Kelebihan Kuliah di Singapura, Biaya, dan Persyaratan Masuk

Bagi pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, Singapura menjadi salah satu negara yang tepat sebagai pilihan. Kuliah di Singapura memiliki berbagai macam pilihan universitas unggulan dan pastinya tersedia jurusan yang menarik.

Baca Juga Cara hemat dan cepat dari Singapura ke Indonesia untuk bayar BPJS

Meskipun tidak menjadi pilihan utama, namun kuliah di negara Singapura patut untuk menjadi pertimbangan. Bahkan banyak sekali pelajar dari luar negeri yang memutuskan untuk kuliah di negara Singapura.

Kelebihan Kuliah di Singapura, Biaya, dan Persyaratan Masuk

Kelebihan Kuliah di Singapura

Kuliah di negara Singapura memiliki kelebihan dalam hal kondisi keamanan yang sangat baik dengan tingkat polusinya sudah terkendali dan lingkungannya sangat sehat. Hal ini bisa menjadi pertimbangan untuk bisa kuliah di luar negeri yang nyaman dan selalu sehat setiap hari.

Menariknya kuliah di negara Singapura ini para mahasiswanya akan merasakan kehidupan di tengah budaya yang sangat kaya. Keberagaman yang ada di Singapura mampu memberikan pengalaman hidup yang sangat kaya saat menempuh program pendidikan di Singapura.

Biaya Kuliah di Singapura

Apabila telah memutuskan untuk kuliah di negara Singapura maka perlu mencari informasi lengkap mengenai biaya kuliahnya sebab setiap universitas dan jurusan akan berbeda-beda.

Selain itu juga Singapura mempunyai kebijakan subsidi pemerintah yang berguna sebagai bantuan untuk pembiayaan dalam menempuh pendidikan di universitas Singapura.

Inilah daftar perkiraan biaya kuliah di negara Singapura per tahun untuk menempuh program gelar sarjana dan pascasarjana di Singapura bagi mahasiswa luar negeri:

1. Foundation/ Pre U biaya kuliahnya 12.000 – 18.000 SDG atau setara dengan 130 sampai 200 jutaan
2. Diploma biaya kuliahnya 5.000 – 18.000 SDG atau setara dengan 55 sampai 200 jutaan 
3. S1 biaya kuliahnya 20.000 – 60.000 SDG atau setara dengan 220 sampai 660 jutaan
4. S2 biaya kuliahnya 30.000 – 90.000 SDG atau setara dengan 330 sampai 990 jutaan
5. S3 biaya kuliahnya 20.000 – 90.000 SDG atau setara dengan 220 sampai 990 jutaan

Persyaratan Masuk Kuliah di Negara Singapura bagi Pelajar Indonesia

Kuliah di Singapura memiliki persyaratan yang harus dipenuhi, khusus untuk program gelar sarjana maka wajib lulus SMA dan memiliki sertifikat General Certificate of Education Ordinary Level atau yang dikenal dengan GCE O Level.

Sertifikat yang satu ini diberikan karena negara British Commonwealt seperti Singapura telah mengadaptasi International General Certificate of Secondary Education atau IGCSE.

Kurikulum yang digunakan dimodifikasi dengan kurikulum Cambridge Singapore sebagai syarat untuk bisa melanjutkan pendidikan di Singapura pada jenjang kuliah.

Sebagai mahasiswa untuk lanjut ke pascasarjana maka harus menyelesaikan gelar sarjana selama 3 sampai 4 tahun dan bahkan ada persyaratan pengalaman kerja minimal 2 tahun.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

Biaya Hidup dan Akomodasi Bagi Mahasiswa di Singapura

Meskipun memang biaya hidup di negara Singapura ini sangat tinggi di lingkup kawasan Asia namun tetap masih terjangkau dibandingkan dengan negara di Eropa. Kuliah di Singapura membutuhkan pengeluaran besar yang tidak hanya untuk biaya kuliah namun juga hidup.

Inilah beberapa pengeluaran terbesar sebagai mahasiswa di Singapura di luar biaya kuliah:

Jenis pengeluaran Biaya dalam SGD Biaya dalam IDR

Makan (3x sehari) 400 – 650 3,3 juta sampai 7 juta
Transportasi 100 – 120 1 juta sampai 1,2 juta
Telekomunikasi, Pulsa 30 – 50 330 ribu sampai 550 ribu
Buku dan alat tulis 30 – 70 330 ribu sampai 770 ribu
Hiburan 50 – 200 500 ribu sampai 2,2 juta
Akomodasi 200 – 700 2,2 juta sampai 7,7 juta
Utilitas (air, listrik, wifi) 40 – 100 440 ribu sampai 1 juta

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Pengiriman Uang Ke 60 Negara

Cara Mendaftar Kuliah di Negara Singapura

Pendaftaran awal untuk bisa masuk ke universitas di Singapura ini dapat dilakukan secara online cukup dengan mengunduh formulir pendaftarannya melalui situs resmi dari universitas yang bersangkutan. Setelahnya bisa mengisi dan melengkapi dokumen persyaratan lalu pihak pelamar bisa langsung mengirimkan formulir pendaftaran melalui cara online.

Batas waktu pendaftaran ini harus perhatikan dengan baik agar tidak tidak terlambat saat melakukan pengiriman formulir pendaftaran. Bahkan beberapa universitas di Singapura menerapkan tes dan juga seleksi bagi calon mahasiswanya dan untuk pascasarjana wajib mengikuti Graduate Management Admission Test atau GMA.

Alasan Kuliah di Negara Singapura

Kuliah di Singapura menjadi salah satu pilihan bagi sebagian besar mahasiswa asing. Sistem pendidikannya yang berkualitas membuat para mahasiswa lebih semangat dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Pemilihan pendidikan di luar negeri khususnya di Singapura disebabkan oleh beberapa alasan dasar seperti halnya:

• Kuliah di negara Singapura dapat mengikuti perkuliahan dan setiap mahasiswanya telah mendapatkan banyak referensi buku serta jurnal terbaru yang tentunya belum tentu tersedia di kampus Indonesia. Hal ini dilakukan guna mengembangkan ilmu yang dimilikinya.

• Di negara Singapura ini banyak sekali universitas yang mengadakan berbagai macam seminar ilmiah, diskusi dan kajian secara gratis. Dengan demikian hampir semua mahasiswa bisa mengikutinya, terlebih adanya kelengkapan fasilitas yang sangat lengkap untuk menunjang kegiatan.

• Kuliah di negara Singapura memiliki peluang untuk berguru ataupun bertanya secara langsung kepada ilmuwan dunia dengan lebih terbuka. Sehingga wawasan dan ilmu yang didapatkan pun akan jauh lebih banyak.

• Mengingat kuliah di negara Singapura ini menggunakan bahasa Inggris maka kamu sebagai mahasiswa juga mempunyai peluang yang sangat besar. Hal ini berhubungan langsung dalam kemampuannya mengasah bahasa asing agar lebih fasih seperti warga Singapura.

• Kuliah di negara Singapura bisa mempunyai banyak jaringan baik itu memperbanyak teman sesama Indonesia ataupun mahasiswa yang berasal dari berbagai dunia.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa penjabaran terkait kuliah di Singapura yang bisa menjadi pilihan menarik dalam melanjutkan pendidikan yang lebih baik. Banyak di antara pelajar memilih Singapura sebagai tempat kuliah karena kualitas pendidikannya tidak perlu diragukan lagi.

Instagram