Biaya Hidup di Kota Batam

Kota Batam terletak di Kepulauan Riau dan memang tak luput dari banyaknya kunjungan masyarakat lokal maupun turis asing. Kotanya yang kaya akan industri pariwisata dan perdagangan di gadang-gadang dipersiapkan untuk menyaingi pasar Singapura.

Karena perkembangan ekonominya yang melonjak pesat ketimbang kota-kota lain, menjadikan alasan banyaknya investor yang berminat untuk investasi di Batam. Tak hanya itu, bahkan masyarakat lokal pun sering melirik kota Batam sebagai peluang untuk mendapatkan pekerjaan.

Selain ekonominya yang tergolong pesat, orang-orang beranggapan bahwa biaya hidup di Batam justru lebih murah jika dibandingkan di Ibukota Jakarta.

Dengan potensi ini, kota Batam termasuk kota yang sejahtera karena bidang ekonominya sangat potensial dan banyak diminati baik merantau atau turis asing.

Sekilas Mengenai Gaya Hidup di Kota Batam

Biaya Hidup di Kota Batam

Berbicara gaya hidup memang sangat fleksibel, pasalnya hal ini memang tergantung dari lifestyle atau kebiasaan orang yang melakukannya.

Kamu bisa saja menghabiskan biaya yang benar-benar sedikit jika kamu dapat berhemat dan sebaliknya, kamu bisa saja menghabiskan biaya yang besar jika tak mampu menahan diri.

Selain dikenal orang dengan surganya pusat perbelanjaan barang-barang mewah dengan harga yang murah, kota Batam juga dikenal dengan pusatnya perusahaan dan industri pariwisatanya yang banyak memincut turis asing.

Dengan berjamurnya perusahaan-perusahaan besar yang tidak hanya berskala nasional tapi juga multinasional, kota ini juga memiliki hotel-hotel kelas atas berdiri dimana akan sangat menguntungkan dan tempat untuk mereka yang ingin mengadu nasib di kota ini.

Kota Batam memang kecil, namun siapa sangka bahwa potensi pariwisatanya yang sangat besar dapat menarik sejumlah pelancong atau turis asing berkunjung untuk hanya sekedar menikmati kota Batam.

Sejuta cahaya kota Batam perlihatkan mampu mengalihkan pkamungan setiap orang yang mampir disana. Tak heran banyak orang yang ketika pulang justru merasa ingin kesana lagi dan lagi.

Biaya Hidup di Batam

Batam terkenal dengan tempat banyaknya transaksi dari luar negeri, seperti barang elektronik, maupun barang siap pakai. Bagaimana kira-kira biaya hidup di Batam? Ini dia perinciannya:

1. Biaya Tempat Tinggal di Batam

Jika berbicara mengenai tempat tinggal di Batam, kamu tidak usah khawatir untuk bersusah payah mencari tempat tinggal karena kota Batam banyak sekali industri hunian sewaan. Cukup datang ke kantor dan cari hunian sewaan terdekat, pasti mudah kamu jumpai.

Tak heran begitu karena memang kota Batam kaya akan industri, jadi banyak juga warga asli sana yang membuka hunian sewaan karena banyaknya perantau yang mampir ke kota Batam untuk mencari pekerjaan.

Untuk biaya tempat tinggal di Batam cukup aman untung dompet pekerjamu karena tergolong cukup murah untuk hunian sewaan yang terletak di kota padat industri.

Dibanderol harga berkisar Rp.200 ribu saja kamu sudah mendapatkan kos dengan air sumur dan Rp.700 ribu untuk lingkungan perumahan. Ada juga rumah sewaan dengan dua kamar cukup Rp.1,5 juta per bulan.

2. Biaya Makan di Batam

Selain biaya tempat tinggal, biaya makan juga perlu kamu perhatikan agar tidak salah kaprah nantinya. Terhitung untuk satu keluarga inti yang terdiri dari pasangan dan 1 orang anak membutuhkan biaya sekitar Rp.200 ribu untuk seminggu.

Budget ini bisa digunakan untuk membeli ayam 2 kg, ikan, tahu, tempe dan buah plus sayur untuk memenuhi gizi keluargamu.

Namun jika masih tinggal sendiri dan memutuskan untuk makan di luar, harga kisaran rata-rata makanan di kota Batam sekitar Rp.15.000 sampai dengan Rp.30.000 untuk sekali makan. Jika dihitung perbulannya akan membutuhkan biaya sekitar Rp.1,8 juta.

Kamu dapat memasak makanan sendiri merupakan opsi jika kamu ingin lebih berhemat apalagi jika tempat tinggalmu sudah dilengkapi dengan dapur maka persoalan biaya makan bukanlah hal yang sulit.

3. Biaya Transportasi di Batam

Sama seperti kota-kota lain, Batam juga mempengaruhi biaya transportasi kamu. Memilih tempat tinggal yang dekat dengan kantor adalah sebuah keuntungan besar untuk kamu dimana kamu tidak perlu pusing mengenai biaya transportasi.

Umumnya, transportasi yang digunakan di kota Batam adalah ojek online dan juga bimbar. Tarifnya relatif tergantung jarak dan tujuan, harga hampir sama dengan yang ada di Ibukota Jakarta namun akan sedikit lebih murah karena kotanya yang kecil.

Tentu saja, pilihan yang paling hemat adalah memiliki kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Jika dalam posisi demikian, kamu cukup memikirkan tentang biaya bahan bakarnya saja, setiap orang pasti berbeda tergantung jenis kendaraan dan keperluan seseorang untuk berkendara jadi tidak ada angka mutlak untuk hal ini.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

4. Biaya Internet dan Telekomunikasi di Batam

Di era modernisasi ini setiap orang pastinya tak luput untuk menggenggam gawai masing-masing. Dan jika memiliki gawai pastinya membutuhkan internet baik digunakan untuk komunikasi secara daring, mencari informasi lewat mesin telusur atau hanya untuk media hiburan.

Oleh karena itu, biaya untuk hal ini perlu diperhatikan untuk memudahkan kamu saat di kota Batam khususnya mencari informasi dengan beralaskan gadget kamu.

Pada umumnya, orang yang bekerja di Batam setidaknya mengeluarkan biaya sebanyak Rp.50.000 per bulannya untuk membeli kuota internet.Hal ini sangat relatif karena kegunaan gawai setiap orang pastinya berbeda-beda.

5. Biaya Untuk Belanja Bulanan di Batam

Setiap bulan pasti kamu memerlukan bahan-bahan pokok yang harus dibeli seperti perlengkapan mandi, keperluan rumah atau pribadi. Dan jangan salah, meskipun terletak jauh dengan pulau Jawa, nyatanya harga bahan-bahan pokok di Batam menyamai harga bahan-bahan pokok di Jawa. Biasanya orang-orang di Batam menghabiskan sekitar Rp.300-Rp.400 ribu per orangnya.

Batam merupakan kawasan padat industri dimana perekonomiannya berkembang sangat pesat. Sehingga kota Batam merupakan tempat yang sangat cocok untuk para pekerja mencari nafkah, karena banyak pekerjaan di sana.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Meskipun ramai akan industry dan pesatnya ekonomi. Nyatanya Biaya hidup di kota Batam justru lebih murah dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya.

Instagram