Inkubator Startup Dunia dan Manfaatnya Bagi Perusahaan Rintisan

Inkubator startup dunia hadir guna memberikan bantuan dengan adanya sarana dan prasarana yang lebih terjangkau dan bahkan tidak membutuhkan biaya sama sekali. Bahkan beberapa perusahaan raksasa teknologi seperti halnya Reddit, Dropbox serta AirBnB pada mulanya sebagai perusahaan startup yang mempunyai keterbatasan di mana-mana dan berkat adanya program inkubator ini mereka telah mempunyai evaluasi dengan nilai sebesar US 1 miliar.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Tidak terkecuali inkubator yang ada di Indonesia terdapat sejumlah startup inkubator Indonesia yang saat ini siap menggodok perusahaan rintisan sehingga nantinya bisa lebih mapan dan berkembang. Sekarang ini inkubator sudah sangat populer sejak tahun 2010-an karena besarnya manfaat bagi setiap perusahaan startup yang telah mempunyai pola pikir untuk berkembang karena inkubator itu sendiri telah menyediakan kebutuhan untuk startup yang baru mulai rintisan di tahapan awal perkembangan.

Inkubator Startup Dunia dan Manfaatnya Bagi Perusahaan Rintisan

1. Apa Itu Inkubator Startup Dunia

Inkubator sendiri merupakan sebuah organisasi yang akan membimbing perusahaan serta yang baru dirintis melalui beberapa fase pertumbuhan sampai perusahaan tersebut mempunyai sumber daya fisiknya, manusia serta finansial yang lebih memadai untuk berkembang. Startup inkubator akan menginkubasi semua ide baru dan memberikan bantuan pada wirausaha baru guna menerjemahkan ide yang telah dihasilkan menjadi sebuah ide yang nantinya dapat menjanjikan ke depannya.

Gagasan yang ada di balik pendiri inkubator itu sendiri adalah menciptakan sebuah lingkungan yang lebih ideal untuk perusahaan rintisan sehingga mereka dapat melakukan pengembangan produk dasarnya hingga membangun fondasi pada model bisnis yang akan dilakukan. Start up di Indonesia pun juga menyediakan ruang kantor, pelatihan, investasi awal, mentor hingga layanan profesional seperti halnya akuntansi untuk perusahaan rintisan serta hukum dan durasi inkubasinya sendiri untuk beberapa bulan sampai hitungan tahun yang tergantung dari program yang akan dijalankan.

2. Pentingnya Inkubator Startup Dunia

Startup inkubator memiliki peran yang sangat penting bagi pendiri sebuah perusahaan rintisan tanah air guna mematangkan perencanaan bisnis yang nantinya akan dilakukan. Hal ini dikarenakan inkubator mempunyai banyak ahli yang sudah berpengalaman di bidangnya serta hal praktek untuk menjalankan sebuah bisnis sehingga tidak hanya sekedar gagasan saja.

Bahkan juga terdapat modal ventura hingga mentor bisnis yang nantinya siap berbagi pengetahuan dan pengalaman yang berhubungan dengan usaha itu sendiri. Inkubator tentunya memberikan kesempatan supaya bisa bertemu dengan pendiri startup lainnya sehingga inkubator memiliki banyak manfaat sebagai berikut:

1. Memudahkan Akses Sumber Daya yang Lebih Profesional

Emang suatu hal yang sangat wajar ketika seorang pendiri startup belum memahami secara benar tentang profesionalisme dunia usaha ketika menjalankan perusahaan startup itu sendiri. Dengan adanya inkubator bisa memberikan sebuah bantuan sumber daya profesional yang nantinya akan sangat berguna untuk kedepannya apabila memiliki ambisi untuk menjadikan sebuah perusahaan kelas korporasi tingkat multinasional.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

2. Menjalin Jaringan yang Lebih Luas

Manfaat adanya inkubator startup dunia tentunya sangat baik digunakan dan memberikan bantuan untuk jangka pendek ataupun jangka panjang. Terlebih lagi dalam jaringan bisnis sangat penting untuk membantu dalam memajukan usaha tersebut.

Apabila perusahaan startup milik kamu telah mengikuti program inkubator maka dapat membangun relasi yang lebih luas dengan pelaku usaha lainnya sekaligus kamu juga bisa melakukan tukar informasi dengan mudah dan cepat. Selain itu kamu juga memiliki peluang yang sangat besar untuk menarik investasi yang akan ditanamkan oleh investor baik itu dalam negeri ataupun di luar negeri.

3. Lebih Menghemat Pengeluaran

Adanya Inkubator startup dunia telah menyediakan berbagai macam kebutuhan bagi pendirinya perusahaan startup perintisan yang tidak perlu lagi dibeli ataupun dibayar. Jika memang ada biaya yang akan dibutuhkan nilai dari nominalnya tersebut sangat rendah atau bahkan didiskon dari program inkubator itu sendiri.

Sementara itu untuk ruang kantor mempunyai harga sewa yang bisa berpuluh-puluh juta akan tetapi ini bisa diakses dengan mudah ketika menggunakan program inkubator. Demikian juga untuk perangkat kerja serta ketersediaan teknologi teranyar yang tentunya memiliki nilai yang lebih tinggi.

4. Memperoleh Pelatihan

Program Inkubator startup dunia sudah menyediakan banyak mentor, investor hingga pakar bisnis yang memiliki keterlibatan dengan pendiri startup bisa memperoleh berbagai macam pelatihan penting dalam menjalankan sebuah usaha. Latihan yang nantinya bisa didapatkan berupa kepemimpinan, penyiapan strategi bisnis, cuman pengeluaran sampai permodelan dan ilmu yang ditawarkan ini tidak ternilai harganya untuk membantu dalam pengembangan sebuah usaha.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik

5. Mendapatkan Modal

Pada umumnya inkubator tidak hanya untuk menyediakan ilmu serta perangkat teknologi saja namun perusahaan juga bisa mendapatkan kesempatan untuk memperoleh modal yang diberikan oleh investor. Perusahaan rintisan yang baru bisa menyampaikan sebuah ide gagasan tetap bisa menarik modal dari investor yang memang tertarik dengan gagasan tersebut.

3. Daftar Inkubator Startup Indonesia

Sebenarnya ada banyak startup inkubator yang telah mendukung untuk pertumbuhan ekosistem digital yang ada di nusantara. Dengan kamu mengetahui adanya startup inkubator Indonesia tentunya bisa menjadikan sebuah motivasi bahwasanya program inkubator itu jelas dan pasti untuk membantu perusahaan rintisan yang memang baru dimulai.

Berikut ini beberapa startup inkubator yang ada di Indonesia dan bisa kamu ketahui:

• Kolaborasi sebagai inkubator yang sangat terkenal dengan motto HYPER
• Indigo incubator merupakan satu angkatan dengan kolaborasi di dalam dunia inkubasi startup dan dikelola oleh Telkom Indonesia
• Skystar ventures grup Kompas Gramedia yang telah melakukan kerjasama dengan Universitas multimedia Nusantara untuk menghasilkan startup inkubator Indonesia
• IDX incubator sebagai Bursa efek Indonesia yang telah mendirikan inkubator sejak tahun 2017 di dalam bidang teknologi digital
• Kibar sebagai mitra Google for entrepreneurs yang ada di Indonesia yang sangat rutin menjalankan program inkubasi
• Merah putih incubator sebagai startup inkubator Indonesia dari PT merah cipta media sebuah perusahaan solusi digital dengan rekam jejak yang sangat panjang di dunia perusahaan rintisan
• Mandiri digital bisnis inkubator sebagai Bank Mandiri yang juga turut dalam meramaikan dunia teknologi digital dengan menghadirkan
• Inkubator teknologi LIPI yang mempunyai program inkubasi untuk pengembangan wirausaha dengan basis teknologi dan inovasi.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Beberapa pembahasan terkait Inkubator startup dunia sebagai program menjanjikan yang membuat perusahaan rintisan bisa berkembang dengan ide gagasan menariknya. Meskipun sebagai perusahaan rintisan namun berpeluang untuk mendapatkan investor yang akan menanamkan saham pada perusahaan tersebut.

Instagram