Selisih Waktu Singapura dan Indonesia Hanya 1 Jam dengan WIB

Berapa selisih waktu Singapura dan Indonesia? Singapura dan Indonesia memang berdekatan sehingga menjalin hubungan kerjasama yang baik dalam berbagai bidang. Meskipun berdekatan tetap ada selisih waktu Singapura dan Indonesia tidak begitu jauh.

Jarak antara Singapura dan Indonesia hanya sekitar 20 km saja dari daratan Batam termasuk wilayah Indonesia. Jarak tempuhnya pun tidak memakan waktu satu jam perjalanan sehingga tetanggaan dengan baik.

Selisih Waktu Singapura dan Indonesia

Selisih Waktu Singapura dan Indonesia Hanya 1 Jam dengan WIB

Mengingat lokasinya sangat berdekatan sehingga selisih waktu antara negara Singapura dan Indonesia tidak terlalu jauh. Singapura dan Indonesia sebenarnya hanya selisih 1 jam saja dengan Ibukota Jakarta.

Berikut inilah uraian selisih waktu Singapura dan Indonesia yang dapat kamu ketahui:

Indonesia

Indonesia memiliki bentangan yang sangat luas sehingga membuat wilayahnya ini mempunyai zona waktu dengan UTC berbeda-beda. Zona waktu yang dimiliki ada tiga yakni Waktu Indonesia Bagian Barat atau WIB, Waktu Indonesia Bagian Tengah atau WITA, Waktu Indonesia Bagian Timur atau WIB.

Dalam melakukan pengitungan selisih waktu antara Singapura dan Indonesia sangatlah mudah hanya dengan menggunakan rumus sederhana pada pengurangan UTC, simak caranya sebagai berikut:

• Zona waktu Indonesia bagian barat UTC +7 dan Singapura mengusung UTC +8. Dengan demikian tinggal dikurangi 7-8 = -1. Artinya jika ditarik kesimpulan bahwasannya selisih jarak antara WIB lebih lambat 1 jam. Jika kota Jakarta menunjukkan pukul 06.00 WIB maka waktu Singapura pukul 07.00

• Zona waktu Indonesia bagian tengah yang mengusung UTC +8 yang sebenarnya tidak juah berbeda dengan Singapura bahkan sama persis. Jika diambil kesimpulan maka untuk selisih waktu Singapura dan Indonesi tidak ada dalam WITA. Apabila di wilayah WITA pukul 06.00 WITA maka di Singapura juga memiliki waktu yang sama

• Sementara itu untuk zona waktu Indonesia bagian timur telah mengusung UTC +9 dan UTC di Singapura +8. Dengan demikian caranya dengan mengurangi 9-8 = 1. Apabila ditarik kesimpulan maka selisih jarak waktu antara WIT lebih cepat 1 jam dibandingkan dengan Singapura. Apabila wilayah WITA pukul 06.00 WITA maka Singapura masih pukul 05.00.

Singapura

Dengan memahami perumusan dalam menghitung selisih waktu Singapura dan Indonesia diatas maka dapat diketahui adanya perbedaan yang cukup terlihat. Meskipun lokasinya berdekatan namun ada perbedaan waktunya, namun Singapura memiliki kesamaan waktu dengan zona WITA yang mengusung UTC +8.

Hal ini bisa ditarik kseimpulan bahwasannya zona waktu di Singapura lebih cepat 1 jam dibandingkan dengan WIB. Namun zona waktu Singapura lebih lambat 1 jam dibandingkan dengan WIT dan sama persis dengan zona WITA.

Baca Juga Artikel Singapura Lainnya dari Transfez

Cara Top Up Saldo di Aplikasi Transfez Singapura
Mengenal Tradisi Singapura
Makna Lambang Negara Singapura
Arti Bendera Singapura dan Sejarahnya
Daftar Pemimpin Singapura

Apa Itu zona Waktu Singapura?

Dengan mengetahui selisih waktu Singapura dan Indonesia dapat memberikan gambaran waktu saat ini. Negara Singapura mempunyai zona waktu sebagai GMT +08.00 atau UTC +8:00 yang artinya bahwa selisih waktu Singapura mempunyai waktu 8 jam lebih cepat dibandingkan dengan waktu GMT.

Hal ini disebut dengan SST atau Singapore Standart Time akan tetapi untuk masyarakat Melayu sendiri menyebutnya dengan WPS atau Waktu Piawai Singapura.

Pergantian zona di Singapura

Dalam sejarahnya, selisih waktu Singapura telah mengalami pergantian zona waktu beberapa kali. Pergantiannya dimulai sejak tahun 1905 sampai saat ini sudah menerapkan 6 jenis zona waktu yang berbeda-beda.

Inilah beberapa daftar dari zona waktu yang pernah dialami oleh negara Singapura dalam zona GMT:

• Jangka waktu 1 Juni 1905 – 31 Desember 1932: UTC +07:00
• Jangka waktu 1 Januari 1933 – 31 Agustus 1941: UTC +07:20
• Jangka waktu 1 September 1941 – 15 Februari 1942: UTC +07:30
• Jangka waktu 15 Februari 1942 – 11 September 1945: UTC +09:00
• Jangka waktu 12 September 1945 – 31 Desember 1981: UTC +07:30
• Jangka waktu 1 Januari 1982 – sekarang: UTC +08:00

Pertimbangan Mengenai zona Waktu di Singapura

Terdapat beberapa alasan yang membuat Singapura harus mengalami pergantian waktu secara terus-menerus pada zona GMT. Adapun untuk alasan pada setiap perubahan GMT sebagai berikut:

• Pada awal 1 Juni 1905 sampai 1 Desember 1932 Singapura masih menjadi bagian darai Malaya dan pada saat itu menggunakan zona waktu sama dengan Indonesia yakni GMT +7:00. Jenis waktunya ini hanya mampu bertahan lebih dari 27 tahun sehingga pada kala itu waktu di setiap daerah Singapura sama dengan Indonesia.

• Pada tanggal 1 Januari 1933 sampai 31 Agustus 1941 terdapat adanya perbedaan waktu yang tidak terlalu banyak di Singapura yakni GMT +7:20. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan waktu yang ditentukan sebagai bagian dari Britania Malaya dan berbeda zona waktu 7 jam 20 menit.

• Setelah itu dilakukan penyempurnaan lagi menjadi bagian dari wilayahnya Britania Malaya. Akan tetapi penyempurnaan ini hanya berlaku hampir setahun aja. Pada 1 September 1941 sampai 15 Februari 1942 hingga GMT +7:30.

• Singapura pun juga sempat dibawah tekanan dari Jepang yang membuat zona waktunya berubah lagi yakni sama dengan Tokyo. Singapura memiliki zona waktu GMT +9:00 dan waktu ini berlaku di Singapura mulai 15 Februari 1942 sampai 11 September 1945.

• Pada saat perang dunia II berakhir lalu membuat Malaya kembali dikuasai oleh Britania lagi. Sehingga kembali menggunakan zona waktu GMT +7:30 dan berlaku sampai 36 tahun yakni dimulai sejak 12 September 1945 hingga 31 DESember 1981.

• Zona terakhirnya berlaku sejak 1 Januari 1982 sampai sekarang yakni GMT +8:00. Hal ini dikarenakan adanya penyempurnaan lagi pada zona waktu Singapura terhadap zona GMT setelah terlepas dari semua kekuasaan dari negara asing.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa uraian penjelasan mengenai selisih waktu Singapura dan Indonesia yang dapat kamu ketahui. Selisih waktu antara kedua negara ini tidak terlampau jauh hanya kisaran 1 jam saja dengan WIB, namun sama persis waktunya dengan WITA.