apa itu saham preferen

Keberadaan saham sekarang ini sudah beraneka macam dan variasinya yang dapat dipilih sesuai dengan kemampuan finansial. Salah satunya yang banyak dipilih oleh kalangan yakni preferen di mana dapat diperjualbelikan pada bursa efek.

Pemegang dari preferen sendiri mempunyai hal lebih jika dibandingkan dengan pemegang yang lainnya. Selain itu investornya juga mempunyai hak istimewa yang mana tidak didapatkan ditempat lain,

Apa Bedanya Saham Preferen dan Biasa

Salah satu jenis penanaman yang memberikan prioritasnya pada pemilik atas aset serta laba perusahaan. Preferen adalah gabungan dari obligasi serta saham biasa yang dapat menghasilkan keuntungan dalam bentuk pendapatan tetap untuk pemegangnya.

Sementara itu yang biasa sendiri adalah jenis yang semuanya dapat diperjualbelikan secara umum. Hal ini menempatkan pada pemiliknya paling terakhir atas pembagian dividen serta hak dari kewajiban kekayaannya perusahaan saat bangkrut.

Keuntungan Preferen atau Hak Istimewa Preferen

Saham pada preferen ini juga bisa disebut dengan istimewa yakni mampu mendahulukan pembagian dividen dibandingkan dengan pemegang yang biasa. Selain itu mempunyai hak pembayaran atas dividen tetap yang mana besarannya sama bunga deposito.

Apabila perusahaan mengalami kebangkrutan dan lukuidasi, maka pemegang preferen harus diprioritaskan untuk memperoleh aset perusahaan ataupun pembayaran kembali modalnya. Preferen juga dapat ditukarkan dengan yang biasa, tidak hanya itu saja preferen ada yang diperdagangkan pada bursa saham ada yang tidak, hal itu tergantung dari pihak perusahaannya.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

Kerugian Menggunakan Preferen

Meskipun memang sebagai istimewa namun pemegang sahamnya juga bisa mendapatkan kerugianatau kelemahan yang dimilikinya, antara lain:

Preferen sulit diperjualbelikan

Seperti yang dijelaskan pada keuntungan preferen yakni dapat diperdagangkan dan ada yang tidak bisa. Hal ini juga bisa menjadi kerugian atau kelemahannya karena preferen sendiri cukup sulit untuk diperjualbelikan karena jumlahnya cukup sedikit.

Tidak mempunyai hak suara

Pemegang dari preferen tidak mempunyai hak suara ataupun voting kelika sedang melakukan Rapat Umu Pemegang Saham (RUPS). Hal itu agar bisa menentukan kebijakan dari manajemennya perusahaan ataupun dalam pemilihan direksi dan dewan komisaris.

Tidak dapat membeli lagi di perusahaan

Setelah mempunyai preferen ini pemegang tidak dapat melakukan pembelian lagi pada perusahaan.

Karakteristik Saham dari Preferen dan Biasa

Preferen

  • Mempunyai banyak tingkatan dengan adanya karakteristik yang cukup berbeda
  • Mempunyai prioritas tinggi dalam melakukan pembagian dividen atau keuntungan
  • Dapat ditukar dengan jenis biasa dalam kondisi tertentu
  • Mempunyai hak menerima pembayaran tunggakan atas dividen yang pernah ditangguhkan saat dilakukan pembagian pada  pemegang biasa.

Biasa

  • Mempunyai hak suara saat memilih jajaran manajemen perusahaan dan bisa melakukan kontrol dari kebijakan yang dibuat oleh perusahaan
  • Mempunyai potensi besar dalam memberi keuntungan jangka panjang. Jika kinerjanya perusahaan bagus maka harga juga akan naik atau mengalami peningkatan
  • Tidak dapat dikonversi ataupun dilakukan penukaran menjadi preferen
  • Hak untuk mendapatkan bagian atas aset bisa diberikan sesudah perusahaan membayarkan bagian untuk pemegang perferen terlebih dahulu.

Jenis-Jenis Preferen

Preferen partisipasi atau participating preferred stock

Jenis dari preferen yang dapat memberikan pemegang dividen tambahan sesuai kondisi yang telah ditentukan. Seperti halnya ketika jumlahnya dividen yang dapat diterima oleh pemegang biasa melebihi angka dari jumlah yang telah ditetapkan.

Preferen Kovertibel atau convertible preferred stock

Preferen konvertibel atau sering dikenal dengan preferen yang dapat dikonversikan atau ditukar. Jenis dari preferen yang menyertakan opsian untuk pemegangnya dalam mengubah preferen menjadi jenis biasa setelahnya tanggal dari ketentuan.

Preferen ini dapat ditukarkan atas permintaan secara langsung dari pemegangnya atau sesuai dengan ketentuan pihak perusahaan. Nilainya dari preferen yang bisa dilakukan konversi didasarkan pada kinerjanya jenis biasa di perusahaan.

Preferen disesuaikan atau adjustable rate refund stock/ ARPS

Preferen disesuaikan yakni jenis dari preferen yang mana dividen yang akan dibayarkan bisa bermacam variasi. Nilainya dividen dari preferen ini juga dapat ditentukan berdasarkan atas pergerakan kurs dan dari suku bunga acuannya.

Sehingga jumlah pembayarannya dividen preferen tidak tetap atau disesuaikan. Nilainya dividen juga bisa mengalami penurunan jika suku bunga acuan turun dan begitu sebaliknya.

Preferen yang bisa ditebus atau callable preferred stock

Jenis dari preferen yang bisa ditebus oleh pihak penerbit serta perusahaan dengan nilanya telah ditetapkan sebelum tanggal waktu jatuh tempo. Hal ini biasanya dilakukan oleh perusahaan agar bisa memperoleh pembiayaan sebab melakukan penggabungan ekuitas dan juga utang.

Saham jenis preferen kumulatif atau cumulative preferred stock

Prefern kumulatif atau cumulative preferred stock yakni jenis dari preferen yang mengharuskan perusahaan dapat membayarkan dividen. Hal itu termasuk dari semua tunggakan dividen pada waktu sebelumnya pada pemegang biasa.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke United Kingdom
Cara Kirim Uang ke Rusia
Cara Kirim Uang ke Jerman
Cara Kirim Uang ke Belanda
Cara Kirim Uang ke Prancis
Cara Kirim Uang ke Spanyol
Cara Kirim Uang ke Amerika Serikat
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Contoh dari Preferen di Bursa Efek Indonesia

Contoh dari preferen di BEI mempunyai 4 kode huruf atau ditambahkan huruf “P” artinya preferen. Mereka terdapat beberapa di antaranya:

  • PT Mas Murni Indonesia Tbk (MAMIP)
  • PT Hanson International Tbk (MYRXP)
  • PT Bayer Indonesia Tbk (BYSP)
  • PT Century Textile Industry Tbk (CNTX)
  • PT Squibb Indonesia Tbk (SQBI), dan masih banyak lagi.

Cara Melakukan Pembelian Preferen

Dalam melakukan pembelian preferen khususnya di bursa saham memang bukan suatu hal yang mudah dilakukan. Sebab, preferen yang banyak beredar ini julmlahnya sangat terbatas dan biaya modal preferen terbilang sangat besar.

Pembelinya kebanyakann adalah institusi dan jarang sekali dilakukan oleh investor perorangan sebab institusi mempunyai modal untuk membeli preferen jumlah besar. Inilah yang menjadikan alasan bahwa perusahaan menerbitkan preferen sebab ingin mendapatkan modal dengan jumlah besar dan digunakan untuk kepentingan bisnisnya pada perusahaan tersebut.

Demikianlah beberapa hal tentang saham jenis preferen di perusahaan. Preferen dapat dikatakan sebagai jenis istimewa dengan banyaknya kelebihan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Instagram