Keuntungan Kuliah S2 di Singapura dan Biaya Pendidikan Pascasarjana

Pernah bayangkan kuliah s2 di Singapura? Melanjutkan pendidikan di luar negeri bukan suatu hal yang tidak mungkin untuk dilakukan salah satunya di Singapura. Banyak sekali kampus yang menerima mahasiswa untuk kuliah S2 di Singapura.

Singapura dapat dijadikan sebagai pertimbangan bagi kamu mengenyam pendidikan lebih tinggi lagi. Dengan kuliah di luar negeri kamu akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dan wawasan luas.

Keuntungan Kuliah S2 di Singapura dan Biaya Pendidikan Pascasarjana

Keuntungan kuliah di Singapura

Singapura sebagai negara yang memiliki sistem keamanan yang sangat baik karena tingkat polusinya terkendali, udaranya bersih dan cocok dijadikan sebagai tempat tinggal untuk kuliah. Kuliah S2 di Singapura membuat kamu merasakan sebagai mahasiswa yang hidup di negara kaya akan budaya.

Selain itu untuk universitasnya sendiri sering kali dinobatkan dengan berbagai macam penghargaan bergengsi pada kelas dunia. Dari penghargaan yang ada mencerminkan bahwa Singapura sebagai negara dengan kualitas pendidikan yang baik.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

Universitas Kuliah S2 di Singapura

Singapura memiliki pilihan universitas yang sangat baik untuk mendukung kegiatan melanjutkan pendidikan dari berbagai jurusan. Bahkan ada 2 universitas yang ada di Singapura masuk sebagai universitas terbaik di dunia.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

Berikut inilah universitas terbaik yang ada di Singapura menurut perankingan:

1. National University of Singapore

Universitas Singapura tertua yang dikenal dengan sebutan NUS ini dulunya pernah menduduki posisi pertama dalam Times Higher Education Asia University Rangkinks 2017. Sistem kuliahnya di universitas ini lebih difokuskan untuk perkembangan individu serta mendukung kemampuan mahasiswa dalam bidang entrepreneur.

NUS juga memberikan fasilitas untuk mahasiswanya dalam penelitian akademik sehingga menjadikan NUS sangat unggul dari segi akademik. Tidak hanya untuk S1 dan S2 saja namun juga menerima untuk pertukaran mahasiswa luar negeri.

Jurusan Kuliah di NUS

• Bachelor of Arts – S1 Kesenian
• Bachelor of Dental Surgery (BDS) – S1 Kedokteran Gigi
• Bachelor of Social Sciences with Honours – S1 Ilmu Sosial
• Bachelor of Computer Science and Information Security – S1 Ilmu Komputer dan Sistem Informasi
• Bachelor of Science – S1 Ilmu Sains
• Bachelor of Medicone and Bachelor of Surgery (MBBS) – S1 Kedokteran dan Ilmu Bedah

2. Nanyang Technological University

Universitas baru namun memiliki perkembangan paling cepat menurut Times Higher Education. Pembangunan universitas ini pada 1981 serta komitmennya fokus di beberapa bidang keilmuan utama seperti halnya bisnis, teknik, seni, ilmu sosial, sains dan juga kedokteran.

Kuliah S2 di Singapore bisa dengan memilih Nanyang Technological karena lokasinya berad di tepi perkotaan dengan infrastruktur memadai. Selain itu NTU telah bekerja sama dengan universitas tingkat internasional untuk memastikan lulusannya bisa bekerja dengan baik.

3. Singapore Management University

Universitas lainnya yang bisa dijadikan untuk melanjutkan pendidikan yakni Singapore Management University dengan sistem perkuliahan yang sangat interaktif. Kampus lebih mengedepankan aspek kolaboratif serta pembelajaran dengan basis proyek serta adanya teknologi penunjang memadai.

Kampus ini lebih mengedepankan perkuliahan dengan proses riset atau penelitian bagi mahasiswanya dan hal ini tentunya cocok bagi S1. Universitas menyediakan enam program unggulan untuk kuliah seperti akuntansi, ekonomi, manajemen bisnis, ilmu sosial dan hukum yang lebih terfokus pada bidang-bidang manajemen.

Biaya Kuliah di Singapura

Melanjutkan kuliah S2 di Singapura memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit namun tetap worth it dengan fasilitas dan ilmu yang nantinya didapatkan oleh mahasiswa. Biaya pendidikan tergantung dari program studi atau jurusan hingga universitas yang dipilih karena setiapnya mempunyai rincian berbeda.

Singapura juga memiliki kebijakan subsidi biaya pendidikan dari pemerintah yang diberikan untuk mahasiswa yang melanjutkan pendidikan di negaranya. Inilah perkiraan biaya kuliah per tahun untuk pengambilan program sarjana dan pascasarjana bagi mahasiswa luar negeri di Singapura:

Kualifikasi Biaya Kuliah SGD Biaya Kuliah IDR
Foundation / Pre - U 12.000 – 18.000 130 sampai 200 juta
Diploma 5.000 – 18.000 55 sampai 200 juta
S1 20.000 – 60.000 220 juta sampai 660 juta
S2 30.000 – 90.000 330 juta sampai 990 juta
S3 20.000 – 90.000 220 juta sampai 990 juta

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Syarat Masuk Kuliah S2 di Singapura

Bagi mahasiswa luar negeri yang ingin melanjutkan pendidikannya di Singapura harus memenuhi persyaratan yang berlaku di negara ataupun universitas tersebut. Untuk mahasiswa yang akan melanjutkan program gelar pascasarjana atau S2 haruslah menyelesaikan pendidikan sarjana dengan waktu tempuh 3 sampai 4 tahun.

Banyak sekali universitas di Singapura dengan syarat pengalaman kerja minimal 2 tahun khusus bagi kandidat untuk mahasiswa pascasarjana. Maka dari itu penting sekali bagi calon mahasiwa mengetahui persyaratan lengkap sebelum mendaftarkan diri pada pengambilan kuliah tersebut.

Persyaratan Bahasa Inggris di Singapura

Dalam melanjutkan kuliah S2 di Singapura harus memiliki sertifikat kompetensi untuk bahasa Inggris baik itu membaca, berbicara, menulis hingga mendengar. Sertifikat yang diminta oleh universitas yakni Test of English as a Foreign Language atau TOEFL dan International English Language System atau IELTS dengan adanya batasan minimal tertentu.

Pada umumnya universitas mempunyai syarat IETS minimal 6.0 – 6.5 bagi program pendidikan S1 dan 7.0 untuk S2, hal ini sesuai standar penyetaraan dengan nilai TOEFL minimal S1 213 -232 computer based, 550 – 575 paper based dan 80 internet based test. Sementara program S2 minimal nilainya TOEFL yakni 260 computer based test, 620 paper based test dan 100 internet based test.

Cara Daftar Kuliah di Singapura untuk Orang Indonesia

Bagi kamu yang ingin kuliah di Singapura harus mencari informasinya secara lengkap seperti salah satunya sistem pendaftaran yang dilakukan secara online. Caranya dengan unduh formulir pendaftaran pada situs resminya universitas yang bersangkutan dan mengisinya dengan lengkap dan melengkapi persyaratannya.

Batas waktu untuk mengirim formulir dari universitas yang bersangkutan sehingga penting bagi calon mahasiswa mengetahuinya secara lengkap agar tidak terlambat. Selain itu beberapa universitas juga melakukan seleksi bagi pendaftar yang masuk.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai kuliah S2 di Singapura pada universitas bergengsi. Bagi calon mahasiswa S2 sebaiknya mencari informasi mengenai pendaftaran lengkap pada situs resmi universitas yang bersangkutan.

Instagram