pengertian tanggung renteng adalah apa lur

Tanggung Renteng merupakan istilah dari hukum perdata tentang terjadinya sebuah ikatan antara kelompok yang saling berkaitan memiliki tanggung jawab atas biaya yang harus dibayar dan sejenisnya.

Tanggung jawab para debitur dilakukan secara bersama-sama, perseorangan, ataupun salah satu orang yang khusus membiayai seluruh pembayaran seluruh utang. Pembayaran dari salah seorang debitur tersebut akhirnya membuat debitur lainnya dibebaskan dari membayar utang atau joint and several liability.

Pengertian Sistem Tanggung Renteng

Tanggung Renteng memiliki asal kata dari tanggung artinya “memikul, menjamin, serta menyatakan kesediaan untuk membayar hutang orang lain apabila orang tersebut tidak menepati janji yang disepakati”. Renteng memiliki arti “rankai, untaian”.

Soemantri menjelaskan tanggung renteng dalam dunia perkreditan adalah tanggung jawab bersama antara peminjam dan penjamin atas hutang yang disepakati. Dijelaskan juga bahwa tanggung renteng ini merupakan menanggung bersama-sama atas biaya yang wajib dibayar dan sejenisnya.

Penjelasan lainnya tentang tanggung renteng diungkapkan oleh Suhari yang mengatakan sistem tanggung renteng adalah tanggung jawab bersama setiap individu anggota atau kelompok untuk memenuhi kewajiban mereka secara bersamaan jika terdapat suatu masalah.

Tanggung renteng juga dijelaskan pada pasal 1278 Kitab UU Hukum perdata didalamnya dijelaskan suatu perikatan tanggung menanggung atau perikatan tanggung renteng terjadi antara sejumlah orang yang berpiutang.

Dalam persetujuan diberlakukan secara tegas kepada setiap persetujuan untuk diberikan hak untuk menuntut pemenuhan keseluruhan utang, sedang pembaruan yang dilakukan kepada satu individu membeasakan inividu yang berhurang, walaupun perikatan menutut sifatnya dapat dibagi dan dipecah menjadi ebberapa invidu yang berpiitang tadi.

contoh tanggung renteng apa lur

Baca Juga Artikel Tentang Kehidupan di Luar Negeri:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Nilai nilai dalam Tanggung Renteng

Berikut adalah nilai-nilai tanggung renteng menurut Jatman:

  1. Gotong royong dan kekeluargaan
  2. Keberanian serta keterbukaan dalam mengemukakan pendapat
  3. Tanggung jawab, menanamkan disiplin, rasa percaya diri, serta tanggung jawab antara anggota kelompok.
  4. Menciptakan kepemimpinan di dalam kelompok.

Manfaat Sistem Tanggung Renteng

Suharni berpendapat bahwa sistem tanggung renteng memiliki manfaat untuk memperkokoh kekompakan kelompok dan rasa saling percaya dari luar kepada para anggota kelompok. Dalam pelaksanaanya dibutuhkan kontrol sosial yang sangat kuat.

Sistem tanggung renteng akan berjalan efektif apabila diterapkan oleh kelompok yang memiliki ikatan pemersatu dan memiliki ikatan kepentingan kelompok yang kuat.

Berikut dibawah ini adalah kriteria yang harus dipenuhi kelompok agar tanggung renteng menjadi efektif perjalananya.

  1. Memiliki ikatan pemersatu yang sangat kuat, dan memiliki solidaritas, serta rasa bangga terhadap kelompoknya yang sudah diuji dengan jangawa waktu yang lama.
  2. Memiliki pemimpin yang karakternya sangat baik, sehingga berpengaruh kepada anggota kelompok lainnya, serta tegas untuk menggunakan aturan yang sudah disepakati antara anggota kelompok tersebut.
  3. Setiap anggota di kelompoknya memperoleh pinjaman yang besarannya sama.
  4. Anggota kelompok sudah menyepakati dan bersedia membayar tabungan dengan jumlah yang sudah disesuaikan pada pinjaman sebagaimana perjanjian awalnya.
  5. Seluruh anggota kelompok memiliki usaha dengan level keuntungan yang memadai
  6. Kelompok harus memiliki ketua, anggota, pengurus yang mau memenuhi syarat serta menjadi avalis untuk anggota lainnya untuk memenuhi kredit, tetapi tidak memiliki agunan.
  7. Setiap anggota bersedia menjadikan harta milik pribadi dijadikan agunan
  8. Setiap anggota kelompok memiliki usaha yang saling berkaitan satu sama lain.

Tanggung Renteng dalam Koperasi

Tanggung renteng memiliki sistem tanggung jawab yaitu tanggung jawab bersama di antara anggota suatu kelompok yang didasarkan dengan keterbukaan dan saling mempercayai terhadap segala kewajiban terhadap koperasi.

Ada 3 unsur dari sistem tanggung renteng yang dapat diterapkan yaitu:

–           Kelompok

–           Kewajiban

–           Peraturan

Sistem tanggung renteng ini kelompok adalah tempat anggota dalam melakukan kegiatan untuk memenuhi kewajiban serta haknya sebagai anggota koperasi. Selain itu kelompok menjadi tempat sarana komunikasi anggota –anggota dengan koperasinya.

Oleh karenanya diwajibkan adanya pertemuan rutin secara berkala untuk menjalin proses pembelajaran antara anggota kelompok tersebut.

Jika proses tanggung renteng ini dijalankan dengan benar, perubahan sikap dan perilaku anggota akan terjadi perubahan. Kesadaran terhadap tata nilai tanggung renteng yang dilandasi sikap dan perlu kau kebersamaan, saling percaya, keterbukaan, musyawarah, serta disiplin dan tanggung jawab.

Sehingga koperasi menjadi dapat berkembang dengan sangat baik baik dari sisi usaha maupun organisasinya.

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke Hongkong
Cara Transfer Uang ke Filipina
Cara Transfer Uang ke Australia
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

Contoh Tanggung Renteng

Tentunya musyawarah yang dilaksanakan bukan hanya berkaitan dengan pengambilan keputusan seberapa besar nilai pinjaman. Namun juga harus berkaitan dengan anggota baru, mengeluarkan anggota, serta penyelesaian masalah kelompok.

Dalam proses tersebut dibutuhkan keberanian untuk mengemukakan pendapat diantara kelompok, sehingga jika ada yang tidak sesuai dengan kebenarannya maka anggota kelompok lainnya harus terdorong untuk menyampaikan pendapat.

Biasanya anggota akan terdiri dari 20 orang, yang setiap minggunya wajib menghadiri pertemuan untuk melakukan pembayaran. Tujuan dari pertemuan ini sudah dijelaskan diatas yaitu salah satunya saling menguatkan antar kelompok sehingga kelompok menjadi lebih kuat.

Sebelum hari rapat datang BP akan datang dan emningatkan untuk membayar angsuran. Apabila anggota tidak hadir maka akan dilaksanakan home visit yaitu BP akan menghadiri orang tersebut.

Kunjungan  ke rumah akan dilaksanakan apabila anggota tidak melaksanakan rapat mingguan. Lalu jika di rapat selanjutnya BP akan mengunjungi rumah anggota tersebut lagi dan menanyakan alasan mengapa mangkir dari rapat.

Umumnya hal ini terjadi ketika peminjam gagak membayar atau menunda pembayaran, sehingga malam datang ke pertemuan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Penutup

Nah, demikianlah penjelasan tentang Tanggung Renteng, semoga penjelasan ini dapat memuaskan keingintahuan kamu ya.

Instagram