pengertian tenggang waktu adalah apa lur

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dijelaskan bahwa Tenggang waktu adalah hutang yang harus dibayarkan setelah waktu yang sudah disepakati.

Sedangkan Menurut Otoritas Jasa Keuangan, Tenggang waktu adalah waktu yang disebutkan dalam perjanjian yaitu waktu pada saat perjanjian disepakati sampai ke pada tanggal pembayaran kembali.

Pengertian Tenggang Waktu

Tengang Waktu dalam Bahasa Inggris adalah days of grace yang merupakan penundaan pembayran utang pokok dan bunga. Biasanya tenggang waktu terdiri dari 10 hari sampai 15 hari sampai jatuh tempo pembayaran yang sudah dijanjikan.

Dalam masa tenggang waktu tersebut tidak akan dikenakan penalty atau denda atas ketelambatan pembiayaan. Bahkan IMF atau Bank Dunia memberikan masa tenggang waktu dalam hitungan tahun.

Dalam perusahaan asuransi biasanya akan memberikan masa tenggang waktu yaitu sekitar 30 hari-an untuk para pemegang polisnya. Ini bertujuan untuk terus melindungi pemegang polis yang melakukan penyimangan ketika mereka tidak bisa membayar tepat waktu atau karena lupa membayar.

Di Negara Bagian AS bahkan diatur dalam UU tentang masa tenggang untuk perusahaan asuransi. Dalam UU tersebut dijelaskan perusahaan asuransi dapat melepaskan pertangnunnya ketika tertanggung telat membayar preminya, pelepasan asuransi tersebut bisa dilakukan tanpa pemberitahuan.

Dalam masa tenggang waktu perusahaan asuransi harus tetap bertanggung jawab mempertahankan hingga kontrak asuransi berakhir. Oleh karenanya kebanyakan perusahaan asuransi akan meminimalisir tenggang waktu untuk menghindari kerugian ketika mereka harus memenuhi klaim tapi tertanggung belum memberikannya.

Mudahnya Tenggang waktu adalah masa tenggang setelah waktu jatuh tempo pembayaran. Di Dalam dunia perbankan tenggang waktu adalah masa tenggang dimana memungkinkan debitur hanya membayar bunga pokok pinjamannya saja pada waktu yang telah disepakati berakhir.

contoh tenggang waktu adalah apa lur

Baca Juga Artikel Tentang Kehidupan di Luar Negeri:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Jenis jenis Tenggang Waktu

Tenggang waktu memiliki beberapa jenis yang dilihat dari periode seberapa tenggang waktu itu berlaku, berikut adalah penjelasannya:

Tenggang waktu pendek

Tenggang waktu pendek adalah tengga waktu yang diberikan sekitar 1 tahun ketika nasabah menyetujui untuk mengembalikan pinjamannya. Tenggat waktu ini harus disetujui oleh kedua belah pihak.

Tenggang Waktu Menengah

Di Dalam tenggang waktu menengah debitur diberikan tempo sekitar 3 tahun untuk melunasi pinjamannya.

Tenggang Waktu Panjang

Tenggang Waktu Panjang memberikan solusi terbaik kepada kreditur yaitu memberikan masa tenggang selama 3 sampai 5 tahun.

Keuntungan Dari Tenggang Waktu

Tentunya Tenggang waktu ini memberikan keuntungan serta manfaat untuk para debitur. Selain itu Bank dan Nasabah dapat mengontrol tenggang waktu pinjaman nasabah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang merugikan kedua belah pihak tersebut.

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke Hongkong
Cara Transfer Uang ke Filipina
Cara Transfer Uang ke Australia
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

Bahaya Melewati Tenggang Waktu Pinjaman

Jika kamu telat membayar pinjaman dan melewati tenggang waktu pinjaman maka kamu anda menghadiri beberapa resiko yang tidak bisa kita hindarkan, yaitu:

Akan dikirimkan surat informasi keterlambatan cicilan hutang yang harus dibayarkan

Surat ini merupakan peringatan awal yang diberikan oleh pihak kreditur sebelum melakukan tahap-tahap selanjutanya seperti menyita asset yang jumlahnya sama dengan jumlah pinjaman.

Bank sebagai pihak kreditur akan melihat sejauh aman keterlambatan dari pembayaran hutang tersebut.

Kreditur Memberikan Surat Peringatan

Jika surat pertama yang berisi tentang pemberitahuan keterlambatan debitur tidak juga membayar hutangnya. Maka akan muncul lagi surat peringatan yang berisi tentang teguran yang lebih keras agar debitur segera membayarkan hutangnya.

Penyitaan Aset

Apabila surat-surat yang dikirim tidak ditanggapi oleh debitur. Maka kreditur dalam hal ini bank akan melakukan tindakan lebih tegas yaitu menyita aset dan digunakan sebagai jaminan.

Ketentuan Tenggang Waktu pada Kartu Kredit

Tenggang waktu pada kartu kredit dapat dilihat dari tanggal penutupan transaksi pada periode satu bulan. Tenggang waktu kredit akan aktif setelah debitur melakukan tagihan transaksi hingga sampai jatuh tempo angsuran di bulan tersebut.

Namun, tidak semua bank memberikan fasilitas fitur melihat tenggang waktu. Oleh karenanya jika kamu ingin membuat kartu kredit kamu harus membaca seluruh persyaratan hingga ketentuan dengan sangat teliti.

Berikut adalah beberapa poin ketentuan tentang tenggang waktu yang harus kamu perhatikan,

  • Dalam periode satu bulan dapat dilihat tanggal penutupan transaksi
  • Melihat waktu jatuh tempo melunasi hutang di kartu kredit
  • Saldo di kartu kredit pada transaksi terakhir

Tenggang waktu ini harus disepakati oleh kreditur dan debitur dalam sebuah surat perjanjian.

Contoh Penerapan Tegang Waktu

Kamu mungkin masih samar-samar dengan tenggang waktu ini. Berikut adalah contoh sederhananya yang dapat kamu simak.

Contoh

Ibu Ani memiliki kartu kredit di Bank V, ia harus membayar tagihannya pada tanggal 26 pada tiap bulannya. Jatuh tempo yang tertulis di perjanjian adalah pada tanggal 5 di bulan selanjutnya.

Bank V memiliki fitur tenggang waktu untuk setiap nasabahnya. Apabila Ibu Ani ingin menggunakan fitur tenggang waktu ini, maka ibu ani harus membayar tagihan pada tempat waktu yaitu sebelum jatuh tempo atau di tanggal 26.

Artinya Ibu Ani tidak perlu membayarkan bunga selama tanggal 26 hingga tanggal 5 dibulan berikutnya. Tapi, jika Ibu ajni ini melenceng ketika membayar hutangnya atau tidak sesuai dengan tanggal penagihan, maka ibu Ani tidak bisa mengikuti fitur tenggang waktu ini.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Penutup

Setelah membahas lebih jauh tentang Tenggang waktu dapat disimpulkan kamu dapat menggunakan fitur ini dengan catatan secara bijak pada kartu kredit kamu. Oleh karenanya wajib sekali membayar tagihan pada waktu yang sudah disepakati agar tidak mendapatkan bunga denda yang berkepanjangan semakin besar jumlahnya.

Instagram