Metode Pembayaran Digital untuk Transaksi Keuangan yang Cepat dan Mudah

Metode pembayaran digital merupakan jenis pembayaran elektronik atau online sebagai proses transfer yang dilakukan pada satu akun ke akun lain dengan perangkat digital. Sistem pembayaran ini biasanya telah terintegrasi dengan penggunaan software bisnis yang mempunyai banyak manfaat untuk melakukan sistem pembayaran ataupun keuangan.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Transaksi digital pada umumnya telah mencakup pada pembayaran yang biasanya dilakukan melalui cara transfer bank, kartu pembayaran ataupun uang digital. Saat ini sudah banyak sekali pilihan sistem pembayaran yang menggunakan basis digital cukup lengkap dengan sifatnya cashless, contactless dan paperless.

Metode Pembayaran Digital untuk Transaksi Keuangan yang Cepat dan Mudah

Metode Pembayaran Digital

1. Dompet Digital

Dompet digital atau yang dikenal dengan mobile wallet merupakan salah satu jenis dompet yang bisa dibawa ke mana saja dan membuat kamu lebih mudah membawa uang tunai dengan format digital. Banyak sekali di antara para pelanggan yang menautkan dompet digital ini dengan rekening bank ataupun kartu perbankan untuk memberikan fasilitas pada saat melakukan kegiatan transaksi digital yang lebih aman.

Cara lain yang dapat digunakan untuk memanfaatkan metode pembayaran yang satu ini yaitu dengan menambahkan uang pada aplikasi dompet digital dan memanfaatkan saldo yang dimiliki untuk kegiatan transfer uang. Bahkan sekarang ini sudah banyak pilihan bank yang meluncurkan dompet digital, Selain itu perusahaan swasta terkemuka pun juga sudah memantapkan dengan kehadiran dompet digital secara seluler.

2. Kartu Perbankan

Kartu perbankan merupakan metode pembayaran digital yang dapat dipilih seperti halnya kartu debit ataupun kartu kredit sebagai pilihan alternatif untuk melakukan pembayaran secara tunai. Metode yang dilakukan untuk pembayaran secara digital menggunakan kartu perbankan memang telah dikenalkan di negara Indonesia ini sejak tahun 1980-an.

Kehadiran dari sistem pembayaran yang menggunakan basis digital melalui kartu perbankan ini memang lebih banyak diminati oleh kalangan masyarakat karena didasari oleh beberapa alasan khususnya portabilitas, keamanan, keselamatan dan kenyamanan.

Hari inilah yang menjadi kartu perbankan menjadi satu-satunya metode untuk melakukan pembayaran digital yang cukup populer di dalam transaksi kegiatan online ataupun fisik dan telah meluncurkan banyak aplikasi dengan tujuan tunggal untuk melakukan kegiatan pengelolaan transaksi kartu.

3. Terminal PoS

Salah satu metode pembayaran digital yang dapat dipilih dan dikenal sebagai segmen ataupun lokasi dengan adanya penjualan yang terjadi. Dalam waktu yang lama nantinya terminal PoS ini akan dianggap sebagai kasir di toko tempat melakukan pembayaran ataupun mall.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Kehadiran dari jenis PoS yang sangat umum yaitu kartu debit dan kredit, yang menjadikan para pelanggan bisa melakukan kegiatan pembayaran cukup dengan menggesekkan kartu debit ataupun kredit serta memasukkan PIN dengan benar.

Adanya metode pelayanan yang satu ini sebagai terminal yang mampu bekerja menggunakan tablet ataupun smartphone hingga sistem virtual sebagai terminal yang memanfaatkan aplikasi dengan basis web pada proses pembayarannya.

4. Mobile Banking

Mobile banking juga menjadi metode pembayaran digital yang tentunya lebih mengacu terhadap tindakan untuk melakukan kegiatan transaksi ataupun aktivitas pelayanan perbankan lain menggunakan perangkat seluler dan biasanya dengan aplikasi seluler bank. Sekarang ini banyak sekali layanan perbankan yang mempunyai aplikasi mobile banking yang dapat dimanfaatkan pada perangkat smartphone ataupun tablet hingga komputer.

Mobile banking menjadi perbankan masa depan untuk melakukan kegiatan pembayaran digital yang tepat dan mudah. Perbankan juga sudah mendorong para pelanggannya untuk memanfaatkan layanan digital ini karena menjadikan setiap prosesnya lebih cepat dan mudah.

5. Internet Banking

Selain adanya mobile banking, juga terdapat pilihan Internet banking atau perbankan online yang menjadi metode pembayaran untuk memberikan kemudahan bagi nasabah bank tertentu. Sehingga para nasabah diberikan kemudahan dalam melakukan kegiatan transaksi keuangan ataupun aktivitas keuangan lain cukup dengan memanfaatkan layanan situs web bank yang sudah disediakan.

Download Aplikasi Transfez di Googe Play Store dan App Store sekarang juga, GRATIS!

Sekarang ini sebagian besar dari Bank Indonesia sudah meluncurkan kehadiran layanan perbankan Internet banking. Hal inilah yang menjadikan kehadiran dari sarana transaksi oleh online yang sangat populer dan banyak digunakan oleh kalangan masyarakat untuk melakukan kegiatan transaksi dengan cepat dan mudah.

6. Kode QR

Kode QR merupakan kode batang respon dua dimensi ataupun kode yang memiliki bentuk persegi dengan isinya memuat informasi sebuah data. Kode QR ini dapat dijadikan sebagai metode pembayaran digital yang saat ini sedang marak digunakan oleh kalangan masyarakat yang memberikan kemudahan dalam pembayaran transaksi yang telah dilakukannya.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Rental Motor
Bisnis Jasa Daur Ulang
Bisnis Jasa Instalasi Listrik

Metode pembayaran yang dilakukan secara digital ini cukup populer karena sebagai salah satu cara yang sangat cepat dan mudah untuk bertukar informasi ataupun data. Selain itu dengan kehadiran dari kode QR ini berpotensi dapat mengurangi dari biaya penerimaan atas kegiatan pembayaran yang dilakukan secara substansial.

7. Mikro ATM

Mikro ATM merupakan perangkat business correspondents atau BC memberi sebuah layanan perbankan yang sangat penting kepada para nasabahnya dan koresponden inilah yang nantinya bisa menjadi pemilik toko secara lokal dan berfungsi sebagai ATM mikro dalam melakukan kegiatan transaksi secara instan.

Dalam hal ini mikro ATM memiliki peranan yang cukup penting dan memanfaatkan perangkat yang memberikan kemungkinan untuk melakukan kegiatan transfer uang menggunakan rekening bank yang sudah terpaut dan mengautentikasikan sidik jari.

Pada umumnya untuk koresponden bisnis yang menggunakan sistem mikro ATM memiliki fungsi sebagai bank bagi setiap pelanggannya dan harus melakukan verifikasi terlebih dahulu terhadap keasliannya.

Pelayanan yang satu ini sangat penting dan sudah didukung oleh mikro ATM sebagai proses untuk melakukan penarikan, transfer uang, setoran ataupun pengecekan, serta sebagai satu-satunya syarat untuk mikro ATM yaitu harus daftar diri terlebih dahulu pada bank yang sudah menggunakan layanan metode untuk pembayaran secara digital.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store Β  350px appstore

Demikianlah beberapa uraian terkait metode pembayaran digital yang saat ini sudah tersedia untuk memberikan kemudahan bagi setiap penggunanya. Metode pembayaran yang dilakukan secara digital mampu membantu untuk melakukan kegiatan transaksi keuangan dengan cepat dan mudah.

Instagram