Cara Mengelola Gaji Pendapatan 5 Juta dan Penggunaan yang Tepat

Mempunyai gaji 5 juta terkadang menjadi masalah besar untuk hidup di kota dan sudah berumah tangga. Maka tidak heran jika banyak ibu rumah tangga yang bingung cara mengelola gaji dan menurutnya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan setiap hari.

Padahal tidak ada yang tidak mungkin untuk hidup nyaman dengan gaji 5 juta setiap bulannya. Padahal gaji 5 juta merupakan angka yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan upah Jakarta pada UMP.

Cara Mengelola Gaji 5 Juta

Cara Mengelola Gaji Pendapatan 5 Juta dan Penggunaan yang Tepat

Bagi kamu yang tinggal di Jakarta dengan gaji 5 juta setiap bulan maka tidak perlu bingung dan khawatir tidak cukup. Pasalnya gaji ini dapat dikelola dengan baik untuk memenuhi kebutuhan kamu setiap hari.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Inilah beberapa cara yang dapat kamu gunakan agar gaji 5 juta bisa untuk ditabung dan berinvestasi:

1. Menggunakan sistem zero budgeting

Memang tidak dapat dipungkiri jika besarnya pengeluaran yang kamu lakukan akan berpengaruh besar dalam menentukan hidup. Maka perlu bagi kamu mencatat semua pengeluaran secara detail dalam mengelola gaji dan gunakan sistem zero budgeting yang memang menurut kamu akan menjadi hal aneh.

Langkah pertama dengan menjumlahkan pengeluaran secara rutin untuk setiap bulannya dan pengeluaran akan terbagi menjadi dua bagian yakni pengeluaran tetap dan variabel. Setelah semuanya dijumlahkan maka hitung arus kas bersih atas selisih total pendapatan 5 juta kamu dan pengeluaran.

2. Tidak menambahkan hutang yang bersifat konsumtif

Hutang yang sifatnya konsumtif akan menambah pengeluaran secara pasif dan pastinya akan mengurangi jumlah dari kekayaan bersih kamu. Tidak ada yang salah dengan berhutang, asalkan kamu bisa memilih hutang yang cukup produktif dan tidak merepotkan.

Beberapa hutang produktif seperti halnya hutang pembelian aset yang mana tidak mengalami depresiasi harga. Pastikan bahwa kamu mengangsur hutang yang mana diangsurkan pada setiap bulannya tidak lebih dari 35 persen pendapatan gaji.

3. Menambahkan penghasilan bulanan dan mengelola gaji

Jika kamu memang kurang mampu dalam mengerem pengeluaran dengan gaji 5 juta maka bisa mencari penghasilan yang lain. Sehingga pendapatan kamu nantinya bisa surplus dan nilai kas bersihnya menjadi lebih tinggi.

Baca Juga Artikel Strategi Pemasaran Lainnya dari Transfez

Strategi Pemasaran Digital Lebih Menguntungkan dan Hemat Biaya
Strategi Pemasaran Farmasi dan Persaingan dengan Kompetitor
Strategi Pemasaran Furniture yang Tepat Dijamin Terjual Banyak
Strategi Pemasaran Tempat Hiburan dengan Mengoptimalkan Website
Strategi Pemasaran Skincare dan Kosmetik dengan Video Tutorial

Terdapat 2 cara untuk kamu bisa meningkatkan penghasilan bulanan yakni dengan menggunakan cara pasif seperti investasi pada instrumen pendapatan tetap. Namun jika kamu tidak memiliki dana yang cukup untuk memulainya maka bisa mencari kerja sampingan seperti membuka usaha kecil dan memutarkan uang.

4. Memastikan besaran tabungan atau investasi minimal 10 persen

Nilai dari rasio dalam menabung yang cukup ideal untuk merencanakan keuangan yakni sejumlah 10 persen dari total pemasukan setiap bulan. Jika pemasukan kamu 5 juta maka 500 ribu bisa digunakan untuk menabung atau investasi.

Dana yang akan kamu tabung atau investasikan pastikan penempatannya sudah benar dan tepat. Selain itu tabungan juga dijadikan sebagai dana darurat yang bisa menjadi proteksi keuangan pertama untuk hidup kamu.

5. Menghitung kebutuhan uang pertanggungan asuransi jiwa

Mengelola gaji 5 juta yang kamu dapatkan ini tidak hanya untuk investasi saja namun juga bisa asuransi jiwa. Asuransi jiwa mempunyai keuntungan untuk memitigasi resiko atas hilangnya penghasilan bulanan.

Sehingga jika suatu hari terjadi hal yang tidak diinginkan bisa kamu gunakan tanpa harus mengganggu kondisi keuangan. Guna mengetahui kisaran uang pertanggungan asuransi jiwa sebaiknya kamu menghitungnya secara benar dan pastikan sesuai dengan kemampuan.

6. Memenuhi kebutuhan jangka pendek dan pajang dengan skala prioritas

Dalam hal ini kamu harus membuat daftar yang menjadi tujuan untuk skala prioritas jangka pendek dan panjang serta dana kebutuhan yang harus direalisasikan. Jangan lupa untuk mencantumkan periode waktunya dalam merealisasikan tujuan tersebut.

Tujuan yang harus dipenuhi seperti halnya membayar DP rumah, persiapan untuk kelahiran atau pendidikan anak, selain itu juga bisa untuk tujuan jangka panjang seperti investasi. Dengan begitu penghasilan 5 juta dapat digunakan untuk kebutuhan masa depan.

7. Melakukan pemeriksaan kesehatan keuangan secara rutin

Memeriksa kondisi kesehatan keuangan tidak jauh berbeda dengan melakukan pengecekan kesehatan tubuh. Terdapat beberapa rasio yang dapat digunakan untuk bisa mengukur kesehatan seseorang.

Kamu pun juga bisa melakukan pengecekan kondisi keuangan dengan menggunakan situs Lifepal. Sehingga bisa diketahui sejauh mana kondisi keuangan kamu saat ini.

8. Anggaran konsumsi harian

Saat mendapatkan gaji bulanan dengan pendapatan 5 juta maka perlu kamu perhitungkan untuk mengatur konsumsi harian. Salah satu cara bentuk penghematan konsumsi harian dan mengelola gaji agar tidak amblas dengan memasak sendiri.

Kurangi pengeluaran untuk jajan di luar agar tidak terjadi pembengkakan dana. Anggaran ini bisa kamu perhitungkan secara detail agar bisa memenuhi kebutuhan yang lainnya.

9. Anggaran sewa atau membeli rumah

Jika kamu tinggal di Jakarta dan belum mempunyai rumah maka sangat penting membuat anggaran untuk sewa rumah. Tidak hanya sewa rumah saja, kamu juga bisa membeli rumah dengan sistem kredit dan membayarkan angsuran untuk setiap bulannya.

Hal seperti ini bisa kamu lakukan dengan mudah, selain dana penghasilan tersebut tidak abis, kelak kamu juga mendapatkan rumah seutuhnya. Cara ini bisa dibilang investasi untuk jangka panjang yang sangat menguntungkan.

10. Membuat anggaran kebutuhan transportasi dan tagihan bulanan

Mengelola gaji 5 juta setiap bulan sebenarnya caranya sangat mudah jika kamu bukan tipe orang yang konsumtif. Sebab meskipun mempunyai tanggungan yang banyak kamu tetap bisa memenuhinya dengan baik dan mengatur pendapatan sedemikian rupa sepeti anggaran transportasi dan juga tagihan listrik hingga air.

Bukan menjadi suatu hal yang tidak mungkin bagi kamu memberikan anggaran yang tepat. Jika kamu sudah menganggarkan dana transportasi dan tagihan maka tidak akan digunakan untuk hal lainnya.

Cara Mendaftarkan Akun Jack untuk Kemudahan Finansial Perusahaan Anda

Gunakan Transfez dengan Jack untuk kebutuhan bisnis Anda

ID CTA 1

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa penjabaran penggunaan dan cara mengelola gaji dengan baik. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek namun juga jangka panjang.