Artikel premi dari Transfez

Premi menurut pengertian dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) adalah Biaya pertanggungan yang dibayar secara sekaligus atau berkala oleh tertanggung kepada penanggung yang didasarkan sebuah polis asuransi atau insurance premium.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Definisi Premi

Premi memiliki pengertian sebagai sekumpulan uang yang telah dibayarkan oleh nasabah atau tertanggung kepada perusahaan sebagai pihak penanggung. Sekumpulan uang tersebut merupakan imbalan dari jasa atas penanggungan segala resiko dan seluruh kerugian yang nantinya sewaktu-waktu akan dialami oleh nasabah atau tertanggung.

Keadaan atau kondisi dari nasabah atau tertanggung nantinya merupakan patokan untuk jumlah premi yang dibayarkan kepada pihak penanggung. Jumlah premi juga dapat dihitung sendiri atau disesuaikan oleh hitungan dari pihak perusahaan selaku penanggung, dalam hal ini biasanya adalah perusahaan asuransi.

Nah, agar kamu lebih memahami tentang premi lebih jauh lagi. Berikut dibawah ini adalah tujuan dari kepemilikan sebuah premi. Mari kita simak!

Artikel premi dari Transfez

Tujuan Kepemilikan Premi

1. Dapat mengeluarkan biaya secara mereka. Premi membuat seorang tertanggung hanya mengeluarkan beberapa biaya dalam jumlah tertentu.

2. Adanya sebuah jaminan dan perlindungan atas segala resiko dan kerugian yang nantinya akan diderita oleh tertanggung atau satu pihak.

3. Premi membuat seorang tertanggung tidak perlu membayar bahkan mengganti keruangan yang nantinya akan timbul dalam jumlah tertentu. Tentangku hanya perlu mengeluarkan biaya dalam jumlah tertentu dalam setiap periodenya.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

Dari tujuan-tujuannya saja sekarang kamu memahaminya kenapa premi kini sangat banyak jenis nya. Hal tersebut tentunya akan menyesuaikan kebutuhan dari seorang tertanggung itu sendiri.
Jika kamu belum tau apa saja jenis-jenis premi. Silahkan simak dibawah ini ya!

Jenis-jenis Premi

a. Jenis Premi Asuransi

Premi memiliki beberapa jenis yang dapat dipilih oleh calon nasabah, yang tentunya akan mereka pilih sesuai dengan kebutuhan yang ia miliki. Beberapa jenisnya adalah sebagai berikut:

1. Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan merupakan jenis premi yang akan menanggung nasabah ketika mengalami kesulitan dalam pembiayaan rumah sakit. Dengan premi ini seluruh kesehatan nasabah akan di cover atau ditutupi biayanya bahkan termasuk biaya obat-obatan.

2. Asuransi Jiwa

Premi ini merupakan proteksi atas finansial yang berbentuk uang pertanggungan yang nantinya akan didapatkan oleh ahli waris, ketika pemegang premi ini meninggal dunia.

3. Asuransi Properti

Premi ini bertujuan untuk memberikan proteksi kepada seluruh properti milik nasabah seperti rumah. Rumah terkadang terkena bencana seperti tanah longsor, atau banjir, dan kejadian buruk seperti kebakaran, dan risiko lainnya misalnya pencurian.Hal-hal tersebut akan dijamin oleh pihak penanggung dengan premi ini.

4. Asuransi Kendaraan

Premi ini dibagi menjadi dua jenis, comprehensive dan Asuransi total loss only. Comprehensive merupakan premi yang nantinya akan mengganti seluruh atau sebagian kerugian yang dialami oleh kendaraan. Total Loss Only adalah premi yang hanya mengganti sekitar 75% dari hal-hal yang terjadi kepada kendaraan.

5. Asuransi Perjalanan

Premi ini sangat dibutuhkan ketika anda sedang berpergian jauh, baik untuk bekerja ataupun liburan. Biasanya premi ini dibayarkan sekali ketika membeli tiket pesawat.

Premi ini memiliki beberapa manfaat yang dapat diambil oleh nasabah antara lain, ganti rugi atas kecelakaan, biaya obat akan diganti, barang-barang hilang akan diganti, mendapatkan santunan atau perlindungan dari kecelakan pesawat, biaya kunjungan anggota keluarga akan diganti, evakuasi medis, ganti rugi delay atau keterlambatan penerbangan, jaminan perlindungan rumah yang ditinggalkan.

b. Jenis Premi Berdasarkan Pembayarannya

Para Nasabah dapat memiliki premi sesuai dari jenis pembayarannya. Premi berdasarkan jenis pembayaran yaitu Reguler Premium dan Single Premium.

Single premium merupakan pembayaran premi yang hanya dibayarkan satu kali saja. Reguler premium merupakan jenis pembayaran premi yang akan dibayarkan dapat beberapa periode secara bertahap, yang biasanya dilakukan 3 bulan sekali, 6 bulan sekali, atau bahkan petahun,
Penjelasan lebih jelasnya adalah sebagai berikut:

Single Premium

Single Premium atau premi tunggul merupakan pembayaran premi yang lebih efisien. Pembayaran premi ini hanya dilakukan sekali saja oleh para nasabah.

Jenis pembayaran ini biasanya mengacu pada produk asuransi yang lebih menonjolkan nilai investasi yagn sedang perkembang. Alokasi dana tersebut biasanya untuk investasi lebih tinggi dibanding produk asuransi itu sendiri.

Jumlah premi yang dibayarkan biasanya akan lebih tinggi dibandingkan regular premium.

Regular Premium

Regular premium atau premium berkala merupakan pembayaran yang harus dilakukan secara teratur atau disiplin. Pembayaran pada jenis premi ini dilakukan secara bertahap atau adanya periode pembayaran yang sudah di setujui oleh nasabah pada awal pembuatan premi.

Premi berkala ini biasanya digunakan untuk seseorang nasabah yang mengambil manfaat proteksi atas asuransi. Biasanya pihak penanggung atau pihak perusahaan akan memberikan banyak pilihan rider yang nantinya dapat memberikan proteksi maksimal untuk nasabah.

Jumlah premi yang dibayarkan lebih terjangkau karena jumlahnya telah dihitung dengan kebutuhan dari nasabah tersebut.

Jumlah pertanggungan yang diberikan jumlahnya lebih besar dibandingkan dengan jenis pembayaran single premium.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

Contoh Premi

Berikut adalah ilustrasi penggunaan premi. Kamu harus memiliki asuransi jiwa murni atau term life karena asuransi ini preminya memiliki jumlah yang paling murah.

Walaupun preminya murah tetapi uang pertanggungan yang akan didapatkan berjumlah besar. Asuransi jiwa murni merupakan premi yang seluruh uangnya tidak ada investasi sehingga seluruh uang yang dikumpulkan akan dijadikan uang proteksi.

Ilustrasinya sebagai berikut:

Ani adalah wanita paruh baya yang berusia 40 tahun. Ia membayar sejumlah premi sebesar Rp. 5 juta dalam satu tahun maka ia akan mendapatkan proteksi dengan nilai maksimal 1 miliar.
Premi tersebut ia bayarkan dengan flat selama 20 tahun.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Penutup

Demikianlah informasi mengenai premi. Semoga dengan membaca artikel ini anda lebih memahami tentang kegunaan premi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instagram