jenis modal ada apa aja lur

Modal merupakan hal yang paling dibutuhkan untuk orang berbisnis sejak zaman dahulu hingga saat ini. Modal bisa didapatkan melalui apa saja bekerja atau dengan meminjam dari orang atau lembaga keuangan seperti bank.

Dari modal tersebutlah seseorang bisa melakukan kegiatan bisnis, dan mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar dan menjadi pengusaha yang sukses. Sehingga dapat memberikan dampak menggerakan pergerakan perekonomian secara luas.

Dalam prakteknya ada beberapa orang yang memiliki modal yang berubah hal yang tidak bisa diuangkan, di lain pihak ada seseorang yang memiliki modal uang tapi tidak dapat menjalankan bisnisnya dengan baik.

Sebab itulah mengapa diperlukan kerjasama dengan banyak pihak untuk menjalankan bisnis bersama yang didasarkan dengan modal yang dimiliki masing-masing.

Pengertian Modal Menurut Para Ahli

Bambang Riyanto

Menurut Bambang Riyanto modal merupakan suatu hasil produksi yang dapat dimanfaatkan kembali untuk diproduksi lebih lanjut. Pada prosesnya modal lebih berfokus pada nilai, daya beli, atau kekuasaan yang terdapat barang-barang yang menggunakan modal.

Drs Moekijat

Menurut Drs Moekijat modal merupakan semua hal yang dipunyai oleh pihak perusahaan seperti uang tunai, kredit, hal dalam membuat, serta menjual pada bentuk paten, property, dan mesin. Pengertian Modal Menurut Andrew Mayo

Nah, jika kamu ingin terjun ke bisnis kamu harus mampu memahami modal dengan baik. Berikut dibawah ini adalah jenis-jenis modal yang harus kamu ketahui, dan pahami.

jenis modal banyak ternyata ya lur

Baca Juga Artikel Tentang Kehidupan di Luar Negeri:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Jenis Jenis Modal

Jenis Modal dari Sumbernya

Jenis modal berdasarkan sumbernya terdiri dari dua jenis yaitu modal internal dan modal eksternal, yaitu:

Modal Internal

Modal internal merupakan modal yang bersumber dari kekayaan milik perusahaan yaitu modal para pemegang saham, penjualan surat berharga, atau dari keuntungan perusahaan.

Contoh modal internal yaitu kendaraan, alat produksi, tabungan pribadi, saham, inventatis, keuntungan perusahaan, tanah, dan kekayaan lainnya tidak ada hubungannya dengan pihak luar.

Modal eksternal

Modal eksternal merupakan modal yang bersumber selain dari kekayaan perusahaan, sumbernya bisa besar dari kreditur, investor, koperasi, bank dan pinjaman personal.

Umumnya modal eksternal dibutuhkan sebab keterbatasan sumber modal internal dari perusahaan tersebut. Kekhawatiran dari pengelola perusahaan akan tidak mencukupinya modal internal perusahaan yang dalam mengoperasionalkan kegiatan perusahaan.

Contoh dari modal eksternal yaitu gaji karyawan yang belum dibayarkan, pinjaman dari bank, pinjaman dari karyawan, investasi yang disetorkan oleh investor, dan biaya produksi yang belum dibayarkan ke supplier.

Jenis Modal Berdasarkan Pemiliknya

Modal juga dibedakan dari pemiliknya. Jenis Modal berdasarkan pemiliknya terdapat dua jenis yaitu modal perseorangan dan modal sosial.

Berikut dibawah ini adalah penjelasannya!

Modal Perseorangan

Modal yang bersumber dari pribadi atau seseorang merupakan modal perseroan. Modal perseroan memiliki kelebihan yaitu membedakan banyak aktivitas bisnis, dan dapat memaksimalkan profit atau keuntungan kepada pemilik bisnis

Contoh Modal Perseorangan yaitu properti, deposito, dan saham

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke Hongkong
Cara Transfer Uang ke Filipina
Cara Transfer Uang ke Australia
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

Modal Sosial

Modal sosial merupakan modal yang bersumber dari modal milik masyarakat. Manfaat yang diberikan dari modal sosial ini adalah masyarakat umum dapat melakukan banyak aktivitas bisnis.

Contoh modal sosial yaitu Pasar, jembatan, jalan raya, pelabuhan, stasiun, dan lainnya.

Jenis Modal Berdasarkan Wujudnya

Modal Konkret

Mondal Konkret atau sering disebut dengan modal aktif merupakan modal yang bisa dilihat dengan mata langsung, atau memiliki wujud.

Contoh modal konkret yaitu bahan baku, uang, tempat usaha, mesin, gudang, dan sebagainya.

Modal Abstrak

Modal Abstrak atau modal pasif merupakan modal yang tidak bisa dilihat dari mata secara langsung, dan nilainya sulit diukur secara langsung. Modal Abstrak merupakan komponen penting untuk keberlangsungan berjalannya operasional perusahaan.

Contoh modal abstrak yaitu, kemampuan, hak cipta, brand, ilmu pengetahuan, koneksi usaha, media sosial, manajerial usaha, dan lainnya.

Dengan modal konkret dan modal abstrak yang digabungkan bersamaan dapat membangun serta mengembangan bisnis atau perusahaan secara lebih luas lagi.

Jenis Modal Berdasarkan Sifatnya

Modal Tetap

Modal tetap atau sering disebut dengan fixed capital adalah modal yang diperuntukan beberapa kali untuk produksi pada periode panjang atau berulang.

Contoh Modal tetap yaitu mesin, tanah, computer, gedung, alat tes, kendaraan, dan lainnya.

Modal Lancar

Variable capital atau modal lancar merupakan modal yang sekali habis terpakai pada proses produksi.

Contoh modal lancar yaitu bahan baku, alat sekali pakai, bahan bakar, dan lainnya.

Manfaat Modal

Modal merupakan sebuah elemen yang sangat penting pada dunia bisnis. Berikut dibawah ini adalah manfaat-manfaat dari modal.

  • Pengadaan bahan baku’
  • Menjalankan proses produksi
  • Mengurus Perizinan usaha
  • Mengurus hak paten’
  • Membayar gaji karyawan
  • Dana darurat
  • Meningkatkan kepercayaan dalam kerjasama

Jenis Modal Perusahaan

Dalam pasal 41 Undang-undang No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas atau UU PT, dijelaskan bahwa modal  perusahaan terdiri dari 3 jenis modal yaitu modal dasar,modal ditempatkan, dan modal disetor. Seluruh modal wajib ada pada Anggaran Dasar perusahaan walaupun berbeda satu dengan yang lainnya.

  • Modal Dasar, Modal dasar merupakan seluruh nilai nominal saham yang dikeluarkan oleh perusahaan
  • Modal Ditempatkan, Modal ditempatkan merupakan keseluruhan nilai saham yang diambil oleh para pendiri, dan saham yang diambil terdiri dari saham yang sudah dibayarkan dan belum dibayarkan.
  • Modal Disetor, modal disetor merupakan modal yang sudah dibayar oleh pemegang saham secara lunas.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Penutup

Nah, sekarang kamu sudah pahamkan mengenais jenis-jenis modal, pengertian, dan contohnya.

Instagram