Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang. Memulai perencanaan untuk melakukan investasi harus dipertimbangkan dengan maksimal. Sebab untuk terjun ke dalamnya selain mendapatkan keuntungan besar juga terdapat resiko yang telah menantinya.

Setiap penanaman modal selalu memiliki resiko yang memang harus diterima sebagai investor. Baik itu resiko dengan tingkatan rendah ataupun tinggi.

Apa itu Investasi Jangka Panjang?

Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang adalah satu bentuk investasi penanaman modal ataupun aset yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mendapatkan keuntungan. Lama waktu yang dibutuhkan untuk menunggu kenaikan harga bisa 1 tahun hingga 10 tahun.

Pemilihan penanaman modal untuk jangka panjang membutuhkan penantian yang sangat lama. Namun keuntungan yang bisa kamu dapatkan bisa berlipat dan seimbang dengan penantiannya.

Resiko Melakukan Penanaman Modal Jangka Panjang

Jika membahas tentang resiko, hampir setiap penanaman modal memiliki resiko. Akan tetapi, penanaman modal dalam jangka waktu panjang memiliki tingkat resiko yang terbilang sangat rendah jika dibandingkan dengan jangka pendek.

Ketika kamu memulai menanam modal untuk jangka panjang, maka pergerakannya uang tidak bisa berjalan begitu cepat. Sehingga hal tersebut dapat meminimalisir terjadinya kerugian yang terlalu signifikan.

Perbedaan Investasi Jangka Panjang dan Jangka Pendek

Perbedaan untuk jangka panjang dan jangka pendek terlihat pada segi waktunya. Jangka pendek tidak terlalu membutuhkan waktu dan hanya sekitar 1 tahunan saja.

Jangka pendek mempunyai resiko yang lebih besar dalam hal perputaran uangnya berjalan begitu cepat. Modal yang dibutuhkan juga lebih sedikit jika dibandingkan dengan jangka panjang, namun jangka pendek tidak dapat mendapatkan keuntungan dari hasil efek compouding sebab proses penarikan uangnya cukup singkat.

Tujuan Pemilihan Penanaman Modal Jangka Waktu Panjang

Secara mendasarnya tujuan dari melakukan penanaman modal yakni untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Tidak hanya itu saja, terdapat beberapa tujuan melakukan penanaman modal dalam jangka waktu panjang, antara lain:

• Mendapatkan profit yang cukup profit dan pasti untuk jangka waktu panjang melalui dividen
• Menyiapkan tabungan untuk masa depan seperti halnya biaya pendidikan anak
• Sebagai dana pensiun di hari tua nantinya khususnya untuk para pekerja swasta yang mana tidak memiliki dana pensiun seperti pegawai negeri
• Menghindari resiko yang cukup tinggi.

Jenis Investasi Jangka Waktu Panjang

Berikut ini terdapat beberapa jenis dari penanaman modal jangka waktu panjang terbaik yang dapat dipilih untuk para investor Indonesia.

1. Obligasi

Obligasi merupakan surat utang yang mana diberikan oleh pihak peminjam pada pemberi pinjaman. Biasanya, perusahaan akan memberikan tawaran berupa obligasi untuk para investor.

Di dalam surat obligasi juga disertakan bunga yang wajib dibayar oleh pihak peminjam dan tanggal jatuh tempo dari pinjaman tersebut. Jangka waktu untuk obligasi biasanya sekitar 1 hingga 10 tahun.

2. Saham

Saham merupakan instrumen untuk melakukan penanaman modal yang sangat populer di Indonesia. Sebuah perusahaan akan selalu membagikan dividen pada pemegang saham ataupun penanam modal untuk setiap tahunnya.

Dengan menanam modal maka akan mendapatkan keuntungan tetap dari setiap tahunnya. Makin besar nilainya investasi maka besar juga keuntungan yang nantinya akan kamu dapatkan dari dividen.

3. Properti

Properti merupakan produk dari jenis penanaman modal yang bisa memberikan keuntungan tinggi serta modal dananya juga besar. Meskipun begitu, pemilihan menanam modal pada properti mempunyai peluang besar dan kecil kemungkinan untuk menanggung resiko.

Harga properti seperti halnya tanah dan juga bangunan makin meningkat dalam setiap tahunnya yang mencapai 20%. Keistimewaan dari penanaman modal properti tidak akan berpengaruh pada inflasi.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Keuntungan Melakukan Penanaman Modal Jangka Panjang

Menanam modal untuk jangka panjang tidak hanya untuk meningkatkan kekayaan. Inilah terdapat beberapa keuntungan yang bisa kamu ketahui secara umum:

• Masa depan menjadi lebih terjamin dengan keuntungan pasif yang bisa kamu dapatkan
• Jangka panjang juga menghindari kamu dari pengaruh inflasi
• Jika mempunyai motivasi untuk melakukan investasi maka kamu akan menjadi pribadi yang lebih hemat
• Mendapatkan keuntungan tetap dalam waktu tertentu
• Nilainya akan selalu mengalami peningkatan di setiap tahunnya
• Tidak perlu memantau atas pergerakan sahan untuk setiap waktunya.

Tips Melakukan Penanaman Modal dalam Jangka Panjang

Memulai penanaman modal untuk jangka panjang memang bukan suatu hal yang mudah dilakukan. Perlunya persiapan yang sangat matang dalam hal finansial dan sampai menggangu finansial untuk kebutuhan setiap hari.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk terjun menanam modal jangka panjang:

1. Memilih saham yang fundamentalnya baik

Saham merupakan salah stau produk untuk menanam modal yang sangat berisiko besar. Maka dengan begitu kamu harus mempertimbangkan perusahaan yang fundamentalnya baik.

Jangan terlalu buru-buru serta asal pilih saja, sebab nantinya akan membuat kamu kehilangan aset di perusahaan tersebut. Terlebih jika perusahaan mengalami hal buruk seperti halnya penurunan penjualan hingga resiko gulung tikar.

2. Mempunyai dana darurat untuk investasi

Sebelum kamu memasukkan uang untuk penanaman modal maka pastikan terlebih dahulu mempunyai dana darurat. Dana darurat tersebut untuk memenuhi kebutuhan setiap hari.

Sebab jika kamu sudah memutuskan untuk menanamkan modal pada jangka panjang maka uang tidak dapat dilakukan penarikan kembali. Sehingga matangkan dulu keputusan kamu untuk mengambil langkah tersebut.

3. Kunci investor sukses adalah kesabaran

Tips yang sangat mendasar dan memang wajib untuk dimiliki oleh semua orang yang terjun pada penanaman modal jangka panjang. Dalam memaksimalkan keuntungan pada akhir periode maka kamu harus bersabar terlebih dahulu dan siap menunggu dalam waktu yang lebih lama.

Sebab dalam jangka panjang ini kamu akan mendapatkan keuntungan lebih besar dari modal awal yang kamu keluarkan. Sehingga penantian dalam waktu yang cukup lama tersebut akan seimbang dengan hasil tinggi dan memuaskan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai investasi jangka waktu panjang. Jika kamu mempunyai tabungan yang lebih bisa memulai penanaman modal jangka panjang dan rasakan keuntungannya.