pengertian teknik audit adalah apa

Teknik Audit merupakan teknik dalam mengumpulkan data yang dilakukan oleh profesi auditor dengan tujuangan mendapatkan bukti audit.

Agar kamu lebih memahami tentang Teknik Audit dan beberapa istilahnya. Silahkan kamu ikuti pembahasan dibawah ini dengan teliti.

Penjelasan Teknik Audit

Teknik audit dilakukan oleh orang yang berkompeten yang mengumpulkan data serta mengevaluasinya secara sistematis dan objektif tentang kegiatan pada suatu perusahaan yang diaudit,

Orang yang melaksanakan audit harus merupakan individu yang berkompeten, objektif serta tidak memihak yang disebut dengan auditor.

Pembuktian dari audit ini memiliki tujuan untuk memverifikasi bahwa perusahaan yang diaudit sudah melakukan atau menyelesaikan pekerjaanya dengan regulasi, standar serta praktek yang diterima dan disetujui pada kesepakatan awal bersama.

contoh teknik audit adalah apa

Istilah istilah Audit

Kamu harus mengetahui istilah dari audit. Berikut adalah rinciannya.

Audit Ekstern

Audit eksternal merupakan Independen audit atau audit yang dilaksanankan oleh seorang auditor luar yang bertugas untuk menelaaah serta menverfikasi keaslian serta keakuratan laporan keuangan bank yang dilakukan dengan secara mendalam pada setiap aspek.

Hasil akhir dari audit eksternal adalah opini dari auditor terhdap laporan keaungan yang dimaksud, dengan pemeriksaan yang dilakukan dengan santandar pemeriksaan yang berlaku.

Audit Intern

Audit Intern ini dilaksanakan oleh auditor intern perusahaan, untuk memastikan tidak adanya manipulasi didalam tugas dan tanggung jawab pengurus dan komisaris yang sudah dilaksanakan dengan baik.

Audit Horizontal

Audit Horizontal adalah audit yang dilakukan oleh akuntan public guna menguasai praktek operasional dengan prosedur akuntansi.

Audit Kas

Audit kas adalah audit untuk memeriksa buku yang khusus yang mencatat transaksi kas pada periode tertentu untuk meneliti, kebenaran, sahnya transaksi kas, kelengkapan, sertapa menetapkan seluruh kas yang diterima dibukukan.

Alur Audit

ALur Audit adalah sistem yang digunakan oleh auditor seta menajer guna mempelajari ualang kebenran hasil audit, berupa petunjuk pelaksaan yang berisii tentang sistem pencatatan kegiatan secara krologis atau rentet waktu.

Bukti Audit

Bukti audit merupakan fakta yang didapatkan dari pemeriksaan secara langsung, seta menghitung ulang, pencocokan, penegasan pihak ketiga, serta pernyataan pejabat, dan bukti-bukti lainnya.

Bukti audit menjadi dasar yang layak untuk memberikan pendapat tentang kebenaran laporan keuangan yang di audit.

Baca Juga Artikel Tentang Kehidupan di Luar Negeri:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Program Audit

Program audit adalah program yang direncanakan secara sistem natis salah satunya adalah sasaran audit yang akan dilaksanakan oleh auditor. Program audit merupakan petunjuk serta alat pengawasan perkerjaan audit.

Laporan Audit

Laporan audit adalah pernyataan yang berisi tentang pemeriksaan yang sudah dilakukan dengan norma pemeriksaan akuntan, didalamnya juga terdapat pendapat tentang kewajaran laporan keuangan perusahaan yang di audit.

Unqualified clean adalah jenis pendapat wajar tanpa syarat, qualifies adalah pendapat wajar dengan syarat, adverse adalah pendapat menolak untuk memberikan pendapat, disclaimer adalah menolak dengan tidak memberikan pendapat sama sekali.

Standar Audit

Standar Audit merupakan landasan pelaksanaan atau norma pelaksanaan audit yang harus memenuhi syarat kualitas auditor, dan dijadikan patokan untuk proses pemeriksaan, isi laporan, dan bentuk laporan.

Teknik Audit yang Umum Digunakan

Ada beberapa teknik audit yang umum digunakan oleh auditor dalam mengumpulkan informasi yang akurat. Berikut adalah teknik audit:

Observasi

Observasi adalah melihat sebuah objek dengan secara hati-hati dan berkala dalam periode waktu yang sudah ditentukan, bertujuan untuk membuktikan keadaan perusahaan yang menjadi objek tersebut sedang bermasalah. Teknik ini dapat dilakukan dengan jarak jauh sehingga pihak yang diobservasi tidak menyadarinya.

Inspeksi

Inspeksi adalah memeriksa sebuah objek dengan cara teliti dan menyeluruh atas seluruh cattatan, dokumen, seta objek yang berwujud. Teknik ini akan dilaksanakan secara mendadak tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Opname

Opname adalah melakukan pemeriksaan secara langsung dengan menghitung nilai kondisi, membandingkan jumlah yang seharusnya ada, dan mencari perbedaan yang terjadi pada objek yang di audit tersebut.

Scanning

Scanning adalah melakukan perkalian secara cepat atau menelaah keadaan dan menemukan hal yang menjanggal pada dokumen atau data.

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke Hongkong
Cara Transfer Uang ke Filipina
Cara Transfer Uang ke Australia
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

Footing dan Cross Footing

Footing dan Cross Footing adalh menguji atas keberanan perhitungan atau penjumlahan secara horizontal maupun vertikal.

Rekonsiliasi

Rekonsiliasi adalah mencocokan antara dua data yang dipisahkan mengenai hal yang sama tapi dikerjakan pada unit yang berbeda.

Tracking

Tracking adalah menelusuri landasan transaksi dari bukti, lalu melihat buku atau catatan dalam penyajian informasi. Tujuannya untuk menguji kelengkapan transaksi tersebut

Vouching

Vouching adalah melurusi landasan transaksi dari penyajian informasi berupa buku lalu melihat bumi dengan tujuan menguji validitasnya.

Prosedur Analitis

Prosedur Analitis adalah mempelajari serta membandingkan data-data yang saling berhubungan. Teknik ini akan melingkupi perhitungan serta penggunaan rasio sederhana, seperti analisis vertikal, perbandingan antara jumlah sebenarnya dengan historis data.

Penggunaan matematika dan statistika seperti analisis regresi diperlukan pada teknik audit prosedur analitis ini.

Konfirmasi

Konfirmasi adalah memberikan pertanyaan untuk meraih informasi secara langsung dari sumber independen di luar dari unit yang diaudit. Pihak yang diperiksa akan dikonfirmasi dengan melakukan permintaan sebelumnya, lalu jawabannya akan diberikan kepada auditor.

Permintaan keterangan atau Inquiry

Inquiry adalah mengajukan pertanyaan secara lisan dan tertulis kepada sumber internal yang diaudit, atau kepada pihak luar yang dianggap berkompeten. Hasil berapa lisan berupa bukti yang ditulis.

Reperformance

Reperformance adalah mengerjakan atau melakukan perhitungan ulang, serta rekonsiliasi kepada beberapa aspek di dalam proses transaksi tertentu yang sudah diaudit.

Tujuannya untuk memastikan praktek sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang ditetapkan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Penutup

Demikianlah informasi tentang teknik audit, semoga penjelasan ini dapat memuaskan keingintahuan kamu.

Instagram