Biaya Hidup dan Biaya Kuliah di Afrika Selatan

Dalam beberapa musim terakhir, Afrika Selatan berdiri sebagai salah satu tempat unggulan pada bidang pendidikan di dunia. Bahkan, sekolah-sekolahnya bisa dibandingkan dengan berbagai sekolah maju lainnya di dunia.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Untuk Anda yang sedang mencari biaya kuliah terjangkau dan juga biaya hidup di Afrika Selatan, simak ulasannya di bawah ini.

Daftar Universitas di Afrika Selatan dengan Biaya Kuliah Terjangkau

1. Universitas Kwazulu Natal

Universitas Kwazulu Natal
Universitas Kwazulu Natal

Pertama ada Universitas Kwazulu-Natal yang dibentuk pada tanggal 1 Januari 2004 dan merupakan kerja sama antara Universitas Natal dan Universitas Durban-Westville. Kampus ini memiliki program mata kuliah yang cukup banyak mulai dari Bidang Studi Pertanian hingga Keuangan.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Thailand
Cara Kirim Uang ke Jepang

Untuk biaya kuliah pada program Sarjana rata-rata sekitar R24.300 sampai R53.100. Akan tetapi jumlah tersebut sangat tergantung pada program studi yang diambil.

2. University of Cape Town

University of Cape Town
University of Cape Town

Bisa dikatakan ini adalah salah satu universitas tertua di Afrika Selatan karena sudah berdiri sejak 1829 dan berlokasi di Cape Town yang ada di provinsi Western Cape, Afrika Selatan. Kampus yang juga disebut UCT ini termasuk salah satu universitas dengan biaya kuliah terjangkau di Afrika Selatan

University Cape Town memiliki program studi yang sangat banyak mulai dari Akuntansi, Kedokteran, Antropologi, Bahasa dan Sastra, hingga Statistik. Biaya kuliah di university of Cape Town rata-rata R21.500 untuk Sarjana, lalu R75.000 pada Mahasiswa internasional, dan R60,.000 untuk program pasca sarjana.

3. Universitas Fort Hare

Universitas Fort Hare
Universitas Fort Hare

University of Fort Hare merupakan pendidikan tinggi untuk orang-orang berkulit hitam dari sejak tahun 1916 hingga 1959. Kampus in menawarkan pendidikan akademik dengan gaya Barat dan beberapa alumni Fort Hare banyak ambil bagian dalam gerakan kemerdekaan hingga pemerintah negara-negara Afrika yang baru merdeka.

Program studi yang diberikan antara lain Pendidikan, Sains, Pertanian, Ilmu Sosial, Manajemen, dan Hukum. Biaya Kuliah untuk Program Sarjana sekitar R18.620 hingga R44.374, sedangkan untuk mahasiswa internasional ada di kisaran R26.000 hingga R45.000.

4. Universitas Metropolitan Nelson Mandela

Universitas Metropolitan Nelson Mandela
Universitas Metropolitan Nelson Mandela

Berdiri sejak tahun 2005, Universitas Metropolitan Nelson Mandela atau sekarang sudah bernama Nelson Mandela University dibentuk dari gabungan Port Elizabeth Technikon dan juga Universitas Port Elizabeth. Di kampus ini tercatat lebih dari 3.000 mahasiswa internasional mengambil pendidikan di sana.

Program studi yang diberikan cukup banyak, mulai dari Musik, Seni dan Desain, Bahasa, Pendidikan, Teknologi Informasi, hingga Manajemen Sumber Daya Alam. Biaya kuliah untuk program sarjana ada di kisaran R93.770 dan untuk program master ada di kisaran R17.940 hingga R22460.

5. Universitas Witwatersrand

Universitas Witwatersrand
Universitas Witwatersrand

Berdiri sejak 1896, University of the Witwatersrand yang berlokasi di Johannesburg merupakan universitas riset publik multi kampus di Afrika Selatan. Di tahun 1959, Perpanjangan Undang-Undang Pendidikan Universitas memaksa pendaftaran terbatas pada mahasiswa kulit hitam meskipun aturan tersebut dihapus pada tahun 1990.

Beberapa Program Studi yang diberikan antara lain Akuntansi, Manajemen, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Kedokteran, Pertambangan, Ilmu Komputer, hingga Bahasa dan Sastra. Biaya kuliah untuk program sarjana adalah R44.910 dan R65.300 sampai R151.970 untuk program master.

6. Universitas Stellenbosch

Universitas Stellenbosch
Universitas Stellenbosch

Universitas Stellenbosch ini merupakan salah satu kampus tertua yang masih ada di Afrika Sub-Sahara bersama Universitas Cape Town yang sudah dibahas sebelumnya. Universitas yang berdiri sejak tahun 1918 ini adalah kampus pertama yang menandatangani Deklarasi Berlin tentang Akses terbuka ke Pengetahuan untuk Sains dan juga Humaniora.

Program studi yang ada di universitas ini antara lain Seni, Ilmu Sosial, Sains, Pendidikan, AgriSciences, Hukum, Teologi, Ilmu Ekonomi, Teknik sehingga Manajemen. Biaya Kuliah untuk program Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana untuk mahasiswa Afrika adalah R20, 520 hingga R21.690, sedangkan untuk calon mahasiswa Non-Afrika ada di harga R43.380.

Biaya Hidup di Afrika Selatan

Saat Anda memilih belajar di Afrika Selatan, maka persiapkan juga berbagai biaya tambahan untuk hidup di sana. Jika dibandingkan negara lainnya, biaya hidup di Afrika Selatan termasuk terjangkau meskipun tetap untuk standar Indonesia masih terhitung mahal.

Pada bagian ini, kita akan kalkulasikan harga pada mata uang Indonesia, yakni Rupiah. Tanpa berlama-lama, rincian biaya hidup di Afrika Selatan adalah sebagai berikut:

1. Apartemen maupun penginapan

Untuk tinggal di Afrika Selatan ada tempat tinggal dengan dua jenis, yakni sewa atau beli apartemen. Rincian menyewa apartemen berdasarkan wilayah bisa Anda lihat di bawah ini:

Sewa apartemen per bulan:

• Apartemen 1 kamar di pusat kota: Rp 5.009.225,37 (luar pusat kota Rp 3.991.986,98)
• Apartemen 3 kamar di pusat kota: Rp 10.392.626,13 (luar pusat kota Rp 8.324.137)
• Sementara untuk beli apartemen di pusat kota, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 12.646.892,91 per meter persegi. Lalu untuk beli apartemen di luar pusat kota ada di kisaran Rp 10.286.984,42 per meter persegi.

2. Biaya utilitas

Tentunya harga di atas tadi baru sewa atau beli apartemen dengan fasilitas di dalamnya. Untuk biaya utilitas lainnya seperti listrik, air, sampah hingga internet. Untuk harganya memang sangat tergantung pada kebutuhan masing-masing, namun rata-rata harganya bisa Anda bisa lihat di bawah ini.

Daftar Utilitas perbulan:

• Listrik, Air, Pemanas, sampah : Rp 1.089753,46
• Pulsa prabayar tarif lokal untuk telepon satu menit: Rp1.988,50
• Paket internet (6 Mbps, Unlimited Data, Cable/ADSL): Rp 722.168,953.

3. Makanan dan Minuman

Biaya selanjutnya yang harus diperhatikan dalam makanan dan minuman yang merupakan kebutuhan pokok. Untuk biaya satu ini sangat bergantung pada kebutuhan orang-orang berbeda beda, namun Anda bisa melihat rata-rata pengeluarannya sebagai berikut:

• Makan di restoran murah : Rp 88.255,01
• Makan d i restoran menengah: Rp 386.115,66
• Makan di McDonalds: Rp 49.643,44
• Air mineral : Rp.8.490,97/0,33 liter

Untuk lebih menghemat pengeluaran, sebaiknya Anda memasak sendiri dengan membeli bahan makanan di pasar.

4. Transportasi

Jika lokasi universitas dengan apartemen tidak jauh, akan lebih baik berjalan kaki atau menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda. Namun, jika jaraknya lebih jauh, Anda bisa menggunakan transportasi lokal dengan tarif sebagai berikut:

• Tiket kendaraan sekali pakai: Rp 12.135,06
• Taksi dengan tarif normal: Rp 16.547,04

Jika Anda memiliki kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil, maka perlu perhatikan Bensin yang harganya Rp 14.510,20 per liter dan itu belum dengan biaya lain seperti SIM, asuransi dan sebagainya.

Baca Juga Artikel Luar Negeri Lainnya:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

5. Tempat hiburan dan olahraga

Untuk tempat hiburan maupun olahraga di Afrika selatan memang tidak terlalu banyak seperti negara lainnya. Untuk Anda yang ingin tahu biayanya, bisa disimak di bawah ini:

• Tempat Fitnes: Rp 426.159,56 per bulan untuk satu orang dewasa
• Sewa lapangan tenis: Rp 68.476,43 per jam
• Bioskop film-film internasional: Rp 55.159.58 perkursi.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Kesimpulan

Dari ulasan di atas kita bisa melihat bahwa biaya kuliah dan juga biaya hidup di Afrika Selatan termasuk cukup terjangkau atau bahkan hampir sama dengan di Indonesia. Namun perlu diperhatikan bahwa jumlah tadi bisa berubah-ubah suatu saat.

Instagram