Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Belgia

Belgia merupakan salah satu negara Eropa yang sering didatangi wisatawan seluruh dunia. Selain dari sisi wisata, pendidikan di Belgia juga termasuk bagus dan juga banyak yang terjangkau.

Untuk Anda yang penasaran berapa biaya kuliah terjangkau dan biaya hidup di Belgia, simak ulasannya di bawah ini.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Daftar Universitas Di Belgia dengan Biaya Kuliah Terjangkau

1. Universitas Ku Leuven

Universitas Ku Leuven
Universitas Ku Leuven

Ku Leven merupakan universitas dengan peringkat tertinggi sekaligus salah satu yang tertua di Belgia. Bahkan sejak tahun 2016, Ku Leuven masuk ke peringkat tujuh sebagai universitas paling inovatif di Eropa.

Ku Leuven menawarkan program sarjana dan pascasarjana dan memiliki 15 fakultas yang dikelompokan dalam 3 jenis kelompok penelitian, yakni Humaniora, Ilmu Sosial Group, dan terakhir Biomedical Sciences Group. Biaya kuliah di Ku Leuven ada di kisaran 922 EURO per tahun.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Belgia
Cara Kirim Uang ke Austria
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Thailand
Cara Kirim Uang ke Jepang

2. University of Antwerp

University of Antwerp
University of Antwerp

University of Antwerp merupakan salah satu universitas Belgia yang berada di kota Antwerp dan sudah berdiri sejak tahun 2003 yang merupakan gabungan dari tiga universitas tertua di sana. Kampus yang disingkat UA ini cukup populer sekarang ini dan merupakan universitas terbesar ketiga di Belgia.

University of Antwerp mempunyai 33 program sarjana, 69 program master dan 23 program pasca sarjana yang meliputi Fakultas Sastra dan Filsafat, Hukum, Ilmu Politik dan Sosial, hingga kedokteran. Untuk biaya kuliah dibagi menjadi dua, yakni untuk sarjana sekitar 938 EURO dan program master sekitar 1.445 EURO per tahun.

3. Catholic University of Louvain

Catholic University of Louvain
Catholic University of Louvain

Catholic University of Louvain ini merupakan universitas katolik yang bebas biaya karena didanai oleh negara dan sudah berdiri sejak tahun 1425 di Louvain-la-Neuve, Belgia. Bisa dikatakan kampus ini merupakan universitas Berbahasa Perancis terbesar di Belgia dan mempunyai tiga cabang lainnya di Brussels, Mons, dan Charleroi.

Kampus ini mempunyai 12 fakultas mulai dari Teologi, Hukum, Ekonomi, Filsafat, Psikologi, Kedokteran, hingga pertanian. Meskipun didanai oleh negara, ada beberapa biaya pendukung yang harus ditanggung mahasiswa dan itu tergantung pada jurusan masing-masing.

4. Universite Libre De Bruxelles ULB

Universite Libre De Bruxelles ULB
Universite Libre De Bruxelles ULB

Universite Libre De Bruxelles ULB merupakan universitas swasta yang menggunakan bahasa Perancis dan terletak di Kota Brussels, Belgia. Kampus ini sudah berdiri sejak tahun 1834 merupakan bagian dari University of Brussels.

Kampus ini menawarkan berbagai program ke seluruh fakultas Studi Eropa. Bio-Engineering, Kesehatan Masyarakat, Pendidikan jasmani, Ilmu Kerja, Statistik hingga Astronomi. Dari sisi biaya, mungkin jumlahnya lebih besar dibandingkan beberapa kampus sebelumnya, yakni 4.175 EURO pertahun untuk program sarjana maupun pascasarjana.

5. Vrije Universiteit Brussel

Vrije Universiteit Brussel
Vrije Universiteit Brussel

Nah, Vrije Universiteit Brussel merupakan salah satu bagian dari University of Brussel yang sudah disinggung pada poin sebelumnya. Kampus ini memiliki delapan fakultas yang mencakup Ilmu Alam, kehidupan, sosial, humaniora, hingga teknik.

Universitas ini juga menawarkan program sarjana, magister hingga program doktor dan sudah memiliki empat kampus, yakni di Ixelles, Jette, Anderlecht, dan Gooik. Biaya kuliah di kampus ini adalah 3.850 EURO untuk sarjana dan 3.000 EURO per tahun untuk pascasarjana.

6. Ghent University

Ghent University
Ghent University

Ghent University merupakan salah satu universitas negeri yang didirikan sejak tahun 1817. Berada di Flanders, Belgia yang merupakan jantung Ekonomi Eropa, Ghent University juga adalah universitas pertama dengan bahasa Belanda.

Kampus ini mempunyai 11 fakultas dengan lebih dari 130 jurusan mulai dari seni, filsafat, teknik Bio-sains, Hukum, hingga kedokteran. Dengan jumlah mahasiswa mencapai 40.000 lebih, biaya kuliahnya ada di kisaran 1.000 EURO untuk sarjana dan 5.000 EURO per tahun untuk pascasarjana.

7. University of Namur

University of Namur
University of Namur

University of Namur juga merupakan salah satu universitas katolik populer di Belgia. Kampus ini juga menawarkan kegiatan pengajaran dan juga penelitian pada enam fakultas di bagian Filsafat, Hukum, Ekonomi, Ilmu Sosial, Manajemen, Ilmu Komputer, hingga Ilmu Kedokteran.

Kampus ini ada di kota Namur dan kampus utamanya ada di tengah kota yang merupakan ibu kota Wallonia. Biaya kuliah di University of Namur ada di kisaran 2.835 EURO per tahun.

8. University of Liege

University of Liege
University of Liege

University of Liege ini merupakan universitas negeri yang berada di komunitas Perancis-Belgia. Bahasa resmi di kampus ini adalah Perancis dan beberapa orang di kampus ini berkontribusi dalam penelitian dasar hingga terapan.

Kampus ini mempunyai lebih dari 20.000 mahasiswa dan sekitar 460 orang berasal dari internasional, karyawan, atau bahkan anggota fakultas yang mencakup pengajaran hingga penelitian. Untuk biaya kuliah sarjana harus merogoh kocek sekitar 4.175 EURO per tahun.

Biaya Hidup di Belgia

Untuk biaya hidup di negara Belgia sangat bervariasi dan itu sangat tergantung di kota mana Anda tinggal. Brussels yang merupakan ibu kota Belgia tentu menjadi yang paling mahal di negara ini sehingga Anda harus menyiapkan biaya yang tidak sedikit.

Untuk mengetahui apa saja gambaran biaya hidup di Belgia, simak ulasannya di bawah ini:

1. Biaya Tempat tinggal

Tentunya hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah tempat tinggal bisa berbeda-beda di setiap tempat. Beberapa pilihan tempat untuk mahasiswa di Belgia adalah sebagai berikut:

• Asrama Universitas

Setiap universitas menyediakan asrama yang yang harganya bervariasi. Mulai dari 200 hingga 450 EURO perbulan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

• Sewa apartemen

Di Belgia juga ada apartemen yang bisa disewakan pada mahasiswa asing dengan harga yang cukup tinggi, yakni satu kamar harganya sekitar 400 EURO perbulan dan itu belum termasuk biaya utilitas seperti listrik, air, sampah, atau internet.

• Homestay

Opsi terakhir ini memiliki fasilitas layaknya di rumah dan makan minimal satu kali sehari. Hanya saja harga sewanya lebih mahal, yakni sekitar 400 hingga 600 EURO perbulan.
Apabila Anda membawa pasangan atau bahkan anak, maka harga sewa pada pilihan tadi akan bertambah 100 EURO per bulan dan itu belum termasuk tagihan utilitas.

2. Biaya Utilitas

Untuk biaya utilitas seperti listrik, air, internet, hingga sampah secara umum adalah 150 EURO perbulan. Jumlah tersebut bisa dikatakan sama pada setiap daerah di Belgia.

3. Biaya makan di Belgia

Membeli makanan di supermarket atau bahkan memasak di rumah merupakan pilihan termurah karena rata-rata Anda hanya perlu menghabiskan rata-rata 150 EURO perbulan. Walaupun Anda ingin makan di restoran murah, harganya bervariasi mulai dari 4 hingga 16 EURO per mangkuk.

Baca Juga Artikel Luar Negeri Lainnya:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

4. Biaya Transportasi

Menggunakan kereta api dan bus merupakan opsi termudah untuk bepergian di Belgia. Untuk tiket bulanan bus khusus mahasiswa biayanya sekitar 20 EURO perbulan. Untuk kereta api ada di kisaran 7,5 EURO pertikey dan harga taksi ada di kisaran 25 EURO dalam satu perjalanan.

5. Biaya Hiburan

Untuk biaya hiburan yang tersedia bisa bioskop, taman, atau juga perpustakaan yang bisa diakses secara gratis. Khusus untuk bioskop dan berbagai tempat hiburan lainnya ada di kisaran 11 hingga 50 EURO.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Dari ulasan di atas, kita bisa tahu bahwa biaya kuliah dan biaya hidup di Belgia termasuk murah dibandingkan dengan negara Eropa Lainnya. Jangan lupa untuk persiapan biaya darurat sebagai cadangan jika ada hal-hal mendadak.