Inilah Jenis Jenis Asuransi Unit Link

Berbicara tentang jenis asuransi unit link saat ini bisa menjadi dambaan untuk sebagian orang. Apalagi, asuransi unit link merupakan gabungan dari sebuah asuransi jiwa dengan sebuah investasi. Secara umum, tujuan adanya asuransi unit link adalah memberikan hasil imbal semaksimal mungkin.Dari hal tersebut, kita pun bisa melihat bahwa keberadaan asuransi unit link memberikan keuntungan lebih banyak. Ditambah lagi, asuransi unit link memiliki banyak jenisnya sesuai dengan penempatan dananya.

Jenis-jenis Asuransi Unit Link Berdasarkan Penempatan Dana

Untuk mengetahui apa saja jenis-jenis asuransi unit link hingga daftar biayanya, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Dana Unit Link Pasar Uang

Jenis penempatan dana yang pertama pada asuransi unit link adalah dana unit link pasar uang. jenis ini juga dikenal dengan nama lain cash fund unit link.  Produk asuransi unit link dengan penempatan dana unit link pasar uang merupakan jenis produk yang penempatan seluruh porsi dana investasinya melalui berbagai instrumen pasar uang. Contohnya seperti surat utang berjangka kurang dari satu tahun hingga deposito berjangka.

Bisa dikatakan, produk ini memiliki risiko paling rendah. Akan tetapi, jenis asuransi unit link ini juga memberikan imbal hasil terbatas. Dengan begitu, produk unit link dengan jenis dana unit link pasar uang ini sangat cocok untuk beberapa nasabah.

Contohnya pada orang-orang yang ingin memiliki asuransi sekaligus investasi sekaligus. Selain itu, jenis satu ini juga cocok pada nasabah yang tidak berani mengambil risiko besar maupun pemula dalam berinvestasi.

Dana Unit Link Pendapatan Tetap atau Obligasi

Selanjutnya, ada fixed income unit link atau dana unit link pendapatan tetap maupun obligasi. Jenis asuransi unit link ini menggunakan penempatan dana unit link pendapatan tetap. Selain itu, penempatan porsi dana investasinya dikelola sekurang-kurangnya sebesar 80% pada instrumen surat utang atau obligasi. Sedangkan selebihnya justru dikelola melalui instrumen pasar uang.

Jenis dana unit link pendapatan tetap ini memiliki risiko investasi yang terbilang lebih tinggi dibandingkan dana unit link pasar uang. Namun, tentu saja nilai imbal hasil atau keuntungan yang ditawarkan pun juga lebih tinggi. Meskipun begitu, nilainya masih lebih rendah ketimbang imbal hasil dari produk unit link campuran maupun saham.

Dengan fakta tersebut, jenis asuransi unit link ini lebih cocok bagi orang-orang yang menginginkan nilai imbal hasil yang relatif stabil. Bahkan, jenis ini bisa jadi agen asuransi jiwa terbaik dengan dukungan teknologi.  Efeknya adalah proses jualan asuransi jadi lebih mudah.

Inilah Jenis Jenis Asuransi Unit Link yang Beredar Saat ini

Dana Unit Link Saham

Jenis asuransi unit link ketiga adalah dana unit link saham atau sering juga disebut dengan istilah equity fund unit link dalam Bahasa Inggris. Bagian yang dimaksud dari asuransi unit link saham adalah suatu produk asuransi yang penempatan dananya berupa sekurang-kurangnya 80% dari portofolio investasi. Nantinya dana akan dikelola ke dalam instrumen saham.

Seperti yang kita ketahui bahwa saham umumnya memberikan potensi imbal hasil yang cenderung jauh lebih tinggi. bentuknya berupa keuntungan modal melalui pertumbuhan harga saham dan dividen. Namun, dengan unit link saham yang menawarkan potensi pertumbuhan nilai investasi paling besar, tentunya sebanding dengan risiko paling besar juga.

Dengan demikian, jenis produk asuransi unit link saham atau equity fund unit link ini lebih cocok untuk orang yang mengharapkan hasil investasi tinggi. Selain itu, nasabah yang sudah terbiasa dengan investasi berisiko tinggi juga cocok dengan asuransi unit link satu ini.

Lihat Juga Cara Bayar Tagihan dari Singapura

Dana Unit Link Campuran

Dana unit link campuran merupakan jenis asuransi unit link terakhir berdasarkan penempatan dananya. Istilah dalam bahasa Inggris bernama managed fund unit link.

Jenis dana unit link campuran ini merupakan sebuah produk asuransi unit link yang penempatan porsi dana investasinya dilakukan melalui berbagai jenis instrumen investasi.  Hal tersebut mulai dari saham, surat utang, hingga pasar uang. Bahkan, perbandingannya tidak termasuk ke dalam kategori unit link pendapatan tetap maupun jenis saham.

Secara teori, potensi imbal hasil dan risiko dari produk dana asuransi unit link campuran memiliki kemungkinan nilai yang bisa lebih besar. Bahkan jumlahnya lebih besar dibandingkan unit link pendapatan tetap. Meskipun begitu, potensinya masih lebih kecil daripada jenis unit link saham.

Oleh karena itu, jenis dana unit link campuran atau managed fund unit link ini lebih cocok untuk orang-orang yang ingin mendapatkan pendapatan cukup. Selain itu, dana unit ini juga cocok pada orang yang sambil tetap mengharapkan hasil investasi jangka panjang.

Baca juga artikel lainnya di Blog Transfez

Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Pakistan Mengunakan Maskapai Penerbangan
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Vietnam Berdasarkan kecepatan Pesawat
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Bangladesh Sesuai Kota Keberangkatan dan Kecepatan Pesawat
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Belanda Tepatnya ke Amsterdam

Jenis-Jenis Asuransi Unit Link Berdasarkan Pembayaran Premi

Selain berdasarkan penempatan dana, jenis asuransi unit link selanjutnya ada yang berdasarkan pembayaran premi. Untuk pembahasannya bisa kamu lihat di bawah ini.

Unit Link Premi Tunggal

Pertama ada unit link premi tunggal. Jenis asuransi unit link ini membuat nasabah berkewajiban membayar premi tunggal secara sekaligus di muka. Cara pembayaran premi tunggal ini sangat cocok bagi orang secara finansial yang sudah mapan.

Sebab, setoran preminya cukup besar dan hanya dilakukan satu kali selama masa perlindungan polis asuransi. Selanjutnya, nasabah tidak mempunyai kewajiban untuk membayar premi lagi. Namun, artinya nilai preminya termasuk paling tinggi dibandingkan jenis asuransi yang lain.

Unit Link Premi Berkala

Kedua ada unit link premi berkala. Pada jenis asuransi ini, nasabah harus membayar premi secara berkala atau bertahap. Tahapan pembayaran premi ini bisa setiap bulan, setiap triwulan, atau setiap tahun hingga jangka waktu tertentu.

Jenis unit link premi berkala ini sangat cocok untuk seseorang yang ingin mendapatkan perlindungan sekaligus investasi meskipun dananya terbatas. Produk ini juga sering menjadi pilihan bagi orang yang masih berusia muda.

Untuk jenis ini, dana investasi nasabah tidak boleh ditarik selama jangka waktu tertentu. Contohnya pada waktu enam atau tujuh tahun karena perusahaan asuransi biasanya baru memasukkan dana nasabah ke keranjang investasi pada tahun keempat atau kelima.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikian jenis-jenis asuransi unit link yang beredar saat ini. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat.