Tips Traveling ke Vietnam untuk Pemula dari Transfez

Artikel ini membahas tentang biaya kuliah dan biaya hidup di Vietnam, salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki destinasi wisata yang populer dan punya beberapa Universitas terbaik di Asia.

Vietnam adalah negara yang terletak di Asia Tenggara dan berbatasan dengan Cina, Laos, dan Cambodia. Negara ini memiliki berbagai destinasi wisata yang populer, mulai dari pantai-pantainya yang indah, situs bersejarah yang eksotis, makanan yang lezat, dan warganya yang sangat ramah.

Vietnam memiliki semua yang kita butuhkan. Budaya yang menarik dan tradisi yang mengagumkan bersatu-padu dengan ekonomi yang modern dan kota-kota kosmopolitan.

Artikel Transfez tentang Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Vietnam
Sumber: linkedin/hanoi-univesity

Mungkin kebanyakan orang tidak terlalu mengenal Vietnam dan menganggap negara ini sebagai tempat misterius. Namun Vietnam yang sekarang sudah sangat berkembang pesat dan diperhitungkan sebagai negara dengan destinasi wisata dan destinasi belajar yang berkualitas.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Vietnam
Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia
Cara Kirim Uang ke Jepang

Sejak tahun 2011, pemerintah Vietnam secara aktif membuka dan memudahkan akses bagi siswa internasional untuk belajar di negara tersebut. Beberapa upaya dan pengembangan terus dilakukan, termasuk memperbanyak program yang diajarkan dengan menggunakan bahasa Inggris dan memperluas peluang untuk penelitian.

Sebagai salah satu negara dengan ekonomi paling stabil di Asia, Vietnam terus berkembang dan maju untuk memperbanyak peluang pendidikan dan karir.

Sudah banyak universitas di Vietnam yang menawarkan gelar dalam bahasa Inggris yang telah terakreditasi oleh pemerintah nasional dan dapat diakui secara penuh oleh universitas di negara lain seperti UK, AS, Kanada, dan Australia.

Biaya Kuliah di Vietnam

Perguruan tinggi di Vietnam menawarkan berbagai program, serta beberapa diantaranya merupakan spesialisasi pada bidang studi tertentu. Selain memperoleh gelar, di Vietnam siswa akan belajar di lingkungan multi-budaya yang menyediakan berbagai pengetahuan mengenai Asia Tenggara.

Vietnam memiliki universitas negeri dan swasta yang tentunya juga memiliki biaya yang berbeda. Universitas swasta internasional di Vietnam merupakan gabungan dari siswa, staf, dan para profesioanl yang inovatif. Biasanya program yang dimiliki pun sangat beragam seperti MBA hingga teknik yang semuanya diajarkan dalam bahasa Inggris.

Baca Juga Tips Traveling dari Transfez Lainnya

Tips Traveling Ke Jerman
Tips Traveling Ke Australia
Tips Traveling Ke Belanda
Tips Traveling Ke Prancis
Tips Traveling Ke Spanyol
Tips Traveling Ke Turki
Tips Traveling Ke Inggris/UK

Universitas Terbaik di Vietnam

Berikut ini adalah serangkaian universitas terbaik di Vietnam beserta rincian biayanya.

1. Vietnam National University Hanoi (VNU Hanoi)

VNU adalah universitas yang banyak dipilih oleh pelajar internasional karena termasuk dalam universitas bergengsi dan kompetitif di Vietnam. Pada awalnya di tahun 1906 era kolonial, VNU merupakan universitas Indocina yang selanjutnya diresmikan dengan nama VNU pada 1993.

Sekarang, universitas ini terdiri dari 12 kampus dan 2 sekolah spesialis yang menawarkan program multidisiplin dalam ilmu kesehatan, sosial dan humaniora, serta IT.

VNU meperluas cakupan akademiknya melalui pelatihan dan penelitian yang seteara dengan universitas terkemuka dunia. Selain itu universitas ini adalah institusi pertama yang menyediakan pembelajaran bahasa Inggris.

• Biaya registrasi : USD 200 (IDR 3 juta)
• Biaya perkuliahan : USD 2.318 (IDR 33 juta) per tahun

2. Hanoi University of Science and Technology

HUST adalah universitas tertua dan terbesar di Vietnam yang slelau mendapat peringkat pertama dalam pelatihan teknologi, teknik, dan sains. Terdapat 16 fakultas yang terdiri dari pusat penelitian, teknologi makanan, bioteknologi, ilmu sains, dan energi yang dapat diperbarui.

HUST memiliki kampus dengan luas 26 hektar yang dibangun 200 amfiteater, ruang pengajaran, ruang konferensi, 20 lokakarya, dan 8 laboratorium. Terdapat juga kompleks olahraga khusus yang berstandar internasional.

• Program Sarjana : USD 5000 (IDR 71 juta) per tahun
• Program Pascasarjana : USD 3.300 – 5.200 (IDR 47 – 74 juta) per tahun

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

3. Vietnam National Unversity Ho Chi Minh City (VNU-HCM)

VNU-HCM adalah unversitas negeri berbasis penelitian. Terdapat 2 jenjang program pendidikan yaitu Sarjana dan Pascasarjana dengan jurusan yang meliputi ilmu alam, ilmu sosial dan humaniora, teknologi, bisnis, sastra, dan bahasa asing.

Universitas ini juga berafiliasi dengan beberapa unit penelitian khusus seperti pertahanan negara, nanoteknologi, dan perubahan iklim. VNU-HCM dikenal dengan proses penerimaan yang selektif namun sudah banyak pelajar internasional yang lolos.

• Program Pascasarjana : VND 83.502.390 (IDR 52 juta)

4. Ton Duc Thang University

Walaupun terbilang masih baru, TDTU mampu meraih prestasi sebagai universitas riset terbaik di Vietnam. Terdapat 5 kampus yang tersebar di kota Chi Minh dan terdiri dari 17 fakultas yang menawarkan program Sarjana, Magister, dan Doktor. Bidang-bidang kejuruan yang disediakan adalah ilmu pengetahuan dan teknologi, ilmu sosial dan humaniora, bisnis dan ekonomi, bahasa asing, seni, dan keterampilan.

TDTU memiliki sekelompok besar mahasiswa internasional yang turut berpartisipasi dalam program kerjasama penelitian, rotasi kampus, pertukaran budaya, program pengajaran dengan penggunaan bahasa Inggris secara penuh.

• Biaya perkuliahan : VND 60.000.000 (IDR 38 juta) per tahun

5. Can Tho University

CTU adalah universitas negeri yang terletak di area pertanian terluas di Mekong Delta, Vietnam. Dalam hal ini, CTU memimpin dalam bidang edukasi dan penelitian untuk ilmu agrikultur. Beberapa program yang ditawarkan adalah pembangunan kota, ilmu alam, teknik mesin, ekonomi, dan IT.

CTU memiliki banyak mahasiswa internasional yang datang dari US, Jepang, Belgium, dan negara-negara global lainnya. Universitas ini secara aktif bekerjasama dengan institusi internasional sehingga menghasilkan kemajuan dalam segi fasilitas, bahan, dan alat pengajaran.

• Biaya perkuliahan : USD 23.177.000 (IDR 15 juta) per tahun
(*biaya sudah termasuk asuransi medis, buku, dan item lainnya)

Biaya Hidup di Vietnam

Ho Chi Minh dan Hanoi adalah pusat kota yang memiliki biaya hidup termahal. Namun jika dibandingkan dengan negara lain, biaya hidup di Vietnam bisa dikatakan lebih rendah dan terjangkau.

Biaya Akomodasi

Biaya hidup di Vietnam untuk akomodasi. Banyak universitas di Vietnam yang menyediakan asrama, khususnya untuk pelajar asing. Namun jumlah kamar yang dimiliki kampus sangat terbatas. Sehingga terkadang siswa harus mencari tempat tinggal sendiri di luar kampus.

• Asrama kampus: USD 100 (IDR 1.5 juta) per bulan sudah termasuk utiloitas dan layanan lainnya.
• Sewa apartemen: VND 7.000.000 – 15.000.000 (IDR 4.4 – 9.3 juta) per bulan tergantung pada lokasi dan jenis ruangan.

Biaya Makan

Biaya hidup di Vietnam untuk makan. Siswa internasional dapat menghemat pengeluaran untuk biaya hidup di Vietnam, khususnya untuk makan dengan cara membeli bahan mentah dan mengolahnya di rumah. Gaya hidup dan frekuensi makan di luar juga menentukan biaya hidup yang harus dikeluarkan.

• Warung: VND 57.111 (IDR 36 ribu)
• Restoran cepat saji: VND 104.626 (IDR 65 ribu)
• Belanja di pasar: VND 300.000 – 700.000 (IDR 186 – 433 ribu) per bulan

Biaya Transportasi

Untuk biaya hidup di Vietnam untuk transportasi di Vietnam, sebenarnya cukup beragam dan biasanya terdapat diskon untuk siswa. Tarif untuk angkutan umum berkisar VND 174.561 per bulan. Sedangkan tariff normal untuk taxi adalah VND 12.000 untuk sekali perjalanan.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Biaya Tambahan

Biaya hidup di Vietnam untuk tambahan. Selain kebutuhan pokok, siswa juga memiliki tanggungan untuk beberapa hal dan perlu menikmati waktu dengan memanfaatkan keindahan kota.

• Hiburan (bioskop, gym): VND 95.862 – 573.789 (60 – 355 ribu) per bulan
• Kebutuhan pribadi (obat, sampo, sabun, tisu): VND 83.361 – 187.838 (IDR 52 – 117 ribu)
• Pakaian dan sepatu: VND 991.728 – 2.182.650 (IDR 614 ribu – 1.4 juta)

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikianlah ulasan tentang biaya hidup dan biaya kuliah di Vietnam. Penasaran dengan negara ini? Persiapkan dirimu untuk belajar di negara yang kaya budaya.

Instagram