Mengenal Bahasa Resmi Singapura dengan Menggunakan Bahasa Melayu

Apa bahasa resmi Singapura? Sebagian besar orang mengira bahwa Singapura menggunakan bahasa resminya bahasa Inggris mengingat negara ini dulunya merupakan koloni kerjaan Inggris. Bahasa resmi Singapura justru bukanlah bahasa Inggris.

Baca Juga Cara hemat dan cepat dari Singapura ke Indonesia untuk bayar BPJS

Akan tetapi apa boleh buat bahwa bahasa Inggris tetap banyak digunakan mengingat banyaknya warga negara Singapura yang memiliki kemampuan bahasa internasional tersebut. Setiap negara mempunyai bahasa resminya masing-masing bahkan setiap negara bahasanya berbeda.

Bahasa Resmi Singapura

Mengenal Bahasa Resmi Singapura dengan Menggunakan Bahasa Melayu

Konstitusi Singapura telah menetapkan bahasa resmi negara Singapura yakni bahasa Melayu yang digunakan secara nasional. Meksipun begitu pada buku Complete Guide:

Singapura Update tahun 2016 karya Uki Lukas mengatakan bahwasannya dalam praktiknya ini bahasa yang paling umum digunakan yakni bahasa Inggris.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura

Bahasa Inggris banyak digunakan oleh warga Singapura dengan usia di bawah 50 tahun yang memiliki tingkat kefasihan beragam. Bahasa Inggris sebenarnya sebagai pengantar di sekolah-sekolah kecuali dalam mata pelajaran bahasa ibu yakni Melayu, Mandarin dan juga Tamil yang banyak dipelajari di sekolah Singapura.

Dokumen Resmi Bahasa Inggris

Bahasa resmi Singapura memang bahasa Melayu namun dalam praktiknya banyak yang tidak menggunakan bahasa nasional tersebut. Bahkan pada semua dokumen resmi yang ada di Singapura ini tertulis menggunakan bahasa Inggris.

Menariknya selain adanya bahasa Inggris dan bahasa Ibu, banyak sekali warga Singapura yang menggunakan bahasa tidak resmi atau dengan dialek Singlish. Logat khasnya Singlish ini akan membuat orang awam sulit memahaminya dan hanya menjadi bahasa umum untuk pergaulan setiap hari.

Logat Singlish

Logat Singlish ini dengan menggabungkan kata slang dan juga frase dengan bahasa lain. Campuran bahasa yang digunakan termasuk dialek Tionghoa, Tamil, Melayu dan kata-kata bahasa Inggris dengan pengucapan serta makna yang sudah rusak.

Inilah beberapa contoh perbandingan English dan juga Singlish yang dapat diketahui:

English: Can you give me $5?
Singlish: Give me $5 can?

English: Where did you go?
Singlish: You go where?

English: What can you do with a 10 cent?
Singlish: 10 cent can do what?

Kosa Kata Harian Singlish

Singlish bukan bahasa resmi Singapura namun banyak sekali warganya yang menggunakan bahasa ini setiap hari. Inilah beberapa kosa kata yang dapat kamu ketahui jika berbicara dengan warga lokal Singapura:

– Action (Kata Kerja)

Kosa kata yang satu ini berasal dari bahasa Inggris dengan artian pamer
Contohnya Don’t like to action, lah (jangan suka pamer)

– Boch-Chup (Kata Sifat)

Salah satu kosa kata di bahasa dialek di Singapura yang berasal dari dialek Hokkian dengan artian tidak peduli

Contoh: Ah, Boh-chup, i’m not going to give up (Ah masa bodoh, saya tidak akan menyerah)

– Sotong (Kata Sifat)

Kosa kata yang berasal dari bahasa Melayu dengan artian tidak tahu apa yang sedang terjadi

Contoh: Didn’t you know? Sotong! (Masa kau tidak tahu? Dasar tidak tahu apa-apa)!

– Kamus Bahasa Gaul Slang Can (Bisa)

• can lah : bisa lah
• can leh : ya, tentu saja
• can lor : ya, saya pikir juga begitu
• can hah? : emang bisa?
• can meh? : lo yakin?
• can bo? : bisa gak?
• can can : tentu saja bisa
• can liao : bisa (*sudah terjadi)

Bahasa Turis Indonesia ke Singapura

Bahasa resmi Singapura memang Melayu akan tetapi banyak sekali bahasa lain yang digunakan oleh warga lokal. Namun bagi pengunjung dari Indonesia tidak perlu khawatir tidak bisa berkomunikasi dengan warga lokal di Singapura, sebab kamu tetap bisa menggunakan bahasa Inggris.

Bahasa Inggris di Singapura lebih simpel dan tidak semuanya menggunakan grammar dah kebanyakan orang Singapura paham dengan bahasa Melayu terlebih diberbagai tempat wisata. Contohnya di Bandara Changi semua pertunjukan sudah menggunakan bahasa Melayu bahkan food court.

Lihat Juga Video Mudahnya Melakukan Pengiriman Uang Ke 60 Negara

Bahasa di Singapura dengan Model Bahasa Melayu

Bahasa yang satu ini tidak terlalu berbeda dengan bahasa Indonesia. Akan tetapi terdapat berbagai macam kalimat atau kata jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sehingga terdengar cukup aneh bagi orang Indonesia.

Berikut pengucapan bahasa di Singapura yang terdengar cukup aneh dari bahasa Inggris – Indonesia – Melayu:

• Emergency exit = pintu darurat = pintu kecemasan
• Prayer room = ruang berdoa = bilik solat
• Kamar = bilik
• Toilet = toilet/wc = bilik air/tandas
• bisa = dapat
• custom = kastam
• Dll

Pengaruh Etnis Terhadap Bahasa Resmi Singapura

Singapura merupakan salah satu negara yang memiliki banyak etnis di dalamnya salah satunya dari orang Malaysia yang menggunakan bahasa Melayu. Selain itu juga terdapat etnis Chinese yang dapat menggunakan bahasa Melayu namun juga ada yang tidak bisa tergantung dari area tempat tinggal ataupun pekerjaannya.

Bahasa lain yang digunakan adalah Mandarin bagi sebagian turis dari Indonesia yang banyak dari kalangan Chinese dan biasanya akan dicampur dengan bahasa Inggris. Dengan banyaknya etnis di negara Singapura membuat penggunaan bahasa cukup beranekaragam dan bahkan ada yang bisa menggunakan bahasa Melayu.

Program Bahasa Singapura

Sebenarnya bahasa yang ada di Singapura ini dibutuhkan oleh banyak orang dan akan berada di salah satu pusat perekonomian dunia. Baik itu bahasa Inggris, Mandarin dah Melayu mulai dipelajari oleh warga di berbagai negara sebagai bahasa tambahan selain bahasa internasional dan bahasa Ibu.

Bahkan program belajar bahasa Singapura pun tersedia untuk meningkatkan kemampuan bahasa resmi di Singapura. Jika kamu ingin berkunjung ke Singapura sebaiknya mempelajari bahasa Melayu ataupun Mandarin guna menambah keahlian dalam berbahasa.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai bahasa resmi Singapura yang dapat kamu pelajari. Sampai sekarang ini negara Singapura menerapkan berbagai macam bahasa seperti halnya bahasa Inggris, Melayu, Mandarin, Tamsil hingga bahasa harian dengan dialek campuran dinamakan Singlish.

Instagram