya mampu membantu akun Tiktok kamu tetap hidup dan mudah dicari oleh calon pembeli.

Makin banyak interaksi yang kamu lalukan di Tiktok maka akan semakin besar pula citra brand bisnis kamu meningkat. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan dengan meninggalkan postingan komentar.

10. Membuat hashtag challenge

Hashtag adalah fitur yang menjadi primadona banyak pengguna Tiktok guna menyebarkan konten video promosi kamu. Dengan membuat hashtag challenge maka akan lebih efektif untuk menambah engagement serta brand awareness pada bisnis kamu.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Buatlah hashtag yang cukup catchy, relevan dan mudah untuk diingat oleh banyak orang. Kamu bisa menuangkan ide kreatif dalam membuat challenge seru yang mana bisa diikuti oleh pengguna lainnya.

Itulah tadi beberapa pembahasan mengenai bisnis online yang ada pada media sosial Tiktok. Di Tiktok kamu bisa membuat konten video promosi menarik yang meningkatkan penjualan produk.

Instagram