Ciri-Ciri Ekonomi Kreatif yang Sangat Terlihat Menonjol

Ciri-ciri ekonomi kreatif menjadi pertanda bahwasanya di era ekonomi modern ini sudah banyak transaksi yang dilakukan menggunakan sistem layanan digital yang menggunakan konsep kreatif. Dalam hal ini ekonomi kreatif mempunyai makna sebagai konsep di era ekonomi baru yang mampu mengintensifkan informasi serta kreativitas untuk mengandalkan ide serta pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai salah satu faktor produksi utamanya.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Konsep dari ekonomi kreatif sendiri telah didukung sebagai potensi atas industri kreatif yang melakukan perkembangan cukup pesat belakangan ini. Berjalannya waktu perkembangan dari ekonomi kreatif sampai pada tahapan saraf ini setelah beberapa waktu sebelumnya dunia telah menghadapi konsep ekonomi informasi sebagai hal utama dalam mendukung perkembangan ekonomi.

Ciri-Ciri Ekonomi Kreatif yang Sangat Terlihat Menonjol

 

Ciri-Ciri Ekonomi Kreatif

Para ekonomi di Indonesia yang terjun ke dalam ekonomi kreatif sebenarnya cukup banyak dan diantara mereka juga sudah memahami apa saja ciri dari ekonomi kreatif itu sendiri. Berikut inilah beberapa ciri-ciri ekonomi kreatif yang perlu diketahui ketika akan melakukan dukungan pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih baik:

1. Terdapat Kreasi Intelektual

Poin yang pertama ini ciri dari ekonomi kreatif yaitu penekanan terhadap pentingnya kreativitas serta inovasi yang perlu dikeluarkan untuk menghadirkan ide-ide baru yang sebelumnya tidak ada pada produk lain. Dengan demikian adanya kreativitas juga harus diimbangi dengan keahlian yang memadai pada sebuah sektor yang sangat dibutuhkan dan menjadi salah satu ciri utama dari ekonomi kreatif itu sendiri.

Dalam menghadirkan produk berkualitas tentu hal utama yang harus diunggulkan yakni kreasi intelektual dengan pengetahuan terhadap teknologi ataupun produk yang nantinya akan dihasilkan. Menghasilkan produk unggulan tentunya harus memiliki kreativitas baru sehingga siap untuk dijual di pasaran dan tidak tergolong ide kreatif kuno.

2. Mudah Digantikan

Ciri-ciri ekonomi kreatif yaitu harus mudah diperbarui atau digantikan dengan ide-ide lainnya. Kreasi serta inovasi harus terus dilakukan pengembangan sesuai dengan perkembangan aktivitas dari ekonomi tersebut sehingga hasil produk yang sudah jadi nantinya bisa menarik perhatian para pembeli hingga bisa dilakukan ekspor ke luar negeri karena memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Tujuan adanya ekonomi kreatif yang mudah digantikan supaya bisa diterima oleh pasar serta bermanfaat bagi setiap konsumen yang membelinya, maka dari itu untuk persaingan di masa ekonomi kreatif ini terbilang sangat ketat. Apabila tidak mempunyai identitas secara khusus dan jelas dalam menjalankan ekonomi kreatif tentunya tidak ada daya tarik tersendiri di pasaran yang nantinya akan lebih mudah untuk tergeser oleh beberapa produk lain yang terbilang lebih unggul.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

3. Melakukan Distribusi Secara Langsung Dan Tidak Langsung

Ciri-ciri ekonomi kreatif biasanya dilihat dari segi pendistribusian barang sudah jadi yang biasanya dilakukan secara langsung ataupun tidak langsung. Distribusian produk yang dihasilkan dari ekonomi kreatif ini didasarkan atas kebijakan perusahaan ataupun kebutuhan konsumen terhadap produk tersebut.

Dalam hal ini pelaku ekonomi bebas untuk menentukan pendistribusian produk yang dihasilkan baik itu secara langsung ataupun tidak langsung. Pelaku ekonomi hanya perlu memutuskan bagaimana cara untuk melakukan pemasaran produk yang dihasilkan dengan target pasar di lingkup Nasional Indonesia saja ataupun sampai ke pasar internasional.

4. Membutuhkan Kolaborasi

Ciri-ciri ekonomi kreatif sebenarnya tidak bisa dijalankan sendiri karena harus melakukan kerjasama dengan beberapa individu lain atau perusahaan lainnya. Dalam menjalankan sebuah industri kreatif ataupun ekonomi kreatif maka harus terjadi kolaborasi yang memunculkan banyak ide baru.

Seperti halnya antara pihak pengusaha yang melakukan kerjasama dengan pemerintah dalam proses pengaturan kebijakannya. Abrasi yang dilakukan oleh pengusaha dengan pemerintah ini menjadi salah satu upaya supaya ekonomi kreatif tetap bertahan agar tidak sendirian dalam menghadapi persaingan ekonomi yang cenderung lebih pesat seiring berjalannya waktu.

5. Tidak Memiliki Batasan

Ekonomi kreatif memiliki ciri-ciri yang sangat bisa dikenali salah satunya adalah tidak memiliki batasan karena dalam menjalankannya ini bisa dilakukan secara bebas tanpa batasan yang mengikat.setiap orang yang ingin terjun dan menjalankan ekonomi kreatif tentunya bisa menciptakan berbagai macam produk unggulan dengan menghadirkan ide kreatif dan inovatifnya pada produk tersebut.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Service AC
Bisnis Jasa Setrika
Bisnis Jasa Digital Marketing

Dalam artian bahwasanya inovasi dan kreativitas untuk menciptakan sebuah produk akan selalu terjadi dan hal ini tentunya tidak mempunyai batasan secara pasti. Dengan demikian semua orang memiliki haknya masing-masing untuk menghadirkan produk unggulan apa saja yang ingin ditawarkan di pasaran dan tidak mempunyai batasan secara mutlak.

6. Menggunakan Basis Pada Ide Dan Kreativitas

Ciri-ciri ekonomi kreatif yang lainnya yaitu berbasis terhadap ide dan kreativitas dan untuk menonjolkan produk jual yang telah jadi di pasaran. Dalam hal ini memiliki artian bahwasanya ide menjadi suatu hal utama yang harus disiapkan terlebih dahulu ketika ingin menjalankan sebuah ekonomi kreatif.

Ide menjadi suatu hal yang sangat penting untuk mengembangkan industri kreatif dan peranannya ini selalu berkaitan dengan inovasi dan kreativitas. Tanpa adanya ide kreatif dan inovatif tentunya membuat bisnis yang kamu jalankan akan bangkrut seketika karena tidak mampu bersaing dengan pasar di luar sana.

Multi Manfaat Ekonomi Kreatif

Melihat ciri dari ekonomi kreatif sendiri terdapat beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan menjalankan industri kreatif yang menghasilkan ini. Berikut inilah beberapa manfaat dalam menjalankan ekonomi kreatif sebagai upaya meningkatkan perekonomian Indonesia dan memberikan kesejahteraan lebih baik bagi kehidupan masyarakat:

  • Ekonomi kreatif bisa menjadikan setiap lapisan masyarakat berpikir kreatif dalam menghasilkan produk jual
  • Mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru dan menekan angka pengangguran
  • Dapat mengurangi tingkat angka pengangguran yang terus melonjak
  • Menciptakan adanya kompetisi bisnis yang cenderung lebih sehat meskipun dengan diimbangi adanya persaingan bisnis
  • Meningkatkan inovasi pada berbagai macam bidang sehingga terlihat berbeda dan memiliki nilai jual lebih tinggi di pasaran.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait ciri-ciri ekonomi kreatif yang perlu diketahui dan tentunya memberikan banyak manfaat bagi masyarakat hingga negara. Kehadiran dari ekonomi kreatif ini sangat menguntungkan karena mampu meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi negara dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Instagram