Artikel polis dari Transfez

Artikel ini membahas tentang polis, mulai dari pengertian, fungsi, dan jenis yang ada di asuransi. Untuk kalian yang punya investasi di asuransi, wajib mengerti soal ini.

Asuransi adalah suatu hal yang cukup kompleks, butuh pertimbangan dan pemahaman yang sangat matang sebelum memakainya. Walaupun asuransi ini bukanlah sesuatu yang asing bagi pendengaran kita, tetapi dalam kenyataannya saat ini masih banyak orang yang masih belum paham seutuhnya mengenai asuransi.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Dengan pemahaman yang kurang tersebut, pasti pada akhirnya menurunkan minat dari kebanyakan orang untuk dapat menggunakan asuransi. Di Indonesia sendiri perkembangan asuransi berkembang cukup baik.

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya perusahaan asuransi yang terdapat di negeri ini. Terdapat peningkatan jumlah pengguna asuransi dari tahun ke tahun. Pentingnya perlindungan jiwa serta aset membuat masyarakat ingin menggunakan layanan asuransi ini.

Banyaknya jenis asuransi juga membuat orang-orang dapat memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhannya.

Artikel polis dari Transfez

Pengertian Polis

Polis adalah sebuah bukti perjanjian tertulis yang dilakukan oleh nasabah pengguna layanan asuransi dengan pihak perusahaan asuransi. Yang mana isinya ialah penjelasan tentang hak dan kewajiban antara kedua belah pihak.

Perjanjian yang dilakukan kedua belah pihak ini menjadi bukti yang kuat dan sah yang telah tertulis. Dengan adanya polis ini maka kedua belah pihak telah terikat dengan tanggung jawab masing-masing sebagaimana yang telah disepakati dari awal perjanjian.

Polis asuransi adalah sesuatu yang sangat penting karena dengan polis ini dapat melindungi hak dan kewajiban nasabah dan pihak perusahaan.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

Contoh dan Jenis Polis Asuransi

Polis Veem

Polis veem adalah sebuah polis yang menjadi perjanjian kepada perusahaan asuransi untuk menanggung atau membayarkan sejumlah uang atas resiko kerusakan barang dari nasabah yang disimpan di sebuah tempat.

Polis Tidak Ditaksir

Polis yang juga disebut Unvalued Policy ini adalah memungkinkan nilai pertanggungan yang tertera di dalam polis hanya dipakai atau digunakan untuk batas maksimal atau ada satuan tersendiri untuk menentukan besarnya nominal klaim yang diberikan.

Polis Kendaraan Bermotor

Polis ini diberikan kepada kendaraan bermotor milik nasabah yang telah didaftarkan sebagai jaminan asuransi. Oleh karena itu perusahaan asuransi menanggung polis dari motor ataupun mobil dengan kerugian yang mungkin terjadi pada kendaraan di kemudian hari.

Polis Asuransi Jiwa

Polis yang satu ini menjadikan perusahaan asuransi memberikan sejumlah uang kepada nasabah. Yang mana uang tersebut nantinya akan diserahkan kepada ahli waris jika nasabah telah meninggal. Polis ini meliputi murni, unit link sampai dwiguna.

Contoh Polis Asuransi Jiwa

a. Asuransi Pensiun
b. Seumur hidup (Whole Life)
c. Berjangka (Term Life)
d. Asuransi Jiwa Anak
e. Unit Link

Polis Perjalanan

Polis perjalanan adalah polis yang menjadikan perusahaan asuransi memberikan jaminan ganti rugi selama nasabah atau yang tertanggung melakukan perjalanan ke suatu tujuan dan dalam waktu tertentu. Jaminan ini berlaku dari nasabah berangkat sampai kembali ke tempat asal. Contohnya adalah untuk wartawan yang akan berangkat meliput berita di kawasan yang berbahaya.

Polis Ditaksir

Polis ini menjadikan nasabah mendapatkan ganti rugi dari nominal yang telah ditentukan pada perjanjian awal.

Polis Asuransi Rumah

Polis ini juga disebut Polis Properti, polis ini menjadikan nasabah untuk mendapatkan ganti dari kerugian karena tempat tinggal atau rumahnya mengalami kerusakan akibat kebakaran, banjir, bencana alam atau ketentuan lainnya yang telah tertulis dalam perjanjian sebelumnya.

Polis Resiko Perang

Jenis polis ini memberikan asuransi jaminan jiwa kepada orang atau nasabah yang sedang berada di kawasan atau wilayah peperangan.

Polis Kesehatan

Polis untuk jaminan kesehatan ini adalah jenis polis yang sering digunakan oleh masyarakat. Perusahaan asuransi akan memberikan jaminan biaya perawatan media jika nasabah mengalami kecelakaan atau sedang sakit berat. Jaminan asuransi ini biasanya ditanggung untuk rawat inap atau rawat jalan.

Contoh Polis Asuransi Kesehatan

a. Kesehatan pribadi
b. Kesehatan keluarga
c. Asuransi Penyakit Kritis, seperti Super Strong
d. Kesehatan yang dikhususkan untuk orang berusia 60 tahun ke atas
e. Kesehatan kantor
f. Asuransi melahirkan
g. Asuransi Kecelakaan Pribadi, seperti Super Safe

Polis Asuransi Mikro

Jenis polis asuransi yang berukuran kecil sesuai namanya. Jangka waktu untuk perlindungannya biasanya pun lebih pendek, hanya beberapa hari atau satu bulan ataupun satu tahun saja. Karena manfaatnya cukup besar jika dibandingkan dengan asuransi jiwa pada umumnya, maka asuransi mikro ini menjadi salah satu yang paling populer. Asuransi mikro lainnya yang lebih spesifik adalah asuransi untuk penyakit-penyakit tertentu dan untuk olahraga.

Polis Mengambang

Polis yang disebut juga dengan floating policy ini adalah sebuah polis yang digunakan pada asuransi untuk barang-barang yang disimpan di beberapa tempat. Karena lokasi atau tempat penyimpanannya berbeda-beda, maka nilai preminya pun floating atau dapat berubah-ubah seiringnya waktu.

Fungsi Polis untuk Nasabah

– Menjadi bukti pembayaran premi yang diberikan kepada pihak perusahaan asuransi.
– Sebagai bukti tertulis atas jaminan penanggungan berbagai resiko dan penggantian kerugian yang mungkin terjadi pada tertanggung yang tertulis dalam polis.
– Menjadi bukti kuat dan sah untuk menuntut penanggung jika suatu saat terjadi kelalaian dalam memenuhi jaminan yang menjadi hak nasabah.
Fungsi Polis untuk Perusahaan
– Sebagai bukti kuat untuk menolak tuntutan klaim yang diajukan oleh tertanggung jika tidak memenuhi syarat polis.
– Sebagai bukti akan kamu terima premi asuransi yang dibayarkan oleh pihak tertanggung.
– Menjadi bukti tertulis atas jaminan yang diberikan kepada nasabah.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Penutup

Demikianlah informasi lengkap dari Polis mulai dari pengertian dan jenisnya. Jika masih ada pertanyaan mengenai topik pembahasan ini, bisa tulis komentar di bawah atau mention ke social media kami.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instagram