Biaya Admin Shopee dengan Rumus Perhitungan Tergantung Status Penjual

Belakangan ini Shopee menjadi perbincangan yang cukup ramai di kalangan para seller karena biaya admin Shopee mengalami kenaikan. Dengan demikian bisa diketahui oleh pengguna bahwasannya dalam melakukan penjualan di marketplace tidak selamanya gratis terus.

Terdapat syarat dan ketentuan yang berlaku sampai pada akhirnya seller dikenakan biaya admin. Hal ini seperti toko penjual yang juga dibedakan labelnya yakni Star Seller dan juga Shopee Mall.

Baca Juga Artikel Cara Transfer dan Top Up Lainnya dari Transfez

Cara Transfer Uang Dari DANA Ke Bank
Cara Transfer Uang Lewat Indomaret
Cara Transfer Uang Lewat Alfamart
Cara Transfer Uang Melalui HP
Cara Bayar Shopee di Indomaret
Cara Top Up Dana Lewat BCA
Cara Menonaktifkan Shopee Paylater

Penjual Bebas Biaya Admin Shopee

Biaya Admin Shopee dengan Rumus Perhitungan Tergantung Status Penjual

Meskipun ada seller yang memang dibebani biaya admin, namun sampai sekarang masih ada seller yang tidak dikenakan biaya admin. Hal seperti ini hanya berlaku untuk pengguna baru yang membuka toko serta melakukan penjualan di marketplace Shopee dan penjualannya itu tidak lebih dari 100 orderan selama bergabung.

Biaya akan dikenakan pada toko yang sudah memperoleh 100 pesanan pada toko tersebut. Apabila telah mencapai 100 penjualan maka dengan demikian seller ini akan dibebani biaya admin non star yang mana artinya bahwa toko penjual belum berstatus sebagai star seller.

Biaya Admin Non Star Shopee

Penjual akan dikenakan biaya admin apabila penjualnya sudah sukses menjual 100 lebih pesanan dan terhitung sejak bergabung ke Shopee dan status tokonya Non Star. Sementara itu untuk biaya admin yang harus dikeluarkan untuk membayar yakni 1.6 persen dari total pembayaran dari pembeli dan sudah dikurangi oleh biaya ongkir serta diskon, berikut rumus perhitungannya:

Biaya admin = (harga asli produk – diskon produk atau voucher ditanggung penjual) x 1.6%

Selain itu juga dapat diketahui dengan produk tertentu akan dikenakan biaya admin 0.75%. Produk tersebut di antaranya Komputer & Aksesoris, Handphone & Tablet, Elektronik, Kamera, Drone, Makanan & Minuman, Hobi & Koleksi, Kesehatan dan Video.

Biaya Admin Shopee Star Seller

Shopee Star Seller merupakan label yang telah diberikan pihak Shopee untuk penjual karena sudah memberikan layanan terbaik bagi pembelinya. Biaya admin untuk status toko star seller serta serta star+ ada dua macam yakni 2 persen dengan diskon 20 persen dari biaya admin 2.5 persen dan juga 1.25 persen dengan kategori produk tertentu, berikut rumus perhitungannya:

Biaya admin final program star dan star+ = (harga produk – diskon voucher yang ditanggung penjual) x 2% ataupun 1.25%

Dalam hal ini dari pihak penjual tidak repot lagi untuk membayarkan biaya admin karena dari sistem Shopee sendiri yang telah otomatis melakukan pemotongan ketika diteruskan dari pembeli ke pihak penjual. Dari banyaknya dikson, voucher dan ongkir akan ditanggung oleh penjual tidak akan dibebankan biaya admin.

Biaya Admin untuk Shopee Mall

Shopee Mall merupakan toko yang mempunyai nama brand dengan menjual produk langsung dengan mengutamakan kualitas pada barang serta layanan untuk pembeli. Produk yang telah dijual pada toko mempunyai status Shopee Mall sudah dijamin 100 persen original oleh Shopee.

Perhitungannya memang sedikit berbeda, Shopee Mall mempunyai perhitungan pada setiap persentase produk yang berbeda tergantung dari sub kategori antara 1%, 3% serta 5%. Berikut untuk rumus perhitungannya:

Biaya admin Shopee Mall = (harga asli produk – diskon dan voucher produk yang ditanggung oleh penjual Shopee Mall) x% sesuai dengan sub kategori

Biaya Admin untuk Shopee Gratis Ongkir Xtra

Dalam biaya admin Shopee Xtra ini ada 3 status toko penjual yakni Non Star, Star & Star+ dan juga Shopee Mall. Berikut inilah beberapa uraian penjelasannya:

1. Penjual Non Star

Untuk status penjual Non Star pada gratis ongkir Xtra terdapat perhitungannya sendiri, berikut perhitungannya:

Biaya layanan = (harga produk – diskon atau voucher ditanggung penjual) x 4% (diskon 20% atas biaya layanan normal sebanyak 5%)

Biaya layanan tersebut belum termasuk pada biaya admin Non Star serta program cashback Xtra. Hal yang membuatnya cukup menarik yakni adanya produk dengan kategori tertentu dengan nilai jauh lebih rendah 3%.

2. Penjual Star & Star+

Pada status penjual yang satu ini terdapat rumus perhitungan, berikut ini:

Biaya layanan = (harga asli produk – diskon dan voucher yang ditanggung penjual) x 3.6%** (diskon 20% dari biaya layan normal sebanyak 4.5%)

Biaya layanan tersebut belum termasuk pada biaya admin Star% Star+ serta program cashback Xtra. Hal yang membuatnya cukup menarik yakni adanya produk dengan kategori tertentu dengan nilai jauh lebih murah 2.5%.

3. Penjual Shopee Mall

Untuk status penjual Shopee Mall ada perhitungannya sendiri, berikut rumusnya:
Biaya layanan = (harga asli produk – dikson dan voucher yang ditanggung penjual) x 2%

Biaya layanan tersebut belum termasuk pada biaya admin Shopee Mall serta program cashback Xtra. Biaya admin untuk status Shopee Mall yakni 1% ada setiap penjualan.

Lihat Juga Video Cara Mudah Transfer Uang Ke Luar Negeri

Biaya Admin Cahsback Xtra Shopee

Adanya layanan pada program cashback Xtra pada Shopee terdapat biaya admin yang harus dibayarkan untuk setiap tipe dari toko penjual. Biaya ini bisa berlaku bagi semua pesanan yang sudah selesai baik dengan menggunakan voucher ataupun tidak, khususnya pada cashback Xtra.

Berikut inilah beberapa uraian pada setiap status penjual yang dapat kamu pahami perhitungannya:

1. Penjual Non Star

Rumus perhitungan biaya admin Shopee untuk Non Star yakni:

Biaya layanan = (harga produk – diskon dan voucher yang telah ditanggung oleh penjual) x 1.4% (diskon 30% dari biaya layanan normal sebanyak 2%)

2. Penjual Star & Star+

Rumus perhitungan untuk biaya admin Star & Star+:

Biaya layanan = (harga produk – diskon dan voucher yang telah ditanggung oleh penjual) x 1.4% (diskon 30% dari biaya layanan normal sebanyak 2%)

3. Penjual Shopee Mall

Rumus perhitungan:

Biaya layanan : (harga produk – diskon dan voucher yang ditanggung penjual) x 1.4% (diskon 30% dari biaya layanan normal sebanyak 2%)

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

play store small
app store small

Demikianlah beberapa uraian penjabaran mengenai biaya admin Shopee yang mempunyai perbedaan pada setiap status penjual. Selain itu perbedaan juga terdapat pada berbagai macam gratis ongkir, voucher dan cashback lainnya.

Instagram