biaya kuliah dan biaya hidup di prancis

Prancis merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan dari mahasiswa di dunia untuk belajar. Hal itu dikarenakan kualitas pendidikan di Prancis termasuk bagus di Eropa sehingga tidak mengherankan banyak orang yang ingin belajar di sana.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Untuk Kamu yang berencana kuliah di Prancis dan mencari tahu seperti apa biaya kuliah dan biaya hidup di sana, simak ulasannya di bawah ini.

Daftar biaya kuliah di Prancis

1. PSL Research University

PSL Research University
PSL Research University

PSL (Paris Sciences & Lettres) Research University merupakan perguruan tinggi terdesentralisasi Prancis. PSL Ini dibentuk pada tahun 2010 dan terletak di Paris dengan pusatnya ada di Latin Quarter, campus Jourdan, Porte Dauphine, dan Carré Richelieu.

PSL memiliki program Sarjana, Magister, dan juga PhD untuk sekolah dan juga lembaga anggotanya dan menawarkan pendidikan berdasarkan penelitian dan instruksi interdisipliner. Untuk biaya kuliah di sini sekitar 170 EURO per tahun.

Baca Juga Artikel Luar Negeri Lainnya:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

2. University of Strasbourg

University of Strasbourg
University of Strasbourg

University of Strasbourg berdiri sejak abad ke-16 dan kemudian dibagi menjadi tiga lembaga terpisah, yakni Louis Pasteur University, Marc Bloch University, dan Robert Schuman University. Universitas ini mempunyai mahasiswa hingga 51.000 lebih dan juga peneliti yang jumlahnya sekitar 32.000.

Universitas Strasbourg menawarkan program sarjana untuk jurusan Desain Seni, Humaniora, sastra modern, dan masih banyak lagi. Biaya kuliah di universitas ini berbeda-beda sebagai berikut:

• Sarjana: 184 EURO per tahun
• Magister : 256 EURO per tahun
• Program Teknik : 610 EURO per tahun
• Program Doktor : 391 EURO per tahun
• Biaya tambahan : 215 EURO per tahun

3. College De Paris

College De Paris
College De Paris

College De Paris didirikan sejak tahun 2010 dan berlokasi di Paris, Prancis. Universitas ini lebih fokus pada promosi keunggulan Prancis dengan pelatihan dan terlibat pada bidang budaya, artistik, linguistik, dan juga managerial.

College de Paris memiliki program Sarjana yang meliputi Administrasi Bisnis, MS Pemasaran, Internasional, MS Makanan dan Minuman, MS Fashion dan Barang Mewah, MBA Pariwisata dan Perhotelan, hingga Teknologi Informasi. Biaya untuk kuliah di sini ada di kisaran 14.000 EURO per tahun.

4. Pantheon Sorbonne University

Pantheon Sorbonne University
Pantheon Sorbonne University

Pantheon Sorbonne University merupakan universitas yang cukup terkenal dan sudah ada sejak abad ke-20. Pendirinya adalah Luchaire dan Bartoli yang berasal dari Hukum dan Ekonomi sehingga Kamu bisa melihat nama mereka di universitas tersebut.

Universitas ini memiliki tiga bidang yang menjadi fokus utama, yakni Ilmu Ekonomi dan Manajemen,Ilmu Pengetahuan Manusia, dan Ilmu Hukum dan Politik. Biaya kuliah di universitas ini ada di kisaran 6.500 EURO per tahun.

5. ESSEC Business School

ESSEC Business School
ESSEC Business School

ESSEC Business School merupakan sekolah bisnis yang ada di Prancis, Singapura, dan Maroko serta sudah berdiri sejak tahun 1907. Program paling terkenal dari ESSEC adalah Master of Science dalam bidang Manajemen sehingga banyak calon mahasiswa di seluruh dunia ingin belajar tentang bisnis di universitas tersebut.

ESSEC Business School ini mempunyai program sarjana, Pasca Sarjana, pendidikan eksekutif hingga PhD yang sudah ada di Eropa, Asia-Pasifik, dan juga sekitarnya. Biaya untuk kuliah di sini ada di kisaran 45.000 EURO per tahun.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

6. ESCP Europe

ESCP Europe
ESCP Europe

ESCP Europe merupakan sekolah bisnis swasta Eropa yang pusatnya ada di Paris, Berlin, London, Madrid, Turin, dan juga di negara Polandia. Berdiri sejak tahun 1819, ESCP juga dianggap sebagai salah satu sekolah bisnis tertua di Dunia.

Program yang ada di ESCP Europe ini antara lain Bachelor in Management (BSE), Pramaster Year, Magister Manajemen, MSC khusus, MBA dalam Manajemen Internasional, dan juga Program Doktor. Biaya untuk kuliah di universitas ini adalah 19.900 EURO per tahun.

7. Paris Dauphine University

Paris Dauphine University
Paris Dauphine University

Paris Dauphine University merupakan sebuah universitas di bidang Ekonomi dan Manajemen sejak tahun 1968. Pada tahun 2018-19, universitas ini merayakan ulang tahun ke-50 tahun sekaligus upaya memodernisasi kampus tersebut.

Paris Dauphine University memiliki 200 program akademik, 160 program gelar penuh waktu seperti Dauphine Bachelor di Organisasi Ilmu, Sarjana dan Master di bidang Matematika-IT-Ekonomi, Master di Ilmu Organisasi, program PhD, dan 50 Program pendidikan eksekutif pada bagian Doktor.

Biaya Kuliah di universitas ini ada di kisaran 4.000 EURO per tahun.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

8. University of Montpellier

Universitas ini merupakan sebuah lembaga pendidikan riset publik Prancis yang berada di Montpellier sejak tahun 1289 sehingga menjadikan kampus ini adalah salah satu Universitas tertua di dunia. Universitas ini dipisahkan menjadi tiga kampus, yakni Montpellier 1, 2, dan 3.

University of Montpellier menawarkan program kedokteran Gigi, Ekonomi, Pendidikan, Hukum, Ilmu Politik, Farmakologis, Sains, Olahraga, hingga Administrasi Umum. Biaya kuliah di universitas ini juga tergolong cukup terjangkau, yakni sekitar 500 EURO saja pertahun.

Biaya Hidup di Prancis

biaya kuliah dan biaya hidup di prancis

Seperti yang sudah disebutkan bahwa biaya hidup di Prancis terbilang cukup mahal dibandingkan negara lain, bahkan di Indonesia sekalipun. Untuk melihat perbandingannya, Kamu bisa lihat rinciannya sebagai berikut.

1. Tempat Tinggal

Untuk tinggal di Prancis dengan harga yang lebih miring, Kamu bisa menginap di apartemen dan membayar biaya bulanan. Perbedaan harga di sini berdasarkan tempat dan juga kamar tidur yang disediakan sebagai berikut:
• Apartemen 1 kamar tidur di pusat kota = 490-1.200 EURO perbulan (3 kamar : 800 – 2.800 EURO).
• Apartemen 1 kamar tidur di Luar Pusat Kota = 350 – 900 EURO perbulan (3 kamar : 650-1.800 EURO).

2. Biaya Utilitas

Berikutnya yang harus Kamu perhatikan adalah biaya utilitas yang meliputi listrik, air, sampah, dan masih banyak lagi. rinciannya adalah sebagai berikut:

• Biaya Listrik, penghangat ruangan, air, sampah = 100 -255 EURO perbulan
• Biaya pulsa untuk satu ponsel jaringan lokal = 0,05 hingga 0,35 EURO
• Biaya internet 60 Mbps atau lebih, Unlimited data = 20 -40 EURO perbulan

3. Biaya makanan dan minuman di Prancis

Makanan dan minuman juga harus diperhatikan saat tinggal di Prancis. Rinciannya bisa Kamu lihat di bawah ini:
• Makan di restoran murah : 9-20 EURO per porsi
• Makan di restoran menengah : 35-80 EURO per porsi
• Makan di McDonalds : 8-10 EURO per porsi
• Air mineral (0,33 Liter botol) : 1-3 EURO perbotol

Dari harga makanan tersebut bisa kita lihat bahwa harganya terbilang cukup tinggi sehingga akan lebih baik Kamu memasak sendiri untuk penghematan.

4. Biaya Transportasi

Saat Kamu akan bepergian di Prancis, kendaraan yang bisa digunakan adalah bus, kereta api, taksi, bahkan bisa juga sewa mobil. Untuk rincian biayanya bisa Kamu lihat di bawah ini:
• Tiket sekali jalan untuk lokal transportasi : 1,40 – 2 EURO
• Taksi dengan tarif normal : 2,20 – 6 EURO (tarif per 1 km : 1,50 – 2,10 EURO)
• Sewa mobil seharian: 20.000 -27.000 EURO (belum termasuk bensin)
• Bensin (1 Liter) : 1,30 – 1,60 EURO

5. Biaya hiburan

Untuk bisa hiburan di sana, Kamu bisa pergi ke bioskop atau bisa juga ke taman bermain maupun perpustakaan. Biaya 1 kursi saat menonton film ada di kisaran 8-13 EURO per tiket.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Dari ulasan di atas, kita bisa melihat seberapa besar biaya kuliah dan biaya hidup di Prancis dan semoga artikel ini bisa memberikan info bermanfaat.

Instagram