Cara Mulai Belajar Investasi Emas Batangan yang Menjanjikan

Belajar investasi emas memang sangat menguntungkan karena belakangan ini emas telah dipercaya oleh kalangan masyarakat untuk dijadikan sebagai instrumen investasi yang paling aman. Selain itu peluang untuk mendapatkan keuntungan juga cukup besar karena cenderung lebih kebal terhadap inflasi.

Pemilihan instrumen investasi emas ini juga mempunyai kekuatan yang dijadikan sebagai lindung terhadap nilai aset. Pembelian investasi emas sebaiknya memilih emas batangan karena memiliki nilai yang cukup tinggi dibandingkan dengan emas perhiasan.

Download Aplikasi Transfez di Googe Play Store dan App Store sekarang juga, GRATIS!

Belajar Investasi Emas Batangan dan Digital

Cara Mulai Belajar Investasi Emas Batangan yang Menjanjikan

Apabila memutuskan ingin memulai kegiatan investasi maka bisa belajar terkait investasi emas. Pemilihan untuk investasi emas ini memiliki risiko yang tidak terlalu tinggi sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi pihak investor.

Berikut ini adalah beberapa langkah cara yang dapat dilakukan untuk belajar instrumen investasi emas:

1. Menentukan Tujuan Investasi Emas

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk terjun investasi emas yaitu menentukan tujuan dari menjalankan investasi tersebut. Seperti halnya tujuan investasi emas yang dijadikan sebagai modal pembelian properti, modal usaha, membeli kendaraan ataupun menunaikan ibadah haji hingga umroh.

Apapun tujuan dari investor yang nantinya ingin dicapai perlu diperhatikan bahwasanya pembelian investasi emas ini dapat disesuaikan dengan budget kemampuan yang dimiliki. Dengan demikian tidak perlu memikirkan batasan untuk pembelian emas yang dilihat dari nilai gram besar, sebaiknya dalam melakukan investasi emas memilih emas yang memiliki gram kecil.

2. Memantau Harga Emas

Belajar investasi emas bisa dengan cara melakukan pemantauan terhadap harga emas karena dari segi nilai jualnya sendiri juga lebih fluktuatif yang nantinya bisa mengalami kenaikan ataupun penurunan terhadap harga. Maka dari itu penting dalam melakukan pengecekan terhadap harga emas secara rutin supaya bisa memantau untuk membeli atau menjual emas.

Pemantauan terhadap harga emas ini menjadi sebuah kunci ketika ingin melakukan kegiatan transaksi sehingga bisa memutuskan kapan emas tersebut akan dibeli dan kapan emas tersebut akan dijual. Waktu dalam penjualan emas ini harus memilih waktu yang tepat ketika harga emas sedang tinggi dan waktu terbaik dalam pembelian emas yaitu harganya saat sedang turun.

3. Bertransaksi Emas yang Aman dan Terpercaya

Belajar investasi emas memang bukan suatu hal yang sulit untuk dilakukan akan tetapi ketika tidak melakukan pembelian atau bertransaksi di tempat yang aman dan terpercaya justru Ini bisa menimbulkan risiko kerugian. Meskipun transaksi pembelian emas ini tergolong minim risiko akan tetapi menjadi suatu hal yang tidak mungkin dalam kegiatan investasi tidak mendapatkan kerugian.

Maka dari itu dalam transaksi sebaiknya memilih pembelian yang aman dan terpercaya supaya terbebas dari tindakan kriminal karena sekarang ini juga sudah banyak investasi penipuan atau bodong. Sebagai pemula tentunya harus memperhatikan hal seperti ini supaya tidak terkecoh dengan penawaran yang menarik.

4. Mengenali Jenis Investasi Emas

Dalam belajar investasi emas yang perlu diperhatikan yaitu mengenali jenis investasi emas itu sendiri baik itu emas koin, emas batangan ataupun emas perhiasan yang terlihat secara fisik dan barangnya tersebut bisa disimpan secara mandiri oleh investor. Hal ini berbeda ketika melakukan investasi emas secara online sehingga bentuknya tidak terlihat dan cukup menabung emas, melakukan jual beli emas hingga konsinyasi emas.

Semua kegiatan investasi tersebut tentunya akan memperoleh keuntungan ataupun kerugian hingga kelebihan ataupun kekurangan yang perlu diperhatikan oleh investor pemula. Jika memang memutuskan untuk membeli investasi emas secara online tentunya harus benar-benar dipertimbangkan secara matang sebelum melakukannya.

5. Mengenali Tempat Investasi

Melakukan investasi emas memang cenderung lebih aman daripada jenis investasi lain yang memiliki tingkat risiko cukup tinggi. Akan tetapi dalam melakukan transaksi jual beli emas sebaiknya mengenali tempat tersebut dengan baik sehingga dipastikan transaksi yang dilakukan memiliki kredibilitas dan tidak menimbulkan penipuan.

6. Mengetahui Tingkat Kemurnian Emas

Sebagai investor supaya tidak terkecoh dengan pemilihan kemurnian emas sebaiknya mengetahui terlebih dahulu tingkat dari kemurnian emas ini memiliki beberapa jenis seperti halnya 24 karat serta 18 karat.

Pada jenis emas batangan yang memiliki kandungan 24 karat menjadi emas batangan dengan kemurnian emas paling tinggi dan tidak ada campuran logam di dalamnya.

Lihat Juga Video Cara Mudah Melakukan Pengiriman Uang Ke Luar Negeri

Sementara itu untuk emas batangan yang memiliki kandungan 18 karat terdapat 18 bagian emas dan memiliki campuran sebanyak 6 logam lainnya. Supaya nantinya tetap mendapatkan keuntungan yang tinggi atas transaksi pembelian emas ini maka sebaiknya memilih emas batangan yang mempunyai kandungan 24 karat sehingga ketika dijual kembali harganya tetap tinggi.

7. Menentukan Ukuran Emas

Belajar investasi emas tidak hanya mengetahui cara pembeliannya saja, akan tetapi pastikan menentukan ukuran emasnya yang nantinya akan dibeli supaya dapat dijadikan sebagai instrumen investasi.

Pembelian emas batangan sebenarnya sangat bervariasi dengan penawaran ukuran gram mulai dari yang paling kecil hingga yang terbesar sampai 1 kg sehingga investor diberikan kebebasan untuk memilih jumlah sesuai dengan budget yang dimilikinya.

Baca Juga Artikel Tentang Investasi Lainnya dari Transfez

Cara Investasi Saham Luar Negeri
Cara Memulai Investasi Properti Rumah Kontrakan
Cara Memulai Investasi untuk Pengantin Baru
Cara Memulai Investasi dari Nol
Investasi untuk Kaum Muda dalam Mempersiapkan Masa Depan
Tips Memilih Manajer Investasi
Investasi Saham Aktif dan Pasif

Jika ingin melakukan investasi emas batangan yang nantinya akan disimpan tidak untuk tujuan tabungan jangka panjang sebaiknya memilih emas batangan dengan gram yang cenderung lebih kecil. Hal ini dikarenakan untuk emas batangan yang memiliki gram lebih kecil biasanya mudah dalam mencairkan dibandingkan dengan pemberian emas yang memiliki gram besar.

Download Aplikasi Transfez di Google Play Store dan App Store sekarang juga, GRATIS!

8. Memikirkan Tempat Penyimpanan Emas

Apabila sudah memutuskan untuk melakukan pembelian emas batangan sebaiknya juga memikirkan di mana tempat penyimpanan emas yang tepat dan aman. Dalam menentukan tempat penyimpanan tidak hanya dari segi keamanannya saja namun tempat tersebut juga harus bersih sehingga tidak menjadikan emas yang disimpan berkarat ataupun berjamur.

Jika ingin melakukan penyimpanan emas itu di dalam rumah maka bisa membeli kotak brankas yang mempunyai tingkat keamanan tinggi sehingga terhindar dari pencurian. Akan tetapi lebih baiknya kamu bisa menyimpan investasi emas ini di lembaga keuangan seperti halnya Pegadaian yang cenderung lebih aman.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk belajar investasi emas batangan supaya memberikan keuntungan di kemudian hari. Dalam membeli emas sebaiknya memperhatikan banyak hal supaya tidak menimbulkan tingkat resiko kerugian yang besar.