Daftar Universitas Negeri di Singapura dan Syarat Pendaftaran

Bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi memang idaman bagi banyak orang. Salah satunya bisa kuliah di universitas negeri di Singapura yang dapat dipertimbangkan untuk mengeyam ilmu pendidikan.

Singapura merupakan negara maju yang cukup populer destinasi wisatanya di kancah internasional. Namun terlepas dari itu, Singapura juga sebagai negara yang memiliki kualitas pendidikan sangat baik sehingga tidak heran banyak mahasiswa luar negeri yang memilih Singapura.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura
Keuntungan Tinggal di Singapura
Daftar Makanan Khas Singapura

Daftar Universitas Negeri di Singapura

Daftar Universitas Negeri di Singapura dan Syarat Pendaftaran

Berikut terdapat beberapa universitas negeri terbaik di Singapura yang bisa menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan dengan kuliah:

1. National University of Singapore

Salah satu universitas negeri yang ada di Singapura yakni Nation University of Singapore layak untuk memperoleh predikat menjadi universitas terbaik di Singapura. Sebab universitas ini sudah ada sejak tahun 1905 dan berhasil meraih peringat 25 pada rangking universitas terbaik di dunia tahun 2020 versi dari Times Higher Education.

Sebagai universitas negeri, NUS menawarkan berbagai macam beasiswa yang telah disediakan oleh pemerintah setempat bagi pelajar internasional. Untuk mendapatkan informasinya kamu bisa langsung akses ke situs resmi, berikut jurusan yang ada di NUS:

• Fakultas bisnis
• Fakultas seni dan ilmu sosial
• Fakultas kedokteran gigi
• Fakultas teknik
• Fakultas hukum
• Fakultas musim
• Fakultas komputer dan lain sebagainya.

2. Nanyang Technological University

Daftar universitas terbaik lainnya yang ada di Singapura yakni Nanyang Technological University yang menjadi favorit tujuan pendidikan bagi mahasiswa Indonesia. Universitas ini telah meraih peringkat 48 pada rangking universitas terbaik di dunia versi dari Times Higher Education pada tahun 2020.

Kampus ini tidak hanya fokus pada ilmu teknik dan teknologi namun juga ada program studi lain seperti halnya ilmu sains, ilmu sosial, ilmu bisnis dan jurusan lain yang dapat dipilih calon mahasiswa. Jurusan tersebut di antaranya ekonomi, ilmu biologi, studi maritim, ilmu komunikasi, hingga studi linguistik dan maltilingual.

Persyaratan Masuk Kuliah di Universitas Singapura

Selain kamu dapat mengetahui daftar universitas negeri di Singapura sebaiknya juga memahami syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan pendaftaran. Berikut inilah syarat pendaftaran untuk masuk kuliah di universitas Singapura:

1. Mengetahui Akan Daftar Kamu Mana

Singapura mempunyai berbagai macam universitas yang menawarkan keunggulan pada setiap kualitas pendidikannya. Selain itu juga setiap kampus mempunyai fokus jurusan yang memang lebih spesifik dikembangkan baik itu universitas negeri di Singapura ataupun swasta.

Jika kamu sudah menentukan pilihan kampus maka silahkan cek apa saja yang menjadi syarat untuk daftar di kampus tersebut sebab setiap kampus juga memiliki persyaratan yang berbeda dengan kampus lain meskipun tidak terlalu signifikan. Apabila sudah menemukannya hubungi Vista Education untuk melakukan konsultasi secara langsung mengenai informasi lebih lengkapnya.

2. Mempersiapkan Dokumen Persyaratan

Meskipun setiap universitas tidak memiliki persyaratan yang sama namun ada syarat umum yang memang diwajibkan. Adapun untuk syarat dokumen yang dapat kamu ketahui di antaranya:

• Nilai rapor, yakni nilai pada pendidikan terakhir mulai dari semester 1 hingga 6

• Ijazah pendidikan terakhir

• Curriculum vitae yakni surat isinya identitas diri serta pengalaman kerja. CV ini bisa memberikan informasi mengenai rekomendasi dari sekolah

• Motivation letter yang isinya berupa esai ataupun penjelasan alasan kamu ingin kuliah di universitas tersebut. Jelaskan juga bahwa kamu memiliki potensi besar pada program studi yang kamu pilih itu dan kamu membutuhkan kampus tersebut untuk berkembang serta akan memberikan kontribusi pada kampus

• Surat tanda terima yang berasal dari universitas di Singapura

• Paspor merupakan surat wajib yang harus dimiliki oleh seseorang yang sedang bepergian ke luar negeri

• Bukti kondisi keuangan sebagai persediaan studi serta bantuan keuangan apabila ada

• Laporan medis yang isinya menyatakan bahwa kamu tidak memiliki penyakit tertentu ataupun kecacatan pada anggota tubuh

• Tidak ada catatan tindak pidana yang dapat kamu minta pada bidangnya.

Baca Juga Daftar Kode Swift Bank di Indonesia

Kode Swift Bank BCA
Kode Swift Bank Mandiri
Kode Swift Bank BNI
Kode Swift Bank BRI
Kode Swift Bank Danamon
Kode Swift DBS Bank
Kode Swift Hana Bank

3. Menyiapkan Sertifikat Bahasa Inggris

Agar bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri dibutuhkan kemampuan bahasa Inggris yang dapat kamu tunjukkan dengan adanya sertifikat. Sertifikat yang dibutuhkan yakni TOEFL, IELTS dan juga PTE.

Sementara itu untuk ketentuan skor minimalnya yakni berbeda pada setiap kampus dan pada umumnya untuk skor minimal TOEFL 85 sampai 100. Sementara itu untuk minimal IELTS dengan nilai rata-ratanya 6.5 dan PTE 56 sampai 66, selain itu kamu dapat mengikuti Malaysian University English Test atau MUET dengan skornya rata-rata Band 3.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

4. Visa Pelajar

Visa sangat dibutuhkan bagi pelajar yang akan melanjutkan pendidikan di luar negeri untuk kebutuhan tertentu. Bagi mahasiswa internasional kamu harus mempunyai visa pelajar agar bisa kuliah pada universitas negeri di Singapura.

Visa di Singapura dikenal dengan Student’s Pass dan semua mahasiswa internasional yang akan kuliah harus memilikinya setiap individu masing-masing sebagai ijin tinggal di negara tersebut. Akan tetapi jika kamu mempunyai Dependent Pass atau DP dan Immigration Exemption Order atau IEO maka tidak perlu lagi mempunyai visa Student’s Pass.

5. Pembayaran Biaya Aplikasi

Bagi calon mahasiswa yang akan mendaftar di universitas pilihan harus mendaftarkan dirinya dengan cara mengisi formulir yang tersedia pada aplikasi serta membayarkan biaya pendaftaran. Cara melakukan pendaftarannya yakni dengan menggunakan kartu kredit ataupun Bank Draft dan untuk kartu kredit bisa melalui Visa atau Mastercard.

Apabila kamu ingin menggunakan Bank Draft maka perlu sekali untuk membayarkan ke universitas terkait dengan nama serta nomor dari aplikasi dengan pos. Sehingga kamu tidak perlu bingung lagi untuk daftar kuliah di universitas terkait agar bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah beberapa uraian mengenai daftar universitas negeri di Singapura dan syarat pendaftaran agar diterima. Dengan demikian pastikan kamu telah memenuhi persyaratan agar bisa masuk seleksi penerimaan.

Instagram