Memahami Asuransi Non Unit Link

Berbagai lapisan masyarakat saat ini sudah menyadari pentingnya sebuah asuransi non unit link. Tentunya keberadaan asuransi tersebut sangat membantu dalam melindungi finansial baik itu pada diri sendiri maupun keluarganya. Apalagi pada zaman sekarang sudah banyak produk asuransi yang memberikan manfaat tersendiri.

Hal yang menjadi sedikit kebingungan adalah keberadaan istilah baru seperti nama asuransi non unit link. Mungkin untuk orang-orang yang berkecimpung dalam dunia finansial sudah tidak heran dengan istilah tersebut. Namun untuk orang yang masih awam, istilah itu masih belum dipahami dengan benar.

Untuk kamu yang belum tahu tentang asuransi non unit, maka simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Asuransi Non Unit

Pada dasarnya, asuransi non unit ini adalah nama lain dari asuransi tradisional. Dengan kata lain, Asuransi non unit atau tradisional ini merupakan produk asuransi murni. Maksudnya adalah asuransi ini hanya menawarkan manfaat pertanggungan asuransi tanpa adanya unsur investasi di dalamnya. Dengan demikian, kamu yang memilih produk asuransi non unit akan membayar uang premi setiap bulan. Uang tersebut akan benar-benar ditempatkan sebagai premi asuransi.

Jika nantinya terjadi kecelakaan, sakit, atau bahkan meninggal dunia, maka uang yang dibayarkan untuk premi per bulan dapat difungsikan sebagai uang perlindungan. Tentunya dengan catatan bahwa uang dibayarkan selama asuransi tersebut masih aktif dan dalam jangka waktu tertentu..

Apakah uang asuransi tersebut nantinya terpakai atau tidak sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah. Sebab, hal yang terpenting adalah setiap nasabah memiliki proteksi dan berjaga-jaga apabila terjadi sesuatu yang tidak terduga dan di luar kendali kita.

Sedikit Berbeda halnya dengan asuransi unit link yang saat ini sedang populer.  Asuransi tersebut ditambah dengan fitur investasi. Jadi, uang premi yang dibayarkan oleh nasabah akan dibagi menjadi dua, yakni untuk membayar proteksi sekaligus untuk nilai investasi.

Memahami Asuransi Non Unit Link dan Jenis Jenisnya Saat ini

Manfaat Menggunakan Asuransi Non Unit Link

Tentu saja menggunakan asuransi non unit link ini juga memiliki kelebihannya tersendiri dibandingkan dengan jenis asuransi unit link. Beberapa manfaat yang bisa kamu terima adalah sebagai berikut.

Sebagai Pengganti Penghasilan

Memiliki asuransi non unit link memungkinkan keluargamu dapat terbantu untuk melanjutkan rencana keuangan. Sebab, asuransi satu ini menawarkan manfaat berupa Uang Pertanggungan (UP) jiwa. Nantinya, uang tersebut akan diberikan kepada keluarga yang ditinggal sebagai Penerima Manfaat jika Tertanggung sesuai dengan Data Polis sudah meninggal dunia.

UP jiwa ini juga berfungsi sebagai pengganti penghasilan yang bisa menutup berbagai kebutuhan dan tujuan keuangan keluarga yang sudah ditinggal. Dengan kata lain, asuransi non unit link dapat membantu keluarga yang ditinggal untuk melanjutkan tujuan keuangan.

Contohnya, salah satu tujuan keuangan yang bisa dibantu oleh UP jiwa adalah kebutuhan dana pendidikan anak. Selain memiliki manfaat saat meninggal dunia, ada juga tipe produk asuransi non unit link berjangka  atau term life yang menyediakan manfaat untuk penyakit kritis.

Lihat Juga Cara Bayar Tagihan dari Singapura

Dapat Memberikan Warisan Untuk Keluarga yang Ditinggalkan

Asuransi non unit link juga bermanfaat sebagai salah satu solusi perlindungan keluarga. Bagi setiap orang, manfaat tersebut adalah menyiapkan warisan untuk keluarga.

Hal itu dikarenakan UP jiwa yang terdapat di asuransi non unit link ini bisa dianggap sebagai “dana warisan”. Semua dana UP jiwa tersebut sudah dipersiapkan oleh nasabah dan bisa diberikan kepada keluarga sebagai Penerima Manfaat ahli ketika ia tutup usia.

Kebutuhan Jumlah Premi yang Terjangkau

Karena asuransi non unit link memiliki komponen yang lebih sederhana, maka premi yang ditawarkan relatif terjangkau. Dengan begitu, produk ini sangat cocok dimiliki oleh segala lapisan masyarakat. Mulai dari karyawan baru dan masih lajang, hingga mereka yang sudah berkeluarga dan matang secara finansial.

Untuk asuransi non unit link berjangka (term life), biasanya tersedia pilihan masa pembayaran Premi sesuai kebutuhan. Tentunya hal tersebut memiliki masa asuransi yang lebih singkat.

Baca juga artikel lainnya di Blog Transfez

Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Pakistan Mengunakan Maskapai Penerbangan
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Vietnam Berdasarkan kecepatan Pesawat
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Bangladesh Sesuai Kota Keberangkatan dan Kecepatan Pesawat
Berapa Jam Perjalanan dari Indonesia ke Belanda Tepatnya ke Amsterdam

Jenis-jenis Asuransi Non Unit Link

Di dalam asuransi non unit link ini memiliki beberapa jenis yang bisa digunakan oleh masyarakat. Beberapa jenis asuransi non unit link adalah sebagai berikut.

Asuransi Termlife

Pertama ada asuransi Termlife atau bisa juga disebut dengan asuransi berjangka. Sesuai dengan namanya, jenis asuransi non unit link ini memberikan proteksi dengan jangka waktu tertentu. Ciri khas asuransi termlife adalah terdapat jangka waktu yang spesifik. Jika tidak terjadi klaim premi, maka tidak akan ada pembayaran manfaat atau uang pertanggungan.

Asuransi ini juga memiliki premi paling murah dan uang pertanggungannya cukup besar. Bentuk Asuransi termlife sebenarnya tidak dalam uang tunai. Jika pada kontrak asuransi berakhir dan tidak ada klaim, maka perusahaan asuransi tidak akan membayar uang pertanggungannya.

Selain itu, asuransi termlife juga adalah jenis asuransi non unit link yang masa asuransinya dibatasi oleh waktu tertentu. Contohnya dalam 1 tahun, 5 tahun, 10 tahun dan seterusnya.

DownloadTransfez Desktop 970x100 2

Asuransi Wholelife

Jika sebelumnya ada asuransi berjangka, maka jenis yang satu ini adalah asuransi Wholelife atau seumur hidup. Asuransi jenis ini umumnya memberikan jangka waktu proteksi yang sangat lama, yakni sampai usia 99 tahun. Bisa dikatakan, bagian itu juga adalah ciri khas yang melekat pada asuransi wholelife ini.

Jenis Asuransi unit link ini juga memiliki nilai tunai dan dapat dipinjam . Bagian bunga dan aturan mainnya dapat ditanyakan ke masing-masing perusahaan sesuai pilihan. Pada jenis asuransi ini, pihak perusahaan akan membayarkan manfaat atau uang pertanggungan. Hal tersebut dilakukan  jika terjadi klaim di masa kontrak atau pada saat akhir kontrak asuransi.

Asuransi Dwiguna

Terakhir adalah Asuransi Dwiguna atau asuransi Endowment. Asuransi ini biasanya digabungkan dengan suatu tujuan tertentu Contohnya pada asuransi pendidikan, asuransi dana pensiun. Asuransi endowment juga termasuk jenis asuransi non unit link yang populer pada saat asuransi unit link belum keluar.

Produk produk Endowment ada yg berbentuk asuransi dana pensiun, pendidikan atau kematian.Ciri khas dari produk ini adalah mengeluarkan sejumlah dana keperluan utk berbagai keperluan tergantung jenisnya.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikian pengertian asuransi non unit link dan jenisnya. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat.

Instagram