biaya kuliah dan biaya hidup di belanda

Daerah Eropa sering menjadi destinasi wisata sekaligus pendidikan yang sangat menarik dan salah satunya adalah Belanda. Meskipun memiliki masa lalu yang kurang menyenangkan bagi Indonesia, namun kini Belanda kerap menjadi incaran bagi sebagian mahasiswa di tanah air untuk menempuh pendidikan tertinggi.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Untuk Kamu yang penasaran seperti apa biaya kuliah dan biaya hidup di Belanda, simak ulasannya di bawah ini.

Daftar Universitas dengan biaya kuliah terjangkau di Belanda

1. University of Amsterdam

University of Amsterdam
University of Amsterdam

University of Amsterdam atau di dalam bahasa Belanda sebagai Universiteit van Amsterdam merupakan sebuah universitas negeri yang letaknya di ibu kota Belanda, Amsterdam.

Berdiri sejak tahun 1632 oleh pemerintah kota, universitas ini merupakan tertua ketiga di Belanda.

Universitas ini memiliki 7 fakultas yang terdiri dari Humaniora, Ilmu sosial dan Perilaku, Ekonomi dan Bisnis, Sains, Hukum, Kedokteran, hingga Kedokteran Gigi.

Biaya kuliah untuk program Sarjana, hingga Magister adalah 12.600 EURO per tahun.

Baca Juga Artikel Luar Negeri Lainnya:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

2. University of Groningen

University of Groningen
University of Groningen

University of Groningen merupakan sebuah kampus riset publik yang sudah berdiri sejak tahun 1614 dan berada di Groningen. Universitas ini juga sudah tiga kali berturut-turut terpilih sebagai universitas terbaik di Belanda dan juga merupakan anggota dari kelompok Coimbra terkemuka di Universitas Eropa.

Fakultas yang ada di universitas ini antara lain Hukum, Seni, Filsafat, Ilmu Kedokteran, Ekonomi dan bisnis, Ilmu Spasial, hingga Sains. Biaya kuliah untuk program Sarjana ada di kisaran 10.000 EURO dan untuk Magister ada di kisaran 14.350 EURO per tahun.

3. University of Twente

University of Twente
University of Twente

University of Twente berdiri sejak tahun 1961 dan berada di Enschede, Belanda. Universitas ini bekerja sama dengan TU Delft, TU Eindhoven dan juga University Of Wageningen yang berada di bawah federasi 4TU untuk dapat memaksimalkan inovasi dengan memusatkan kekuatan penelitian, pendidikan, dan juga transfer pengetahuan dari berbagai universitas teknik di Belanda.

Universitas ini terdiri dari lima fakultas, yakni Fakultas Ilmu Perilaku, Manajemen dan Ilmu Sosial, Fakultas Teknologi Teknik, Teknik Elektro, Matematika dan ilmu Komputer, Sains, Teknologi, Geo informasi, hingga Observasi Bumi. Biaya kuliah pada kampus ini dibagi menjadi 4 kategori, yakni :

• Yayasan Internasional : 16.900 EURO
• University of Applied Sciences International Foundation Year : 11.000 EURO
• Sarjana : Eropa = 2.060- 4.120 EURO, di luar Eropa = 7.900 – 11.060 EURO
• Pascasarjana : Eropa = 2.060 EURO, di luar Eropa = 14.250 EURO

Perlu diperhatikan bahwa semua biaya di atas dibayar pertahun.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

4. Maastricht University

Maastricht University
Maastricht University

Maastricht University berdiri di Maastricht, Belanda pada tahun 1976 dan memiliki mahasiswa sekitar 16.000 orang dan 47 persennya merupakan mahasiswa internasional. Ada sekitar 50 persen dari program sarjana yang ditawarkan dalam Bahasa Inggris diajarkan dalam bentuk Bahasa Belanda, sedangkan untuk program Magister dan Doktor ditawarkan dalam bentuk Bahasa Inggris.

Fakultas yang ada di dalam di dalam universitas ini antara lain Fakultas Kesehatan, Hukum, Kedokteran, Ilmu Kehidupan, Psikologi, Bisnis dan Ekonomi, Seni dan Ilmu Sosial, dan terakhir adalah Sains dan Teknik. Biaya Untuk program Sarjana adalah 8.000 EURO dan Magister ada di kisaran 17.500 EURO per tahun.

5. Delft University of Technology

Delft University of Technology
Delft University of Technology

Delft University of technology didirikan pada tahun 1842 di daerah Delft, Belanda. Universitas ini dianggap terbaik untuk bagian teknik dan juga teknologi di seluruh dunia dan memiliki tiga lembaga penelitian yang diakui secara resmi, yakni Lembaga Penelitian untuk Lingkungan Binaan, Pusat Penelitian Internasional untuk Transmisi Telekomunikasi dan Radar, serta Institut Reaktor.

Fakultas yang ada di universitas ini antara lain Teknik Mesin, Maritim dan Material, Arsitektur dan Lingkungan Binaan, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Matematika dan ilmu Komputer, Teknik Desain Industri, Aerospace, Teknologi, Ilmu Terapan, hingga Kebijakan dan manajemen.

Biaya kuliah untuk Sarjana adalah 10.400 EURO dan untuk Magister ada di kisaran 15.575 EURO per tahun.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke United Kingdom (UK)

6. Utrecht University

Utrecht University
Utrecht University

Utrecht University merupakan universitas negeri di Utrecht, Belanda yang sudah berdiri sejak tahun 1636 sekaligus universitas tertua di Belanda. Universitas ini juga terdiri dari University College Utrecht bersama dengan Utrecht School of Economics yang letaknya di Kromhout Kazerne.

Utrecht University memiliki 7 fakultas dan 25 kelompok penelitian,yakni Fakultas Humaniora, Fakultas Ilmu Sosial dan Perilaku, Fakultas Hukum, Ekonomi, dan Pemerintahan, Fakultas Geosains, Fakultas Kedokteran Hewan,hingga Fakultas Sains. Biaya Kuliah untuk Sarjana adalah 16.815 EURO dan untuk Magister sekitar 25.400 EURO per tahun.

7. Eindhoven University of Technology

Eindhoven University of Technology
Eindhoven University of Technology

Eindhoven University of Technology merupakan sebuah universitas teknologi publik yang didirikan sekitar tahun 1956. Universitas tersebut berada di Eindhoven, Belanda dan memiliki lebih dari 10.000 mahasiswa.

Fakultas yang ada di Eindhoven University of Technology ini antara lain teknik Biomedis, Lingkungan Binaan, Teknik Elektro, Desain Industri, Teknik Kimia, Teknik Industri dan Inovasi, Fisika Terapan, Teknik Mesin, hingga Matematika dan Ilmu Komputer. Biaya masuk untuk program Sarjana adalah 10.000 EURO dan program Magister ada di kisaran 15.000 EURO per tahun.

Biaya Hidup di Belanda

biaya kuliah dan biaya hidup di belanda
biaya kuliah dan biaya hidup di belanda

Bisa dikatakan biaya hidup di Belanda jauh lebih tinggi apabila dibandingkan dengan Indonesia. Maka dari itu, jika Kamu ingin tahu rincian biaya saat tinggal di Belanda simak ulasannya di bawah ini.

1. Biaya Tempat Tinggal

Untuk bisa tinggal di Belanda, Kamu bisa menyewa apartemen yang dibedakan berdasarkan daerah dan tempat tidurnya. Secara rinci, Kamu bisa lihat di bawah ini.
• Apartemen 1 kamar tidur di pusat kota = 730 – 1.700 EURO ( Luar pusat kota = 594-1.300 EURO) perbulan.
• Apartemen 3 kamar tidur di pusat kota = 1.100 – 2.700 EURO (Luar pusat kota = 900 – 2.000 EURO) perbulan.

2. Biaya utilitas

Untuk biaya utilitas seperti listrik, air sampah, dan lain-lain memiliki harga yang berbeda-beda. Rinciannya bisa Kamu lihat di bawah ini.

• Biaya listrik pemanas ruangan, air, dan sampah : 119-250 EURO perbulan.
• Pulsa telepon untuk satu ponsel prabayar : 0,05 -0,20 EURO permenit.
• Internet 60 Mbps atau lebih, unlimited : 30 – 58 EURO perbulan.

3. Biaya Makanan dan Minuman di Belanda

Biaya makanan dan minuman di Belanda cukup tinggi sehingga Kamu harus persiapkan anggaran sehemat mungkin. Secara rinciannya bisa dilihat di bawah ini.

• Makan di restoran murah : 10.00-25 EURO per porsi
• Makan di restoran kelas menengah: 45 -100 EURO per porsi
• Makan di McDonalds : 8-10 EURO per porsi
• Air mineral (0,33 Liter dalam satu botol) : 1,50 -2,80 EURO perbotol.

4. Biaya Transportasi

Transportasi di Belanda lebih dominan menggunakan kendaraan umum hingga berjalan kaki. Tarif saat menggunakan transportasi umum adalah sebagai berikut.

• Satu tiket transportasi lokal: 2,00 – 4,50 EURO per tiket
• Taksi tarif normal: 3 -7,5 EURO (tarif per 1 km : 2-3 EURO)
• Sewa mobil perhari : 21.000 -30.000 EURO

5. Biaya Hiburan

Untuk hiburan, Kamu bisa bermain ke bioskop dengan harga tiket sekitar 10 – 15 EURO per tiket. Kamu juga bisa mencari hiburan dengan berjalan kaki dan menikmati pemandangan di Belanda secara gratis.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Dari ulasan di atas, kita bisa melihat bahwa biaya kuliah dan biaya hidup di Belanda cukup mahal sehingga Kamu benar-benar harus berhemat ketika tinggal di sana.

Instagram