Tips Traveling Low Budget ke Thailand untuk Pemula

Artikel ini membahas tentang biaya kuliah dan biaya hidup di Thailand, salah satu negara di Asia Tenggara yang punya banyak tempat menarik dan kampus terbaik untuk pelajar dari luar Thailand.

Thailand telah menjadi destinasi wisata favorit para traveler Barat karena pantai-pantainya yang indah, candi-candi peninggalan Budha, festival warga, dan suaka hutan gajah. Poin tambahnya adalah Thailand kaya akan budaya dan sejarah. Selain itu, masakan ala Negara Senyuman ini juga sangat bervariasi, unik, dan sayang untuk dilewatkan.

Artikel Transfez tentang Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Thailand
Sumber: Instagram/teguh_priambodo

Namun bukan hanya sekedar untuk destinasi wisata, Kerajaan Thailand juga memiliki sistem pendidikan yang terkenal. Lebih dari 25.000 siswa internasional memilih untuk menempuh pendidikan program Sarjana dan Master di negara ini.

Biaya Kuliah di Thailand

Biaya pendidikan di Thailand secara signifikan lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara Eropa, Amerika, ataupun negara di Asia seperti Singapura. Namun demikian, kualitas pendidikan di negara ini bisa dikatakan setara dengan universita-universita lain di dunia.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Thailand
Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

Harga yang ditetapkan oleh universitas negeri lebih terjangkau dibandingkan swasta. Faktor lainnya adalah tipe program dan durasi pendidikan menentukan jumlah biaya yang perlu dikeluarkan oleh siswa.

Rekomendasi Universitas Terjangkau di Thailand

Jika kamu ingin kuliah di Thailand tapi khawatir dengan biayanya? Jangan khawatir, Thailand memiliki sejumlah universitas yang terjangkau bagi pelajar internasional dan sejumlah beasiswa yang bisa kamu perjuangkan untuk meringankan pengeluaran. Dibawah ini adalah rekomendasi dari beberapa universitas di Thailand yang biayanya pendidikannya terjangkau.

1. Chulalongkorn University

Pada tahun 1899, universitas ini awalnya adalah Sekolah Pelatihan Pegawai Negeri Sipil, namun pada 1917 mengalami peningkatan menjadi universitas. CU masuk dalam jajaran 100 universitas terbaik di dunia dan merupakan universitas teratas di Thailand. Program yang ditawarkan adalah teknik dirgantara, manajemen bisnis internasional, ilmu psikologi, ilmu klinis, keuangan, dan lainnya. Selain itu, ada banyak aktivitas ekstrakurikuler sesuai peminatan siswa seperti bahasa isyarat, karate, meramal, dan bela diri.

• Program Sarjana: THB 500 – 65.000 (IDR 211 ribu – 28 juta) per semester
• Program Pascasarjana: THB 40.000 – 86.500 (IDR 17 – 36 juta) per semester

2. King Mongkut’s University of Technology North Bangkok

Universitas ini didirikan pada tahun 1959 dibawah kerjasama Thailand dan Jerman. Program jurusan yang ditawarkan adalah teknik kimia, teknik dirgantara, ekonomi digital, perdagangan internasional, dan bisnis logistic.

• Program Master: THB 14.000 – 80.000 (IDR 6 – 34 juta) per semester

Baca Juga Tips Traveling dari Transfez Lainnya

Tips Traveling Ke Jerman
Tips Traveling Ke Australia
Tips Traveling Ke Belanda
Tips Traveling Ke Prancis
Tips Traveling Ke Spanyol
Tips Traveling Ke Turki
Tips Traveling Ke Inggris/UK

3. Mae Fah Luang University

Didirikan pada tahun 1998 sebagai universitas negeri, Mae Fah Luang menyediakan segala yang dibutuhkan oleh mahasiswa di area Thailand Utara. Program yang ditawarkan meliputi teknik komputer, kedokteran, ahli gizi dan teknologi, akuntansi, dan hukum.

Universitas ini memiliki 18 asrama yang berfungsi sebagai akomodasi siswa, baik lokal maupun internasional.

• Program Sarjana: THB 25.000 – 117.000 (IDR 11 – 50 juta) per semester
• Program Pascasarjana: THB 26.000 – 78.000 (IDR 11 – 33 juta) per semester

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

4. Thammasat University

Awalnya didirikan sebagai universitas demokrasi pada tahun 1934, saat ini TU telah menjadi universitas negeri yang menawarkan berbagai program pilihan untuk mahasiswa meliputi arsitektur lanskap, sejarah, bahasa, manajemen olahraga, teknik otomotif, dan lainnya.

Selain itu ada juga klub olahraga yang bisa diikuti siswa setelah kelas usai, diantaranya adalah klub sepeda, klub bola tenis, klub musik Thailand, dan klub remaja.

• Biaya Pascasarjana: THB 183.000 (IDR 78 juta) per level program

5. Mahasarakham University

Dulunya, universitas ini mengalami banyak sekali pembentukan. Pada tahun 1968, Mahasarakham hanyalah kampus pendidikan, namun pada 1984 akhirnya universitas ini bisa berdiri mandiri. Fakultas yang dimiliki adalah fakultas budaya, pendidikan, kesehatan masyarakat, musik, politik dan pemerintahan.

Beberapa keunggulan dari universitas ini adalah sering mengadakan festival budaya, memiliki supermarket sendiri (Talat Noi), dan memiliki program untuk mempelajari ciri khas di museum dan kebun binatang MSU.

• Program Sarjana: THB 89.000 – 328.000 (IDR 38 – 139 juta) per program
• Program Pascasarjana : THB 180.000 – 278.000 (IDR 76 – 117 juta) per program

6. King Mongkut’s University of Technology Thonburi

Didirikan pada tahun 1960, universitas ini awalnya hanya sebagai tempat pelatihan untuk teknisi, teknolog, dan instruktur teknis. Program yang ditawarkan adalah teknik mekanis, IT, desain industri, bahasa, dan lainnya. Selain itu, ada juga beberapa klub unik yang ditawarkan seperti klub ilmu pengetahuan, klub audio, klub futsal, klub foto, dan klub pembangunan kota.

• Program Sarjana : THB 102.900 – THB 435.000 (IDR 44 – 183 juta) per program
• Program Pascasarjana : THB 340.800 – THB 820.000 (IDR 144 – 345 juta) per program

7. Srinakharinwirot University

Didirikan pada 1949, universitas ini awalnya adalah perguruan tinggi untuk program pendidikan. Saat ini, terdapat banyak sekali program jurusan yang ditawarkan seperti pendidikan, geografi dan geoinformatika, pendidikan musik, terapi fisik, ilmu keperawatan, manajemen geo-sosial, dan lainnya.

Universitas ini juga tergabung dalam lembaga sekolah untuk tingkat dasar dan menengah. Sistem yang dimiliki adalah membentuk siswa untuk menjadi guru.

• Program Sarjana : THB 108.000 – 216.000 (IDR 46 – 91 juta) per program
• Program Pascasarjana : THB 384.000 – 596.000 (IDR 162 – 251 juta) per program

Biaya Hidup di Thailand

Jika kamu adalah pelajar internasional yang tinggal di Thailand, kamu mungkin membutuhkan biaya sekitar EUR 350 – 700 (IDR 6 – 12 juta) per bulan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, Biaya tersebut tergantung dari gaya hidup dan lokasi yang dipilih. Seperti yang telah diketahui bahwa tinggal di pusat kota lebih tinggi.

Biaya Akomodasi

Biaya hidup di Thailand untuk akomodasi. Umumnya, universitas di Thailand menyediakan akomodasi. Namun tidak sedikit mahasiswa yang lebih memilih untuk menyewa flat sendiri.

• Asrama kampus : EUR 150 – 250 (IDR 3 – 5 juta) per bulan
• Sewa flat di pusat kota : EUR 400 – 930 (IDR 7 – 16 juta) per bulan
• Sewa flat di pinggir kota : EUR 230 – 530 (IDR 8 – 9 juta) per bulan
(*biaya sewa flat belum termasuk utilitas (air dan listrik) EUR 70 – 90 (IDR 1.2 – 1,5 juta) per bulan)

Biaya Makan

Biaya hidup di Thailand untuk makan. Untuk siswa internasional, biaya makan bulanan berkisar antara EUR 170 – 250 (IDR 3 – 4 juta), tergantung gaya hidup dan frekuensi makan di luar. Cara mengehamat biaya makan paling tepat adalah dengan memasak sendiri.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Biaya Transportasi

Biaya hidup di Thailand untuk transportasi. Di Thailand, kebanyakan orang dapat berlangganan bulanan sekitar EUR 33 (IDR 600 ribu). Berlaku diskon dari harga tersebut jika memiliki kartu siswa. Thailand memiliki bermacam-macam jenis transportasi, seperti:

• Tuk-tuk (angkong)
• Taxi motor
• Taxi
• Bus
• Subway (MRT)
• Skytrain (BTS)
• Kereta

Biaya Tambahan

Biaya hidup di Thailand untuk tambahan. Selain biaya pokok sehari-hari, untuk tinggal di Thailand ada beberapa biaya yang harus dipenuhi olh siswa internasional.

• Buku dan bahan pelajaran: EUR 130 – 150 (IDR 2.2 – 2.5 juta) per semester
• Hiburan (bioskop, olahraga, konser): EUR 30 – 70 (IDR 500 eibu – 1.2 juta) per bulan
• Visa siswa: EUR 55 (IDR 900 ribu) yang harus diperpanjang setiap 3 bulan

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Itulah ulasan mengenai biaya kuliah dan biaya hidup di Thailand. Cukup terjangkau kan? Buktikan sendiri keindahan negara ini dengan langsung belajar disana.

Instagram