Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Jepang

Artikel ini membahas tentang perincian biaya kuliah dan biaya hidup di Jepang. Negeri Sakura ini memang punya banyak keindahan dari budaya yang mereka miliki. Tak hanya itu banyak pelajar dari Indonesia yang mengambil pendidikan di Jepang. Mengapa demikian?

Bagaimana pendapatmu tentang kuliah di luar negeri? Pasti jawabannya adalah seputar mengeksplorasi budaya baru dan menyiapkan masa depan yang gemilang. Jika kamu ingin mempunyai impian untuk belajar di luar negeri, Jepang adalah salah satu negara yang wajib kamu pertimbangkan.

Jepang memiliki nama julukan “Nippon” atau “Nihon” yang berarti “Negeri Matahari Terbit” adalah sebuah negara yang terletak di Asia Timur dan memiliki 5 pulau utama.

Pertanyaannya adalah kenapa harus belajar di Jepang? Di negara ini, kamu akan merasakan kehidupan yang sangat modern di dunia. Di Jepang, kamu bisa memilih untuk tinggal di salah satu pulau yang menarik perhatianmu: Hokkaido, Honshu, Shikoku, Kyushu, atau Okinawa.

Jepang adalah negara ke-3 yang memiliki ekonomi tertinggi dunia. Negara ini telah tergabung dengan beberapa organisasi besar international seperti PBB, OECD, dan G7. Selain itu, Jepang menempati peringkat ke-4 dalam hal kekuatan militer, dan merupakan pelopor dalam kontribusi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Japan
Sumber: Instagram/imaikun_camera

Hampir seluruh universitas di Jepang memiliki reputasi yang sangat baik. Dicatat bahwa 40 institusi penelitian di Jepang masuk dalam jajaran peringkat 200 Universitas Top Dunia. Bukan hanya itu, negara ini juga menduduki peringkat ke-1 dalam Top 10 Universitas di Asia. Jepang memiliki dan menyediakan semua kebutuhan siswa dalam hal akademik untuk menyambut prospek hidup dan karir yang menjanjikan.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Jepang
Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina
Cara Kirim Uang ke Malaysia

Biaya Kuliah di Jepang

Jika dibandingkan dengan US atau UK, biaya kuliah di Jepang lebih terjangkau untuk pelajar internasional yang hendak meraih gelar Sarjana, Magister, ataupun Doktor.
Berikut ini adalah rata-rata biaya perkuliahan secara umum di Jepang.

• Program Sarjana: USD 20.000 – 23.000 (IDR 283 – 325 juta)
• Program Magister: USD 12.000 (IDR 170 juta)
• Program Doktor: USD 5.000 (IDR 71 juta)

Perlu diingat bahwa biaya yang ditetapkan berbeda-beda tergantung dari jurusan dan universitas yang dipilih. Untuk level pendidikan dalam bidang kedokteran dan farmasi mempunyai biaya yang lebih tinggi karena masa pendidikan yang panjang.

Biaya pendidikan untuk universitas negeri dan swasta berbeda. Untuk negeri, biaya perkuliahan lebih rendah dibandingkan swasta. Berikut rata-ratanya.

Universitas negeri

• Biaya pendaftaran : JPY 282.000 (IDR 35 juta)
• Biaya SPP : JPY 535.800 (IDR 66 juta)

Universitas swasta

• Biaya pendaftaran : JPY 393.426 (IDR 49 juta)
• Biaya SPP : JPY 537.809 (IDR 67 juta)

Rekomendasi Universitas di Jepang

Meskipun Jepang terkenal memiliki biaya hidup yang tinggi, namun ada beberapa universitas yang terjangkau dan menyediakan program beasiswa. Dibawah ini adalah rekomendasi universitas terjangkau untuk pelajar internasional.

1. Kyoto University

Pada awalnya universitas ini didirikan sebagai institusi kekaisaran pada tahun 1897. Kyoto University dianggap sebagai universitas terbaik kedua di Jepang. Selain itu, biaya perkuliahan yang ditetapkan termasuk murah.

Sebagai universitas terpadu, Kyoto Unoversity memiliki 2 kampus yang berlokasi di Kyoto dan Uji. Program untuk Pascasarjana diantaranya adalah humaniora, teknik, pertanian, dan ilmu farmasi.

Program yang sama juga disediakan untuk level Sarjana, namun ada penambahan speerti humaniora dan lingkungan, ilmu energi, kajian Asia dan Afrika, kajian lingkungan global, ilmu pemerintahan, manajemen, hukum, dan kesehatan masyarakat.

Program Sarjana dan Pascasarjana

• Biaya pendaftaran : JPY 282.000 (IDR 35 juta)
• Biaya SPP : JPY 535.800 (IDR 66 juta) per tahun

2. Tohoku University

Didirikan pada tahun 1907, Tohoku University menduduki peringkat ketiga sebagai universitas terbaik di Jepang setelah Unversitas Tokyo dan Kyoto. Saat ini, Tohoko memiliki 4 kampus di area Sendai dengan berbagai program jurusan seperti sastra, hukum, pendidikan, ekonomi, pertanian, farmasi, dan teknik.

Program Sarjana dan Pascasarjana

• Biaya pendaftaran : JPY 282.000 (IDR 35 juta)
• Biaya SPP : JPY 535.800 (IDR 66 juta) per tahun

3. Nagoya University

Didirikan sebagai institusi kekaisaran pada tahun 1871, Nagoya University mendapatkan peringkat ke-5 universitas terbaik dunia dan peringkat ke-41 universitas terbaik Asia. Program Pascasarjana yang disediakan adalah kedokteran, hukum, teknik, ekonomi, pertanian, pendidikan, dan budaya informasi.

Untuk level Sarjana juga disediakan program jurusan yang sama dengan penambahan matematika, budaya bahasa internasional, pembangunan internasional, dan kajian lingkungan.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Program Studi dan Universitas

Daftar Jurusan Kuliah University of Cambridge
Daftar Jurusan Kuliah di Stanford University
Daftar Jurusan Kuliah di Harvard University
Daftar Jurusan Kuliah Tsinghua University
Daftar Program Studi di University of Edinburgh
Daftar Jurusan Kuliah University of Tokyo (UTokyo)
Daftar Jurusan Kuliah Nanyang Technological University (NTU)

Program Sarjana dan Pascasarjana

• Biaya SPP: JPY 267.900 (IDR 34 juta) per semester

4. Osaka University

Universitas ini adalah universitas negeri yang memiliki biaya perkuliahan terjangkau. Osaka University memiliki 3 kampus di Suita, Minoh, dan Toyonaka dengan total 11 fakultas untuk Pascasarjana dan 16 fakultas untuk level Sarjana. Selain itu universitas ini menggunakan bahasa Inggris sebagai media pembelajaran yang berhasil menarik perhatian pelajar internasional untuk menempuh pendidikan disini.

• Biaya pendaftaran : JPY 282.000 (IDR 35 juta)
• Biaya SPP : JPY 535.800 (IDR 66 juta) per tahun

5. Kyushu University

Universitas ini didirikan pada tahun 1903 dan termasuk universitas yang menjadi tujuan studi para pelajar internasional. Jurusan pada level Pascasarjana yang berhasil mendapat perhatian mahasiswa asing adalah sains & inovasi, pendidikan, hukum, sastra, ekonomi, kedokteran, kedokteran gigi, ilmu farmasi, desain, dan pertanian. Adapun program jurusan pada level Sarjana sama seperti ditas namun dengan penambahan humaniora, kajian sosio-kultural, dan kajian lingkungan masyarakat.

• Biaya level Sarjana : JPY 535.800 (IDR 66 juta) per tahun
• Biaya level Pascasarjana : JPY 804.000 (IDR 100 juta) per tahun

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Biaya Hidup di Jepang

Salah satu alasan mengapa Jepang menjadi negara terbaik dunia adalah karena tingkat keamanannya yang tinggi dan tingkat kriminalitas yang rendah. Sedangkan untuk biaya hidup di Jepang, sangat jelas bahwa tinggal di ibukota atau pusat kota jelas membutuhkan budget yang lebih. Sebagai seorang pelajar internasional, pilihan terbaik untuk menghemat pengeluaran adalah tinggal di asrama kampus.

Namun terkadang jumlah kamar yang disediakan oleh pemerintah ataupun universitas sangat terbatas jumlahnya. Sehingga kebanyakan pelajar asing harus mencari akomodasinya secara mandiri. Besar-kecilnya bIaya sewa akomodasi tergantung pada letak area dan luas ruangan. Perlu diingat biaya sewa di Jepang tidak termasuk dengan utilitas seperti gas, listrik, internet, dan air.

Berikut ini adalah rincian biaya hidup di Jepang secara umum:

• Makanan : JPY 35.000 (IDR 4.4 juta) per bulan
• Akomodasi : JPY 57.000 – 83.000 (IDR 7 – 11 juta) per bulan
• Transportasi : JPY 10.000 (IDR 1.3 juta) per bulan

Biaya lain-lain

• Telepon : JPY 2.000 (IDR 250 ribu) per bulan
• Materi pembelajaran : JPY 3.000 (IDR 380 ribu) per bulan
• Asuransi kesehatan : JPY 2.500 (IDR 310 ribu) per bulan

Salah satu cara untuk menghemat pengeluaran bagi pelajar internasional adalah memenuhi kebutuhan makanan sehari-hari dengan membeli bahan mentah dan memasak sendiri. Selain itu, berbagi akomodasi bersama roommate cukup populer dan secara signifikan berhasil mengurangi pengeluaran bulanan.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Demikanlah ulasan lengkap mengenai biaya kuliah dan biaya hidup di Jepang yang disertai dengan rekomendasi universitas bagi mahasiswa internasional. Jika kamu punya minat untuk berkuliah di luar negeri, pilih saja Jepang.

Instagram